Just another free Blogger theme

Friday, October 1, 2021

 

SILABUS MATA PELAJARAN

(KD Essensial dari Perdirjen Dikdasmen Nomor: 464/D.D5/KR/2018

dan Insertsi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi)

 

 

Nama Sekolah

:

Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan

Bidang Keahlian

 

Semua Bidang Keahlian

Kompetensi Keahlian

:

Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran

Kelas / Semester

:

:

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

X / 1-2

Durasi (Waktu)

:

72 JP

KI-1 (Sikap Spiritual)

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI-2 (Sikap Sosial)

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3 (Pengetahuan)

:

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian PPKn pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)

:

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian PPKn. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

 

 

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Kegiatan Pembelajaran

Insertsi Nilai

PAK

Penilaian

Sumber

1

2

3

3

5

5

7

6

9

1

1.3       Mensyukuri  nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

 

2.3        Peduli terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

 

 

3.3        Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

 

 

 

 

 

 

4.3       Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

1.3.1       Menghayati  nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

1.3.2       Mensyukuri  nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan YME

 

2.3.1       Menunjukkan sikap gotong royong dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2.3.2       Menunjukkan sikap toleran dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

3.3.1       Mendeskripsikan sistem pembagian kekuasaan negara

3.3.2       Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi kementerian Negara Republik Indonesia dan lembaga pemerintah non kementerian

3.3.3       Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan

4.3.1       Mempresentasikan deskripsi sistem pembagian kekuasaan negara

4.3.2       Mempresentasikan deskripsi kedudukan dan fungsi kementerian Negara Republik Indonesia dan lembaga pemerintah non kementerian

4.3.3       Menyaji hasil analisis tentang nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan

 

Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara:

1.     Sistem Pembagian Kekuasaan Negara

2.     Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian

3.     Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan

14 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan HOTs dan HOTS tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan kerjasama, disiplin dan toleran tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

·         Mengolah dan menganalisis data tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

Jujur

(Analisis Kisah/Artikel terkait kejujuran dalam kehidupan)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (kerjasama, toleran, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

 

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·    Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

·  Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·  Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·  Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 1 SLTA, KPK

 

2

1.4        Mengamalkan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

 

 

 

2.4        Peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

 

 

 

 

 

3.4       Menganalisis ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan.

 

 

 

 

 

 

4.4        Menyaji hasil analisis tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan

1.4.1       Menerima ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

1.4.2       Mengamalkan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

 

2.4.1       Disiplin terhadap ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

2.4.2       Tanggung jawab  terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

 

3.4.1       Mendeskripsikan hakikat Bangsa dan  Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.4.2       Menelaah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.4.3       Menelaah kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia

3.4.4       Menelaah kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia

3.4.5       Menelaah sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia

 

 

4.4.1       Menyaji hasil deskripsi tentang hakikat Bangsa dan  Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.4.2       Menyaji hasil telaah tentang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.4.3       Menyaji hasil telaah tentang kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia

4.4.4       Menyaji hasil telaah tentang kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia

4.4.5       Menyaji hasil telaah tentang sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia

Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945  yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan:

1.     Hakikat bangsa dan negara

2.     Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.     Kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia

4.     Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia

5.     Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia

 

14 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan HOTs dan LOTs tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan disiplin, kerjasama dan  tanggung jawab tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan pemerintahan Negara

·         Mengolah dan menganalisis data tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang ketentuan hakikat bangsa/negara serta Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

 

Disiplin

(Proyek Kewarganegaraan terkait pentingnya disiplin)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (disiplin, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·    Portofolio laporan tertulis hasil analisis  dan atau proyek kewarganegaraan tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

 

·         Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·         Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·         Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya

·         Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 1 SLTA, KPK

 

3

1.5        Menghayati sistem politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

2.5        Responsif terhadap sistem politik Indonesia

 

 

 

 

 

3.5       Menganalisis sistem politik di Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5       Menyaji hasil analisis tentang sistem politik di Indonesia

1.5.1       Menghayati sistem politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

1.5.2       Mengamalkan sistem politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

 

2.5.1       Menunjukkan sikap responsif terhadap sistem politik Indonesia

2.5.2       Menunjukkan sikap proaktif terhadap sistem politik Indonesia

3.5.1       Mendeskripsikan hakikat sistem politik

3.5.2       Menelaah struktur politik di Indonesia

3.5.3       Menelaah Lembaga-lembaga Negara Republik Indonesia menurut UUD NRI 1945

3.5.4       Menganalisis partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia

 

 

4.5.1       Mempresentasikan deskripsi tentang hakikat sistem politik

4.5.2       Menyaji hasil telaah tentang struktur politik di Indonesia

4.5.3       Menyaji hasil telaah tentang Lembaga-lembaga Negara Republik Indonesia menurut UUD NRI 194

4.5.4       Menyaji hasil analisis tentang partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia

 

Lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

1.   Hakikat sistem politik

2.   Struktur politik Indonesia

3.   Fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut UUD Negara RI Tahun 1945

4.   Tata kelola pemerintahan yang baik

5.   Partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia

 

12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur dan rasa ingin tahu untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTS tentang sistem politik di Indonesia.

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif dan proaktif tentang hakikat sistem politik, struktur politik di Indonesia, lembaga-lembaga negara RI, dan partisipasi warga negara dalam sistem politik di Indonesia.

