SILABUS MATA PELAJARAN
(KD Essensial dari Perdirjen Dikdasmen Nomor:
464/D.D5/KR/2018
dan Insertsi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi)
Nama Sekolah |
: |
Sekolah Menengah
Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan |
Bidang Keahlian |
: |
Semua Bidang Keahlian |
Program Kealhian |
: |
Semua Program
Keahlian |
Kompetensi Keahlian |
: |
Semua Kompetensi
Keahlian |
Mata Pelajaran Kelas/Semester |
: : |
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan XII/5-6 |
Durasi (Waktu) |
: |
60 JP |
KI-1 (Sikap
Spiritual) |
: |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya |
KI-2 (Sikap Sosial) |
: |
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan
serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI-3 (Pengetahuan) |
: |
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian PPKn pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional. |
KI-4 (Keterampilan) |
: |
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kajian PPKn Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung. Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. |
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pembelajaran |
Insertsi Nilai PAK |
Penilaian |
Sumber |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
6 |
7 |
1 |
1.21
Menghayati perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam
rangka dalam rangka
menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara 2.21
Proaktif
menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara 3.21
Menganalisis
nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 4.21 Menyaji hasil analisis tentang nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
4.21.1
Menghargai perbedaan
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka menghindari pelanggaran hak
dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara 4.21.2
Menghayati perbedaan
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka menghindari pelanggaran hak
dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara 2.21.1
Responsif dalam
menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara 2.21.2
Proaktif menghindari
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara 3.21.1
Mendeskripsikan makna Hak dan Kewajiban Warga Negara 3.21.2
Menelaah substansi Hak dan
Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila 3.21.3
Menganalisis
kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 3.21.4
Menganalisis
penanganan pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 4.21.1
Menyaji
deskripsi makna Hak dan Kewajiban
Warga Negara 4.21.2
Menyaji hasil telaah substansi Hak
dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila 4.21.3
Menyaji hasil
analisis kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 4.21.4
Menyaji hasil analisis tentang penanganan pelanggaran Hak dan Pengingkaran
Kewajiban Warga Negara |
Kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga Negara: 1. Makna
Hak dan Kewajiban Warga Negara 2. Substansi
Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila 3. Kasus Pelanggaran Hak dan
Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 4. Penanganan Pelanggaran Hak dan
Pengingkaran Kewajiban Warga Negara |
12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan
merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang
nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan responsif, proaktif dan tanggung jawab tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
warga Negara ·
Mengolah dan menganalisis data dengan
cermat dan teliti tentang nilai-nilai
Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
warga Negara ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang nilai-nilai Pancasila terkait
kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara dengan santun dan tanggung jawab |
Jujur (Analisis Kisah/Artikel terkait kejujuran dalam kehidupan) |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial ( responsif, proaktif, tanggung jawab, dan sikap lainnya
yang relevan) dalam KBM Pengetahuan: · Tes tertulis (LOTs
dan HOTs) tentang nilai-nilai Pancasila
terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga Negara ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) Portofolio laporan tertulis
berupa laporan penelitian kepustakaan tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran
hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara |
· Yusnawan Lubis dan
Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas XII
SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI · Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa · Modul Pendidikan Anti
Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK |
2 |
1.22
Mengamalkan
perilaku orang beriman dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk
menjamin keadilan dan kedamaian 2.22
Jujur dalam praktik
perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat 3.22. Mengevaluasi praktik perlindungan dan
penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian 4.22 Mendemonstrasikan praktik perlindungan dan penegakan
hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian |
1.22.1 Menghayati perilaku orang beriman kepada Tuhan Yang
Maha Esa dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin
keadilan dan kedamaian 1.22.2
Mengamalkan perilaku
orang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam praktik pelindungan dan
penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian 2.22.1 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan
penegakan hukum di tengah masyarakat 2.22.2 Disiplin dalam praktik perlindungan dan penegakan
hukum di tengah masyarakat 3.22.1
Mendeskripsikan hakikat
Perlindungan dan Penegakkan Hukum 3.22.2
Menganalisis
peran Lembaga Penegak hukum dalam menjamin keadilan dan kedamaian 3.22.3
Mengevaluasi peran masyarakat dalam mewujudkan perlindungan hukum dan
perlindungan tenaga kerja 4.22.1
Mempresentasikan
deskripsi tentang hakikat Perlindungan dan
Penegakkan Hukum 4.22.2
Menyaji hasil
analisis tentang peran Lembaga Penegak Hukum dalam Menjamin Keadilan dan
Kedamaian 4.22.3
Mempresentasikan hasil evaluasi tentang peran masyarakat dalam mewujudkan
perlindungan hukum dan perlindungan tenaga |
Perlindungan
dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian: 1. Hakikat
Perlindungan dan Penegakkan Hukum 2. Peran Lembaga
Penegak Hukum dalam
Menjamin Keadilan dan Kedamaian 3. Peran masyarakat dalam
mewujudkan perlindungan dan penegakkan hukum |
12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan
merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang perlindungan dan penegakan
hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan jujur, disiplin dan tanggung jawab tentang perlindungan dan
penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian ·
Mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data dengan cermat dan teliti tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan
dan kedamaian ·
Mengomunikasikan (simulasi) praktek perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan
dan kedamaian dengan santun dan tanggung
jawab |
Adil (Proyek
Kewarganegaraan terkait penegakkan hokum dalam menjamin keadilan) |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (Jujur, disiplin, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: · Tes tertulis (LOTs dan
HOTs) tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan
dan kedamaian ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Simulasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil rancangan dan atau proyek kewarganegaraan tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat
untuk menjamin keadilan dan kedamaian |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI ·
Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa ·
Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK |
3 |
1.24
Menghayati
kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.24
Bertanggungjawab
dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.24
Menganalisis
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.24 Menyaji hasil analisis tentang pengaruh kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap bangsa dan negara dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika |
1.24.1
Menghargai kemajuan
Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhanan Yang Maha Esa 1.24.2
Menghayati
kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.24.1
Responsif dalam
menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika 2.24.2
Bertanggungjawab
dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika 3.24.1
Menelaah pengaruh positif dan
negatif kemajuan IPTEK terhadap
Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.24.2 Menelaah
sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi terhadap
budaya kerja masyarakat Indonesia 4.24.1
Menyaji hasil
telaah pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik
Indonesi 4.24.2 Menyaji hasil telaah sikap
selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi terhadap
budaya kerja masyarakat Indonesia |
Pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara: 1. Pengaruh
positif dan negatif kemajuan IPTEK
terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia 2. Sikap
selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan IPTEK |
12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs
dan HOTs tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan jujur, disiplin dan tanggung jawab tentang pengaruh
positif dan negatif kemajuan
IPTEK terhadap negara ·
Mengolah dan menganalisis data dengan
jujur dan teliti tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara secara santun dan penuh percaya diri |
Berani (Analisis
Artikel/Proyek Kewarganegaraan terkait perwujudan sikap berani) |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (Responsif, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan presentasi) ·
Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek
kewarganegaraan tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara |
· Yusnawan Lubis dan
Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas XII
SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI · Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa · Modul Pendidikan Anti
Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK |
4 |
1.25
Mensyukuri persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian 2.25 Proaktif dalam mengembangkan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahanakan
Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.25
Mengevaluasi dinamika
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia 4.25 Menyaji hasil evaluasi tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga
dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia |
1.25.1
Menghayati persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian 1.25.2
Mensyukuri persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian 2.25.1
Responsif dalam
mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan
mempertahanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia 2.25.2
Proaktif dalam
mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan
mempertahanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.25.1
Menganalisis hakikat Negara Kesatuan Republik
Indonesia 3.25.2
Mengevaluasi persatuan dan
Kesatuan Bangsa Indonesia dari masa ke masa 3.25.3
Mengevaluasi upaya menjaga dan
mempertahankan semangat kebangsaan dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan
negara Indonesia 4.25.1
Menyaji hasil
analisis tentang hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.25.2
Menyahi hasil
evaluasi tentang persatuan dan Kesatuan Bangsa
Indonesia dari masa ke masa 4.25.3
Menyaji hasil
evaluasi tentang
upaya menjaga dan mempertahankan semangat kebangsaan dalam kehidupan
masyarakat, bangsa dan negara Indonesia |
Dinamika
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya
menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia: 1.
Hakikat
Negara Kesatuan Republik Indonesia 2.
Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Indonesia dari masa ke masa 3.
Semangat kebangsaan dalam
kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia |
12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan
merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang
dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan
mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan responsif dan proaktif tentang dinamika persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya
menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia ·
Mengolah dan menganalisis data dengan
cermat dan teliti tentang dinamika
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya
menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang dinamika persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya menjaga dan
mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan santun dan tanggung jawab |
Peduli (Analisis Film
Pendek/Artikel terkait sikap dan perilaku peduli dalam kehidupan) |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (Responsif, proaktif, dan sikap lainnya yang relevan)
dalam KBM Pengetahuan: · Tes tertulis (LOTs
dan HOTs) tentang dinamika persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya
menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja berupa
pengamatan terhadap kinerja siswa dalam kegiatan sosiodrama kampanye
persatuan dan kesatuan bangsa · Portofolio berupa
pembuatan poster atau tulisan terkait upaya menjaga dan mempertahan-kan Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
· Yusnawan Lubis dan
Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas XII
SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI · Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa · Modul Pendidikan Anti
Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK |
5 |
1.27
Mengamalkan etos kerja masyarakat Indonesia dengan berlandaskan
nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa 2.27 Peduli terhadap etos
kerja masyarakat Indonesia 3.27 Mengevaluasi
etos kerja masyarakat Indonesia 4.27 Menyaji hasil
evaluasi tentang etos kerja masyarakat Indonesia |
1.27.1 Menghayati etos kerja
masyarakat Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa 1.27.2 Mengamalkan etos
kerja masyarakat Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan YME 2.27.1 Responsif terhadap
etos kerja masyarakat Indonesia 2.27.2 Bertanggung jawab
terhadap etos kerja masyarakat Indonesia 3.27.1 Mendeskripsikan
hakikat etos kerja 3.27.2 Mendeskripsikan etika
kerja dalam Dunia Usaha/Dunia Industri 3.27.3 Menganalisis karakter
yang diperlukan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri 3.27.4 Menyimpulkan sikap
dan perilaku yang harus dihindari dalam Dunia Usaha/Dunia Indutsri 4.27.1 Menyaji deskripsi
tentang hakikat etos kerja 4.27.2 Menyanji deskrpsi
tentang etika kerja dalam Dunia Usaha/Dunia Industri 4.27.3 Menyaji hasil analisis
tentang karakter yang diperlukan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri 4.27.4 Menyaji kesimpulan
erkait sikap dan perilaku yang harus dihindari dalam Dunia Usaha/Dunia
Indutsri |
Etos kerja masyarakat Indonesia: 1. Hakikat etos kerja 2. Etika kerja dalam
Dunia Usaha/Dunia Industri 3. Karakter yang
diperlukan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri 4. Sikap dan perilaku
yang harus dihindari dalam Dunia Usaha/Dunia Indutsri |
12 JP |
·
Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau membaca berbagai sumber (buku, artikel,
media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan
merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang etos
kerja masyarakat Indonesia ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif dan tanggung jawab tentang etos kerja masyarakat Indonesia ·
Menolah dan menganalisis
data tentang etos kerja
masyarakat Indonesia ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang etos kerja masyarakat
Indonesia |
Kerja Keras dan
Mandiri (Analisis Tokoh terkait nilai kerja keras dan mandiri) |
Sikap: Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (Responsif, tanggung jawab,
dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang etos kerja masyarakat Indonesia ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: ·
Unjuk kinerja (Pengamatan presentasi) ·
Portofolio laporan tertulis hasil analisis tentang etos kerja masyarakat Indonesia |
· Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa · Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa · Modul Pendidikan Anti
Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK |
Tasikmalaya, Juli 2020
MGMP PPKn SMK Prov. Jabar,
0 comments:
Post a Comment