Just another free Blogger theme

Friday, October 1, 2021

 

SILABUS MATA PELAJARAN

(KD Essensial dari Perdirjen Dikdasmen Nomor: 464/D.D5/KR/2018

dan Insertsi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi)

 

Nama Sekolah

:

Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan

Bidang Keahlian

:

Semua Bidang Keahlian

Program Kealhian

:

Semua Program Keahlian

Kompetensi Keahlian

:

Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

:

:

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

XII/5-6

Durasi (Waktu)

:

60 JP

KI-1 (Sikap Spiritual)

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI-2 (Sikap Sosial)

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3 (Pengetahuan)

:

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian PPKn pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)

:

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian PPKn

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

 

 

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Kegiatan Pembelajaran

Insertsi Nilai  PAK

Penilaian

Sumber

 

1

2

3

4

5

 

6

7

1

1.21   Menghayati perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka dalam rangka menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

 

 

 

 

2.21   Proaktif menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

 

 

 

 

3.21   Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

 

 

 

 

4.21   Menyaji hasil analisis tentang nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4.21.1  Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4.21.2  Menghayati perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

2.21.1  Responsif dalam menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2.21.2  Proaktif menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

3.21.1  Mendeskripsikan makna Hak dan Kewajiban Warga Negara

3.21.2  Menelaah substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila

3.21.3  Menganalisis kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

3.21.4  Menganalisis penanganan pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

 

          

4.21.1  Menyaji deskripsi makna Hak dan Kewajiban Warga Negara

4.21.2  Menyaji hasil telaah substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila

4.21.3  Menyaji hasil analisis kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

4.21.4  Menyaji hasil analisis tentang  penanganan pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

 

Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara:

1.  Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara

2.  Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila

3.  Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

4.  Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

 

12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara

·           Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif, proaktif dan tanggung jawab tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara

·           Mengolah dan menganalisis data dengan cermat dan teliti tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara

·           Mengomunikasikan hasil analisis tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara dengan santun dan tanggung jawab

 

 

Jujur

(Analisis Kisah/Artikel terkait kejujuran dalam kehidupan)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial ( responsif, proaktif, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara

·   Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

Portofolio laporan tertulis berupa laporan penelitian kepustakaan tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara

 

 

·   Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·   Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·   Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK

 

 

2

1.22   Mengamalkan perilaku orang beriman dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

 

 

 

 

 

 

 

2.22   Jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat

 

 

3.22. Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

 

 

 

 

 

 

 

 

4.22    Mendemonstrasikan praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

1.22.1  Menghayati perilaku orang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

1.22.2     Mengamalkan perilaku orang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

 

2.22.1  Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat

2.22.2   Disiplin dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat

 

 

3.22.1  Mendeskripsikan hakikat Perlindungan dan Penegakkan Hukum

3.22.2  Menganalisis peran Lembaga Penegak hukum dalam menjamin keadilan dan kedamaian

3.22.3  Mengevaluasi peran masyarakat dalam mewujudkan perlindungan hukum dan perlindungan tenaga kerja

 

 

4.22.1  Mempresentasikan deskripsi tentang hakikat Perlindungan dan Penegakkan Hukum

4.22.2  Menyaji hasil analisis tentang peran Lembaga Penegak Hukum dalam Menjamin Keadilan dan Kedamaian

4.22.3  Mempresentasikan hasil evaluasi tentang peran masyarakat dalam mewujudkan perlindungan hukum dan perlindungan tenaga

 

Perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian:

1.  Hakikat Perlindungan dan Penegakkan Hukum

2.  Peran Lembaga Penegak Hukum dalam Menjamin Keadilan dan Kedamaian

3.  Peran masyarakat dalam mewujudkan perlindungan dan penegakkan hukum

12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian

·           Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan jujur, disiplin dan tanggung jawab tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian

·           Mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data dengan cermat dan teliti tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian

·           Mengomunikasikan (simulasi) praktek perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian dengan santun dan tanggung jawab

Adil

(Proyek Kewarganegaraan terkait penegakkan hokum dalam menjamin keadilan)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (Jujur, disiplin, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian

·   Pelaporan hasil penugasan

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja (Pengamatan Simulasi)

·   Portofolio laporan tertulis hasil rancangan dan atau proyek kewarganegaraan tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian

·         Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·         Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·         Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK

 

3

1.24    Menghayati kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

2.24    Bertanggungjawab dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

3.24    Menganalisis pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

 

4.24   Menyaji hasil analisis tentang pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap bangsa dan negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

1.24.1     Menghargai kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhanan Yang Maha Esa

1.24.2  Menghayati kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

2.24.1  Responsif dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

2.24.2   Bertanggungjawab dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

3.24.1  Menelaah pengaruh positif dan negatif kemajuan   IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.24.2  Menelaah sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap budaya kerja masyarakat Indonesia

 

 

 

4.24.1  Menyaji hasil telaah pengaruh positif dan negatif kemajuan   IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesi

4.24.2  Menyaji hasil telaah sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap budaya kerja masyarakat Indonesia

 

Pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negara:

1.  Pengaruh positif dan negatif kemajuan   IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.  Sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan IPTEK

 

12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negara

·           Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan jujur, disiplin dan tanggung jawab tentang pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negara

·           Mengolah dan menganalisis data dengan jujur dan teliti tentang pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negara

·           Mengomunikasikan hasil analisis tentang pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negara secara santun dan penuh percaya diri

 

 

 

Berani

(Analisis Artikel/Proyek Kewarganegaraan terkait perwujudan sikap berani)

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (Responsif, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negara

·   Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja (Pengamatan presentasi)

·   Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang  pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negara

 

·   Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·   Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·   Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK

 

 

4

1.25    Mensyukuri persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian

 

 

 

 

2.25   Proaktif dalam mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

3.25    Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

 

4.25  Menyaji hasil evaluasi tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

1.25.1  Menghayati persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian

1.25.2   Mensyukuri persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian

 

2.25.1 Responsif dalam mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.25.2  Proaktif dalam mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

3.25.1  Menganalisis hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.25.2  Mengevaluasi persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari masa ke masa

3.25.3  Mengevaluasi upaya menjaga dan mempertahankan semangat kebangsaan dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia

 

4.25.1  Menyaji hasil analisis tentang hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.25.2  Menyahi hasil evaluasi tentang persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari masa ke masa

4.25.3  Menyaji hasil evaluasi tentang upaya menjaga dan mempertahankan semangat kebangsaan dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia

 

Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya   menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia:

1.     Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.     Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari masa ke masa

3.     Semangat kebangsaan dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia

12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

·           Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif dan proaktif tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya   menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

·           Mengolah dan menganalisis data dengan cermat dan teliti tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya   menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia

·           Mengomunikasikan hasil analisis tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya   menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan santun dan tanggung jawab

 

 

 

 

Peduli

(Analisis Film Pendek/Artikel terkait sikap dan perilaku peduli dalam kehidupan)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (Responsif, proaktif, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya   menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia

·   Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja berupa pengamatan terhadap kinerja siswa dalam kegiatan sosiodrama kampanye persatuan dan kesatuan bangsa

·   Portofolio berupa pembuatan poster atau tulisan terkait upaya   menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

·   Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·   Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·   Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK

 

5

1.27    Mengamalkan etos kerja masyarakat Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa

 

2.27  Peduli terhadap etos kerja masyarakat Indonesia

 

 

3.27  Mengevaluasi etos kerja masyarakat Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.27  Menyaji hasil evaluasi tentang etos kerja masyarakat Indonesia

1.27.1   Menghayati etos kerja masyarakat Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa

1.27.2   Mengamalkan etos kerja masyarakat Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan YME

 

2.27.1  Responsif terhadap etos kerja masyarakat Indonesia

2.27.2  Bertanggung jawab terhadap etos kerja masyarakat Indonesia

 

3.27.1  Mendeskripsikan hakikat etos kerja

3.27.2  Mendeskripsikan etika kerja dalam Dunia Usaha/Dunia Industri

3.27.3  Menganalisis karakter yang diperlukan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri

3.27.4  Menyimpulkan sikap dan perilaku yang harus dihindari dalam Dunia Usaha/Dunia Indutsri

 

4.27.1  Menyaji deskripsi tentang hakikat etos kerja

4.27.2  Menyanji deskrpsi tentang etika kerja dalam Dunia Usaha/Dunia Industri

4.27.3  Menyaji hasil analisis tentang karakter yang diperlukan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri

4.27.4  Menyaji kesimpulan erkait sikap dan perilaku yang harus dihindari dalam Dunia Usaha/Dunia Indutsri

 

Etos kerja masyarakat Indonesia:

1.    Hakikat etos kerja

2.    Etika kerja dalam Dunia Usaha/Dunia Industri

3.    Karakter yang diperlukan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri

4.    Sikap dan perilaku yang harus dihindari dalam Dunia Usaha/Dunia Indutsri

12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang etos kerja masyarakat Indonesia

·           Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif dan tanggung jawab tentang etos kerja masyarakat Indonesia

·           Menolah dan menganalisis data tentang etos kerja masyarakat Indonesia

·           Mengomunikasikan hasil analisis tentang etos kerja masyarakat Indonesia

 

 

 

 

Kerja Keras dan Mandiri

(Analisis Tokoh  terkait nilai kerja keras dan mandiri)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (Responsif, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·      Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang etos kerja masyarakat Indonesia

·      Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·      Unjuk kinerja (Pengamatan presentasi)

·      Portofolio laporan tertulis hasil analisis tentang etos kerja masyarakat Indonesia

 

 

·   Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·   Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·   Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 3 SLTA, KPK

 

 

Tasikmalaya, Juli 2020

MGMP PPKn SMK Prov. Jabar,

              


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment