SILABUS MATA PELAJARAN
(KD Essensial dari Perdirjen Dikdasmen Nomor:
464/D.D5/KR/2018
dan Insertsi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi)
Nama Sekolah |
: |
Sekolah Menengah
Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan |
Bidang Keahlian |
|
Semua Bidang Keahlian |
Program Keahlian |
: |
Semua Program
Keahlian |
Kompetensi Keahlian |
: |
Semua Kompetensi
Keahlian |
Mata Pelajaran Kelas/Semester |
: : |
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan XI/3-4 |
Durasi (Waktu) |
: |
72 JP |
KI-1 (Sikap
Spiritual) |
: |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya |
KI-2 (Sikap Sosial) |
: |
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan
serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI-3 (Pengetahuan) |
: |
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian PPKn pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. |
KI-4 (Keterampilan) |
: |
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kajian PPKn. Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung. Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. |
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Kegiatan
Pembelajaran |
Insertsi Nilai PAK |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
7 |
8 |
9 |
1 |
1.12
Menghayati hak asasi manusia berdasarkan
perspektif pancasila sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa 2.12
Peduli terhadap hak asasi manusia berdasarkan
perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 3.12
Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 4.12
Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif
Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
1.12.1
Mengjagai hak asasi
manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.12.2 Menghayati hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.12.1 Toleran terhadap
hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara 2.12.2
Cinta damai dalam rangka mewujudkan hak asasi
manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara 3.12.1 Mendeskripsikan konsep Hak dan Kewajiban
Asasi Manusia 3.12.2 Mengkaji substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila 3.12.3 Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia
terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan 3.12.4 Menganalisis
upaya Penegakan Hak Asasi Manusia 4.12.1 Menyaji deskripsi tentang konsep Hak dan Kewajiban
Asasi Manusia 4.12.2 Menyaji hasil kajian tentang substansi Hak dan
Kewajiban Asasi Manusia dalam
Pancasila 4.12.3 Menyaji hasil analisis tentang kasus-kasus pelanggaran
hak asasi manusia terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan 4.12.4 Menyaji hasil analisis tentang
upaya Penegakan Hak Asasi Manusia |
Kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila: 1.
Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia 2.
Substansi Hak dan Kewajiban Asasi
Manusia dalam Pancasila 3.
Hak dan kewajiban tenaga kerja sebagai bagian hak asasi manusia 4.
Kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia terutama yang
berkaitan dengan ketenagakerjaan 5.
Upaya Penegakan
Hak Asasi Manusia |
10 JP |
·
Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau membaca berbagai sumber (buku, artikel,
media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk
mengidentifikasi
dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTS tentang kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan kerjasama, toleran dan cinta damai tentang kasus-kasus pelanggaran
hak asasi manusia dalam prespektif
Pancasila ·
Mengolah dan menganalisis
data tentang
kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam
prespektif Pancasila dengan cermat dan teliti ·
Mengomunikasikan hasil analisis tentang kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila dengan
santun dan penuh tangggung jawab |
Jujur (Analisis Kisah/Artikel terkait kejujuran dalam
kehidupan) |
Sikap: Observasi terhadap
sikap spiritual dan sosial (toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam
prespektif Pancasila ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi) ·
Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan
atau proyek kewarganegaraan tentang kasus-kasus pelanggaran
hak asasi manusia dalam prespektif
Pancasila |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ·
Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa |
2 |
1.14
Mengamalkan nilai-nilai ke-Tuhanan dalam berdemokrasi
Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.14
Peduli dalam berdemokrasi Pancasila sesuai
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3.14
Menganalisis sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.14
Menyajikan hasil analisis tentang sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 |
1.14.1
Menghayati nilai-nilai ke-Tuhanan dalam berdemokrasi
Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 1.14.2
Mengamalkan nilai-nilai ke-Tuhanan dalam berdemokrasi
Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.14.1
Menunjukkan sikap toleran
dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945. 2.14.2 Menunjukkan perilaku damai dalam berdemokrasi Pancasila sesuai
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3.14.1 Menelaah
dinamika penerapan demokrasi
di Indonesia 3.14.2
Menganalisis
upaya
membangun kehidupan
yang demokratis di Indones 4.14.1 Menyaji hasil telaah tentang
dinamika penerapan demokrasi
di Indonesia 4.14.2
Menyaji
hasil analisis tentang upaya membangun kehidupan yang demokratis
di Indonesia |
Sistem dan dinamika demokrasi
Pancasila: 1.
Dinamika penerapan demokrasi di Indonesia 2.
Membangun kehidupan yang demokratis
di Indonesia |
10 JP |
·
Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau membaca berbagai sumber (buku, artikel,
media cetak maupun elektronik) dengan
penuh rasa syukur untuk
mengidentifikasi
dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan dan HOTs tentang sistem
dan dinamika demokrasi Pancasila ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan disiplin, toleran dan cinta damai tentang sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila ·
Mengolah dan menganalisis
data tentang
sistem dan dinamika demokrasi Pancasila dengan teliti dan tanggung jawab ·
Mengomunikasikan hasil analisis tentang sistem
dan dinamika demokrasi
Pancasila dengan santun dan percaya diri |
|
Sikap: Observasi terhadap
sikap spiritual dan sosial (toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek
kewarganegaraan tentang sistem dan
dinamika demokrasi
Pancasila |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ·
Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010.
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan RI ·
Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa |
3 |
1.15
Menghayati nilai-nilai dalam sistem hukum dan
peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.15
Disiplin terhadap aturan sistem hukum dan peradilan di
Indonesia 3.15
Menganalis sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.15
Menyaji hasil analisis tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
1.15.1 Menghayati
nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk
pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa. 1.15.2 Mengamalkan
nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.15.1 Disiplin
terhadap sistem hukum dan peradilan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia 2.15.2 Tanggung jawab terhadap sistem hukum dan peradilan sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia 3.15.1 Menelaah
sistem hukum di Indonesia 3.15.2
Menelaah sistem peradilan di Indonesia 3.15.3
Menunjukan sikap yang sesuai dengan hukum
di Indonesia 4.15.1 Menyaji hasil telaah tentang sistem hukum di
Indonesia 4.15.2
Menyaji hasil telaah tentang sistem peradilan di
Indonesia 4.15.3
Menyaji contoh-contoh
sikap yang sesuai dengan hukum di Indonesia |
Sistem hukum dan peradilan di Indonesia: 1.
Sistem hukum di Indonesia 2.
Sistem peradilan di Indonesia 3.
Sikap yang sesuai dengan hukum di Indonesia 4.
Pemberantasan Korupsi di Indonesia |
12 JP |
·
Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau membaca berbagai sumber (buku, artikel,
media cetak maupun elektronik) dengan
penuh rasa syukur untuk
mengidentifikasi
dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang sistem
dan dinamika demokrasi Pancasila ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan disiplin dan tanggung jawab tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia ·
Mengolah dan menganalisis
data tentang
sistem hukum dan peradilan di Indonesia dengan cermat dan tanggung jawab ·
Mengomunikasikan hasil analisis tentang sistem hukum dan
peradilan di Indonesia dengan santun
dan penuh tanggung jawab |
Disiplin (Laporan Observasi Kepatuhan Hukum Masyarakat) |
Sikap: Observasi terhadap
sikap spiritual dan sosial ( disiplin , tanggung jawab, dan sikap lainnya
yang relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan tertulis hasil penelitian tentang tingkat kepatuhan hukum masyarakat. |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 3) ·
Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010.
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ·
Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa ·
Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 2 SLTA,
KPK |
4 |
1.16
Mengamalkan
nilai-nilai dalam sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia berlandaskan
Ketuhanan Yang Maha Esa 2.16
Proaktif terhadap
sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia 3.16
Menganalisis
sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia 4.16
Menyaji hasil
analisis tentang sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia |
1.16.1 Menghayati
nilai-nilai dalam sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia berlandaskan
Ketuhanan Yang Maha Esa 1.16.2 Mengamalkan
nilai-nilai dalam sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia berlandaskan
Ketuhanan Yang Maha Esa 2.16.1 Responsif terhadap
sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia 2.16.2 Proaktif terhadap
sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia 3.16.1
Mendeskripsikan
hakikat perlindungan tenaga kerja 3.16.2
Mendeskripsikan
hakikat kontrak kerja 3.16.3
Mendeskripsikan
pengupahan dalam dunia kerja 3.16.4
Mendeskripsikan
keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja 3.16.5
Menganalsis
pentingnya Undang-Undang Tenaga Kerja 3.16.6
Menganalisis peran
Serikat Pekerja 4.16.1 Menyaji deskripsi tentang
hakikat perlindungan tenaga kerja 4.16.2 Menyaji deskripsi
tentang hakikat kontrak kerja 4.16.3 Menyaji deskripsi
tentang pengupahan dalam dunia kerja 4.16.4 Menyaji deskripsi
tentang keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja 4.16.5 Menyaji hasil
analysis tentang pentingnya Undang-Undang Tenaga Kerja 4.16.6 Menyaji hasil
analysis tentang peran Serikat Pekerja |
Perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia: 1.