·         Mengolah dan menganalisis data dengan responsif dan proaktif serta cinta damai tentang hakikat sistem politik, struktur politik di Indonesia, lembaga-lembaga negara RI, dan partisipasi warga negara dalam sistem politik di Indonesia.

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang hakikat sistem politik, struktur politik di Indonesia, lembaga-lembaga negara RI, dan partisipasi warga negara dalam sistem politik di Indonesia secara santun, disiplin dan rasa tanggung jawab

Tanggung Jawab, Jujur dan Adil

(Studi Kasus/ Analisis pelaksanaan pemilu)

Sikap:  

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem politik  di Indonesia.

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·    Portofolio laporan tertulis hasil analisis tentang sistem politik di Indonesia

·         Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·         Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 6)

·         Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya

4

1.8       Menghayati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

 

2.8       Peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat

 

 

 

 

 

3.8       Menganalisis hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

 

 

 

 

4.8       Menyaji hasil analisis tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1.8.1       Menghayati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

1.8.2       Mensyukuri hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

2.81        Mengembangkan sikap toleran dalam hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat

2.82        Mengembangkan cinta damai dalam hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat

 

3.8.1       Mendeskripsikan hakikat sistem pemerintahan

3.8.2       Mengidentifikasi karakteristik sistem pemerintahan Indonesia

3.8.3       Menganalisis kedudukan pemerintah pusat dan daerah dalam konteks otonomi daerah

3.8.4       Menganalisis hubungan struktural dan fungsional Pemerintah Pusat dan  Daerah

 

 

4.8.1       Menyaji hasil deskripsi tentang hakikat sistem pemerintahan

4.8.2       Menyajikan hasil identifikasi tentang karakteristik sistem pemerintahan Indonesia

4.8.3       Menyaji hasil analisis tentang kedudukan pemerintah pusat dan daerah dalam konteks otonomi daerah

4.8.4       Menyaji hasil analisis tentang hubungan struktural dan fungsional Pemerintah Pusat dan  Daerah

 

Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah:

1.     Hakikat sistem pemerintahan

2.     Karakteristik sistem pemerintahan Indonesia

3.     Kedudukan pemerintah pusat dan daerah dalam konteks otonomi daerah

4.     Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah

10 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTS tentang sistem pemerintahan,  hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

 

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan kerjasama, toleran dan cinta damai tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

·         Mengolah dan menganalisis data tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

 

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (kerjasama, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·    Portofolio berupa rancangan dan hasil penelitian sederhana yang dilakukan oleh siswa tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

 

·         Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·         Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya

 

5

1.10   Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

2.10     Responsif terhadap ancaman negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

 

 

3.10     Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

 

4.10     Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan  dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika

1.10.1    Menghayati nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

1.10.2    Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

2.10.1    Responsif terhadap ancaman negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

2.10.2    Tanggung jawab dalam menyikapi ancaman negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

3.10.1    Mengindentifikasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

3.10.2    Menganalisis strategi untuk mengatasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

3.10.3    Menganalisis peran masyarakat  untuk mengatasi berbagai ancaman dalam rangka membangun  integritas  nasional

 

4.10.1    Menyaji hasil identifikasi tentang ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

4.10.2    Menyaji hasil analisis tentang strategi untuk mengatasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

4.10.3    Menyaji hasil analisis tentang peran masyarakat  untuk mengatasi berbagai ancaman dalam rangka membangun  integritas  nasional

 

Ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan:

1.    Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

2.    Strategi untuk mengatasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

3.    Peran masyarakat  untuk mengatasi berbagai ancaman dalam rangka membangun  integritas  nasional

 

12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTS tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif dan proaktif tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·         Mengolah dan menganalisis data tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

 

Tanggung Jawab

(Analisis Film Pendek/Tulisan Essay terkait tanggung jawab)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (responsif, prokatif, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·      Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·      Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

 

·  Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·  Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·  Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 1 SLTA, KPK

 

6

1.11     Menghayati wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

 

2.11     Bertanggung jawab mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.11     Menelaah pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

1.11     Mempresentasikan hasil telaah terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.11.1    Menghayati wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.11.2     Mensyukuri konsep wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan YME

 

2.11.1    Bertanggung jawab mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.11.2    Kerjasama mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

3.11.1    Mendeskripsikan konsep Wawasan Nusantara

3.11.2     Mendeskripsikan fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara

3.11.3     Mengklasifikasikan Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

3.11.4     Menelaah peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara

 

4.11.1    Mempresentasikan deskripsi tentang konsep Wawasan Nusantara

4.11.1    Mempresentasikan deskripsi tentang fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara

4.11.2    Mempresentasikan klasifikasi tentang Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

4.11.3    Menyaji hasil telaah tentang peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara

 

Arti pentingnya Wawasan Nusantara:

1.      Konsep Wawasan Nusantara

2.      Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara

3.      Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

4.      Peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara

 

10JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTs  tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan tanggung jawab dan kerjasama tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

·         Mengolah dan menganalisis data tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

 

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (tanggung jawab, kerjasama, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

 

 

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) arti pentingnya Wawasan Nusantara

·    Pelaporan hasil penugasan

 

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·      Portofolio laporan tertulis hasil analisis tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

 

·  Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·  Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

 

 

Tasikmalaya, Juli 2020

MGMP PPKn SMK Prov. Jabar

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment