RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 1
Materi
Pembelajaran: 3.1.Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka
Praktek
Penyelenggaran Pemerintah Negara
Pertemuan Ke :
1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan
“Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktek Penyelenggaran
Pemerintah Negara
“,diharapkan dapat :
1. Menganalisis makna sistem pembagian kekuasaan
negara.
2. Menganalisis substansi sistem pembagian kekuasaan
negara
menurut UUD Negara RI 1945.
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
pembagian kekuasaan negara dalam
kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang pembagian kekuasaan negara
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait makna pembagian kekuasaan negara;
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Kinerja
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Kinerja
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 1
Materi
Pembelajaran: 3.1.Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka
Praktek
Penyelenggaran Pemerintah Negara
Pertemuan Ke :
2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran Problem-Based Learning,
tentang pokok bahasan
“Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktek Penyelenggaran
Pemerintah Negara
“,diharapkan dapat :
1.Mengidentifikasi kedudukan dan fungsi kementerian negara Republik
Indonesia dan
lembaga pemerintahan non departemen.
2.Menganalisis kedudukan dan fungsi
pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI.
3.Menganalisis Nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan.
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1. Orientasi peserta didik pada masalah
Peserta didik mengamati tayangan makna
pembagian kekuasaan negara dalam
kehidupan sehari-hari
2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3. Membimbig penyelidikan individual dan kelompok
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang pembagian kekuasaan negara
4.Mengembagkan dan menyajikan
hasil karya
peserta didik dalam kelompok untuk
menyusun laporan hasil kajian kelompok.
5. Menganalisis dan mengevaluai
proses pemecahan masalah
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait pembagian kekuasaan negara;
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi
( jurnal )
|
Format Pengamatan sikap ( jurnal )
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
fortopolio
Laporan
tertulis
|
Format fortopolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:- NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pembelajaran : 3.4.Hubungan struktural dan
fungsional
pemerintahan pusat dan daerah
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran Problem-Based Learning,
tentang pokok bahasan “Hubungan struktural dan
fungsional pemerintahan pusat dan daerah“,
diharapkan dapat :
1. Menganalisis makna desentralisasi atau otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan
Republik
Indonesia
2.Menganalisis substansi Kedudukan dan Peran Pemerintah Pusat.
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1. Orientasi peserta didik pada masalah
Peserta
didik mengamati tayangan makna pemerintahan pusat dan daerah dalam kehidupan sehari-hari
2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta
didik secara responsif dan
proaktif berdiskusi
3. Membimbig penyelidikan individual dan kelompok
Peserta
didik secara kelompok
menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber,tentang
pemerintahan
pusat dan daerah
4.Mengembagkan dan menyajikan
hasil karya
peserta didik dalam kelompok untuk menyusun laporan hasil kajian
kelompok.
5. Menganalisis dan mengevaluai
proses pemecahan masalah
Peserta didik berdiskusi untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan
dari berbagai sumber terkait pemerintahan pusat dan daerah.
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi
( jurnal )
|
Format Pengamatan sikap ( jurnal )
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
fortopolio
Laporan
tertulis
|
Format fortopolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:- NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pembelajaran : 3.4.Hubungan struktural dan
fungsional
pemerintahan pusat dan daerah
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah “,
diharapkan dapat :
1. Menganalisis
substansi Kedudukan dan Peran Pemerintah Daerah.
2. Mengkreasikan
hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan
daerah
menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
pemerintahan pusat dan daerah dalam
kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang pemerintahan pusat dan daerah
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait makna pemerintahan pusat dan daerah;
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 2
Materi Pembelajaran : 3.5.Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.“, diharapkan dapat :
1. Menganalisis substansi Kebhinnekaan Bangsa Indonesia
2. Menganalisis
substansi Konsep Integrasi Nasional
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
Kebhinnekaan Bangsa Indonesia dalam
kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Kebhinnekaan Bangsa Indonesia
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait makna Kebhinnekaan Bangsa Indonesia;
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:- NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 2
Materi Pembelajaran : 3.5.Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.
Pertemuan
Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Faktor-faktor
pembentuk integrasi nasional.“, diharapkan dapat :
1.
Menganalisis Faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional
2.
Menganalisis Tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
3. Menganalisis Peran serta warga negara dalam menjaga
Persatuan dan Kesatuan Bangsa
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan Faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional dalam
kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait Faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional;
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentukpembelajaran
remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:- NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 2
Materi Pembelajaran : 3.6.Indikator ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya
di bidang
IPOLEKSOSBUDHANKAM.
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Ancaman Negara Terhadap
IPOLEKSOSBUDHANKAM.“, diharapkan dapat :
1.
Menganalisis substansi Ancaman terhadap integritas
nasional
2.
Menganalisis Ancaman di bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
Ancaman Negara
Terhadap IPOLEKSOSBUDHANKAM dalam
kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Ancaman
Negara Terhadap IPOLEKSOSBUDHANKAM
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait Ancaman
Negara Terhadap IPOLEKSOSBUDHANKAM
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentukpembelajaran
remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 2
Materi Pembelajaran : 3.6.Indikator ancaman terhadap negara
dan upaya penyelesaiannya
dibidang IPOLEKSOSBUDHANKAM.
Pertemuan
Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Ancaman Negara Terhadap
IPOLEKSOSBUDHANKAM.“, diharapkan dapat :
1.
Menganalisis Peran masyarakat untuk mengatasi
berbagai ancaman dalam rangka membangun
integritas
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
Peran masyarakat untuk mengatasi Ancaman Negara Terhadap
IPOLEKSOSBUDHANKAM dalam
kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Peran
masyarakat untuk mengatasi Ancaman Negara Terhadap IPOLEKSOSBUDHANKAM
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait Peran
masyarakat untuk mengatasi Ancaman Negara Terhadap
IPOLEKSOSBUDHANKAM
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 2
Materi Pembelajaran : 3.7.
Arti pentingnya Wawasan Nusantara
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Arti pentingnya Wawasan Nusantara .“, diharapkan dapat :
1.
Menganalisis substansi Konsep Wawasan Nusantara
2.
Menganalisis Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
Wawasan Nusantara dalam kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Wawasan
Nusantara
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait Wawasan
Nusantara
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil diskusi
yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 2
Materi Pembelajaran : 3.7.
Arti pentingnya Wawasan Nusantara
Pertemuan
Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Arti pentingnya Wawasan Nusantara .“, diharapkan dapat :
1.
Menganalisis substansi Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara
2.
Menganalisis Peran serta warga negara dalam mendukung
implementasi wawasan nusantara
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
Wawasan Nusantara dalam kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Wawasan
Nusantara
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait Wawasan
Nusantara
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentukpembelajaran
remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pembelajaran : 3.2 Ketentuan
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia
tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara
dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Wilayah,Warga Negara,Agama dan
Hankam .“, diharapkan dapat :
1.
Menganalisis substansi Wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
2. Menganalisis Kedudukan warga negara dan Penduduk
Indonesia
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
Wilayah,Warga
Negara,Agama dan Hankam dalam
kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Wilayah,Warga
Negara,Agama dan Hankam 4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait Wilayah,Warga
Negara,Agama dan Hankam
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil
belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pembelajaran : 3.2 Ketentuan
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia
tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara
dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan
Pertemuan
Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Wilayah,Warga Negara,Agama dan
Hankam .“, diharapkan dapat :
1.
Menganalisis Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan
terhadap Tuhan YME di Indonesia
2.
Menganalisis Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara
Republik Indonesia
II.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
Wilayah,Warga
Negara,Agama dan Hankam dalam
kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Wilayah,Warga
Negara,Agama dan Hankam 4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait Wilayah,Warga
Negara,Agama dan Hankam
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentukpembelajaran
remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pembelajaran : 3.3 Kewenangan lembaga-lembaga Negara.
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Kewenangan lembaga-lembaga Negara..“, diharapkan dapat :
1.
Menganalisis substansi Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia
2.
Menganalisis Lembaga-lembaga Negara Republik Indonesia menurut
Undang-undang Dasar
Negara
Republik
Indonesia Tahun 1945 Tata kelola pemerintahan yang baik
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
Kewenangan
lembaga-lembaga Negara dalam kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Kewenangan lembaga-lembaga Negara
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait Kewenangan lembaga-lembaga Negara
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
AL-Manar Pamarican
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pembelajaran : 3.3 Kewenangan lembaga-lembaga Negara.
Pertemuan
Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1
x Pertemuan)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik
mengikuti proses belajar mengajar,melalui model pembelajaran discovery
learning,
tentang pokok bahasan “Kewenangan lembaga-lembaga Negara..“, diharapkan dapat :
1.
Menganalisis Partisipasi warga negara dalam sistem
politik RI
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
1
|
PENDAHULUAN
|
1. Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (Salam,berdoa,Presensi
)
2. Apersepsi : Menanyakan yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
3. Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
|
2
|
INTI
|
1.Pemberian
stimulus terhadap siswa
Peserta didik mengamati tayangan makna
Partisipasi warga negara dalam sistem
politik RI dalam kehidupan sehari-hari
2.Identifikasi masalah
Peserta
didik dibagi ke dalam 5 kelompok secara heterogen
Peserta didik secara responsif dan proaktif berdiskusi
3.Pengumpulan
data
Peserta didik secara kelompok menggali dan mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber,tentang Partisipasi warga negara dalam sistem politik RI
4.Pengolahan Data dan Pembuktian
Peserta didik berdiskusi
untuk mengolah, menganalisis dan
menyimpulkan informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber terkait Partisipasi warga negara dalam sistem politik RI
5.Menarik
kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil
diskusi yang telah dipresentasikannya
|
|
3
|
PENUTUP
|
1. Kegiatan guru bersama pesertadidik,yaitu:
(a)
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
(b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang Sudah dilaksanakan
(c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2. Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentukpembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual
maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik; dan
(c)
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3. Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
|
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN ( ASESMEN
)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Sikap
|
Observasi/jurnal
|
Format Pengamatan sikap(jurnal)
|
Selama
proses pembelajaran
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes Tulis
|
Soal tes
|
Setelah selesai KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Unjuk
Portofolio
Laporan
tertulis
|
Format Pengamatan Unjuk Portofolio
Format Penilaian Laporan tertulis
|
Pada
saat presentasi
Pengumpulan
Tugas
|
Pamarican,............................
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajara
LUSI AULIA IHSANTI,S.E SUGENG,S.Pd.I
NIP:-
NIP:-
.......................................
0 comments:
Post a Comment