Hakikat perlindungan tenaga
kerja 2.
Hakikat kontrak kerja 3.
Pengupahan dalam dunia kerja 4.
Keselamatan kerja dan
asuransi tenaga kerja 5.
Pentingnya Undang-Undang
Tenaga Kerja 6.
Peran Serikat Pekerja |
10 JP |
·
Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau membaca berbagai sumber (buku, artikel,
media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan
merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif, proaktif dan tanggung jawab tentang perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia ·
Mengolah dan menganalisis
data tentang perlindungan Tenaga Kerja di
Indonesia ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia |
Kerja Keras (Analisis Idola / Analisis Artikel terkait Kerja keras) |
Sikap: Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (
responsif, proaktif, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang
perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: ·
Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi) Portofolio
laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang perlindungan Tenaga
Kerja di Indonesia |
·
Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa ·
Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 2 SLTA,
KPK |
5 |
1.18
Mensyukuri peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.18 Toleran dan
cinta damai sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 3.18 Mengevaluasi dinamika peran Indonesia
dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 4.18 Menyaji hasil evaluasi tentang peran Indonesia dalam
perdamaian dunia sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
1.18.1 Menghayati peran Indonesia dalam
mewujudkan perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 1.18.1 Mensyukuri peran Indonesia dalam
mewujudkan perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.18.1 Toleran
sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam hidup
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 2.18.2 Cinta
damai sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam hidup
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 3.18.1 Mendeskripsikan
hakikat hubungan dan perjanjian Internasional 3.18.2 Mengkaji pelaksanaan politik luar negeri Indonesia 3.18.3 Menganalisis peran perwakilan
Indonesia di luar negeri 3.18.4 Menganalisis peran Indonesia di
berbagai organisasi internasional 3.18.5 Mengevaluasi kerjasama dan perjanjian internasional
yang bermanfaat bagi Indonesia 4.18.1 Mempresentasikan deskripsi tentang
hakikat hubungan dan perjanjian Internasional 4.18.2 Menyaji hasil kajian tentang pelaksanaan politik luar
negeri Indonesia 4.18.3 Menyaji hasil analisis tentang
peran perwakilan Indonesia di luar negeri 4.18.4 Menyaji hasil analisis tentang
peran Indonesia di berbagai organisasi internasional 4.18.5 Mempresentasikan hasil evaluasi
tentang kerjasama dan perjanjian
internasional yang bermanfaat bagi Indonesia |
Peran
Indonesia dalam perdamaian dunia internasional: 1.
Hakikat hubungan dan perjanjian internasional 2.
Politik luar negeri Indonesia 3.
peran perwakilan Indonesia di luar negeri 4.
Peran Indonesia di berbagai organisasi internasional 5.
Kerjasama dan perjanjian
internasional yang bermanfaat bagi Indonesia |
8 JP |
·
Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau membaca berbagai sumber (buku, artikel,
media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk
mengidentifikasi
dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang peran Indonesia dalam
perdamaian dunia internasional ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan disiplin, toleran dan cinta damai tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia
internasional ·
Mengolah dan menganalisis
data tentang
sistem hukum dan peradilan Internasional dengan cermat dan kerjasama yang baik ·
Mengomunikasikan hasil analisis tentang peran Indonesia dalam
perdamaian dunia internasional dengan
santun dan percaya diri |
|
Sikap: Observasi terhadap
sikap spiritual dan sosial ( disiplin, toleran, cinta damai, dan sikap
lainnya yang relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang peran Indonesia dalam perdamaian
dunia internasional ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan tertulis hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ·
Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa |
6 |
1.19
Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk
kesadaran akan ancaman terhadap negara dan strategi mengatasinya berdasarkan
asas Bhinneka Tunggal Ika 2.19
Responsif terhadap ancaman terhadap negara dan
strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika 3.19
Menganalisis kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.19 Melakukan
penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya
dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika |
1.19.1 Menghayati nilai-nilai
yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dan strategi
mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa 1.19.2 Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dan
strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika 2.19.1 Responsif terhadap ancaman negara dan strategi mengatasinya
berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika 2.19.2
Proaktif dalam menyikapi
ancaman negara dan strategi
mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika 3.19.1
Mengidentifikasi ancaman terhadap integrasi nasional 3.19.2
Menelaah strategi dalam mengatasi berbagai ancaman
terhadap bidang ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam
membangun integrasi
nasional 3.19.3
Menganalisis partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap
bidang ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam
membangun integrasi
nasional 4.19.1 Menyaji
hasil identifikasi ancaman terhadap integrasi nasional 4.19.2 Menyaji
hasil telaah strategi dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional 4.19.3 Melakukan
penelitian sederhana tentang partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai
ancaman terhadap bidang
ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional |
Kasus-kasus
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan: 1.
Ancaman terhadap integrasi nasional 2.
Strategi dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap
bidang ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam
membangun integrasi
nasional 3.
partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap
bidang ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam
membangun integrasi
nasional |
12 JP |
·
Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau membaca berbagai sumber (buku, artikel,
media cetak maupun elektronik) dengan
penuh rasa syukur untuk
mengidentifikasi
dan merumuskan masalah/hipotesa dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang potensi
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif, proaktif dan tanggung jawab tentang potensi
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan ·
Mengolah dan menganalisis
data hasil penelitian sederhana tentang potensi
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan dengan teliti, dan saling menghargai ·
Menyajikan secara lisan dan
tulisan hasil
penelitian sederhana tentang potensi
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan dengan
santun dan penuh tanggung jawab |
Sederhana dan Mandiri (Curhat Pengalaman Kehidupan / Analisis Artikel terkait hidup sederhana
dan Mandiri) |
Sikap: Observasi terhadap
sikap spiritual dan sosial ( disiplin, toleran, cinta damai, dan sikap
lainnya yang relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang ancaman terhadap
Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan,
dan keamanan
internasional ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Penilaian proyek penelitian sederhana · Portofolio laporan tertulis hasil penelitian tentang partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasiona |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ·
Modul
Pendidikan Anti Korupsi Kelas 2 SLTA, KPK ·
Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa |
7 |
1.20
Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai persatuan dan
kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia 2.20
Proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam
Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.20
Menganalisis faktor pendorong dan penghambat persatuan
dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.20 Menyaji
hasil analisis tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan
bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia |
1.20.1
Menghayati nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 1.20.2
Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai persatuan dan
kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia 2.20.1 Responsif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia 2.20.2 Proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia 3.20.1
Mendeskripsikan makna persatuan dan kesatuan bangsa 3.20.2
Mengkaji kehidupan bernegara dalam Konsep Negara
Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3.20.3
Menganalisis faktor pendorong dan penghambat persatuan
dan kesatuan Bangsa Indonesia 3.20.4
Menunjukkan sikap dan perilaku
menjaga keutuhan NKRI 4.20.1
Menyaji deskripsi
tentang makna
persatuan dan kesatuan bangsa 4.20.2
Mempresentasikan hasil
kajian tentang
kehidupan bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan
Undang-undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.20.3
Menyaji hasil analisis faktor pendorong dan
penghambat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia 4.20.4
Menyaji contoh-contoh
sikap dan perilaku menjaga keutuhan NKRI |
Faktor
pendorong dan penghambat persatuan dan
kesatuan bangsa: 1.
Makna persatuan dan kesatuan bangsa 2.
Kehidupan bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan
Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3.
Faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan
Bangsa Indonesia 4.
Sikap dan perilaku
menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia |
10 JP |
·
Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau membaca berbagai sumber (buku, artikel,
media cetak maupun elektronik) dengan
penuh rasa syukur untuk
mengidentifikasi
dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsive, proaktif dan tanggung jawab tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa ·
Mengolah dan menganalisis
data tentang
faktor pendorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa dengan
cermat dan teliti ·
Mengomunikasikan hasil analisis tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dengan santun dan tanggung jawab |
|
Sikap: Observasi terhadap
sikap spiritual dan sosial (responsif, proaktif, tanggung jawab, dan sikap
lainnya yang relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek
kewarganegaraan tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ·
Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa |
Tasikmalaya, Juli 2020
MGMP PPKn SMK Prov. Jabar,
0 comments:
Post a Comment