Just another free Blogger theme

Friday, October 1, 2021



SILABUS MATA PELAJARAN

(KD Essensial dari Perdirjen Dikdasmen Nomor: 464/D.D5/KR/2018

dan Insertsi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi)

 

Nama Sekolah

:

Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan

Bidang Keahlian

 

Semua Bidang Keahlian

Program Keahlian

:

Semua Program Keahlian

Kompetensi Keahlian

:

Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

:

:

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

XI/3-4

Durasi (Waktu)

:

72 JP

KI-1 (Sikap Spiritual)

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI-2 (Sikap Sosial)

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3 (Pengetahuan)

:

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian PPKn pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)

:

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian PPKn.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

 

 

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Kegiatan Pembelajaran

Insertsi Nilai PAK

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

2

2

2

2

7

8

9

1

1.12  Menghayati hak asasi manusia berdasarkan perspektif pancasila sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa

 

 

 

 

2.12  Peduli terhadap hak asasi manusia berdasarkan perspektif pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

 

 

3.12  Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

 

 

 

 

 

4.12  Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

1.12.1    Mengjagai hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.12.2    Menghayati hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

 

2.12.1    Toleran terhadap hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2.12.2     Cinta damai dalam rangka mewujudkan hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

3.12.1    Mendeskripsikan konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

3.12.2    Mengkaji substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila

3.12.3    Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan

3.12.4    Menganalisis upaya Penegakan  Hak Asasi Manusia

 

4.12.1    Menyaji deskripsi tentang konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

4.12.2    Menyaji hasil kajian tentang substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila

4.12.3    Menyaji hasil analisis tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan

4.12.4    Menyaji hasil analisis tentang upaya Penegakan  Hak Asasi Manusia

Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila:

1.   Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

2.   Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila

3.   Hak dan kewajiban tenaga kerja sebagai bagian hak asasi manusia

4.   Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan

5.   Upaya Penegakan  Hak Asasi Manusia

10 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTS tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan kerjasama, toleran dan cinta damai tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila

·         Mengolah dan menganalisis data tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila dengan cermat dan teliti

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila dengan santun dan penuh tangggung jawab

 

Jujur

(Analisis Kisah/Artikel terkait kejujuran dalam kehidupan)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·      Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila

 

·       Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·       Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

2

1.14  Mengamalkan nilai-nilai ke-Tuhanan dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

 

2.14  Peduli dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

 

 

 

 

 

3.14  Menganalisis sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

4.14  Menyajikan hasil analisis tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

1.14.1    Menghayati nilai-nilai ke-Tuhanan dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1.14.2    Mengamalkan nilai-nilai ke-Tuhanan dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

2.14.1    Menunjukkan sikap toleran dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

2.14.2    Menunjukkan perilaku damai dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

3.14.1    Menelaah dinamika penerapan demokrasi di Indonesia

3.14.2    Menganalisis upaya membangun kehidupan yang demokratis di Indones

 

 

 

 

 

4.14.1    Menyaji hasil telaah tentang dinamika penerapan demokrasi di Indonesia

4.14.2    Menyaji hasil analisis tentang upaya membangun kehidupan yang demokratis di Indonesia

 

Sistem dan dinamika demokrasi Pancasila:

1.     Dinamika penerapan demokrasi di Indonesia

2.     Membangun kehidupan yang demokratis di Indonesia

 

10 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan dan HOTs tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan disiplin, toleran dan cinta damai tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila

·      Mengolah dan menganalisis data tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila dengan teliti dan tanggung jawab

·      Mengomunikasikan hasil analisis tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila dengan santun dan percaya diri

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·    Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila

·         Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·         Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·         Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

 

3

1.15  Menghayati nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

2.15  Disiplin terhadap aturan sistem hukum dan peradilan di Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

3.15  Menganalis sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

4.15  Menyaji hasil analisis tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

1.15.1    Menghayati nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa.

1.15.2    Mengamalkan nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

2.15.1    Disiplin terhadap sistem hukum dan peradilan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia

2.15.2    Tanggung jawab terhadap sistem hukum dan peradilan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia

3.15.1    Menelaah sistem hukum di Indonesia

3.15.2    Menelaah sistem peradilan di Indonesia

3.15.3    Menunjukan sikap yang sesuai dengan hukum di Indonesia

 

 

 

 

4.15.1    Menyaji hasil telaah tentang sistem hukum di Indonesia

4.15.2    Menyaji hasil telaah tentang sistem peradilan di Indonesia

4.15.3    Menyaji contoh-contoh sikap yang sesuai dengan hukum di Indonesia

 

Sistem hukum dan peradilan di Indonesia:

1.   Sistem hukum di Indonesia

2.   Sistem peradilan di Indonesia

3.   Sikap yang sesuai dengan hukum di Indonesia

4.   Pemberantasan Korupsi di Indonesia

 

 

12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan disiplin dan tanggung jawab tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia

·      Mengolah dan menganalisis data tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia dengan cermat dan tanggung jawab

·      Mengomunikasikan hasil analisis tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia dengan santun dan penuh tanggung jawab

 

Disiplin

(Laporan Observasi Kepatuhan Hukum Masyarakat)

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial ( disiplin , tanggung jawab, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·    Portofolio laporan tertulis hasil penelitian tentang tingkat kepatuhan hukum masyarakat.

·         Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 3)

·         Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·         Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·         Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 2 SLTA, KPK

 

4

1.16  Mengamalkan nilai-nilai dalam sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa

 

 

 

 

 

 

 

 

2.16  Proaktif terhadap sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia

 

 

3.16  Menganalisis sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.16  Menyaji hasil analisis tentang sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia

1.16.1       Menghayati nilai-nilai dalam sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa

1.16.2       Mengamalkan nilai-nilai dalam sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa

 

2.16.1      Responsif terhadap sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia

2.16.2      Proaktif terhadap sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia

 

 

 

 

 

3.16.1       Mendeskripsikan hakikat perlindungan tenaga kerja

3.16.2       Mendeskripsikan hakikat kontrak kerja

3.16.3       Mendeskripsikan pengupahan dalam dunia kerja

3.16.4       Mendeskripsikan keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja

3.16.5       Menganalsis pentingnya Undang-Undang Tenaga Kerja

3.16.6       Menganalisis peran Serikat Pekerja

 

 

4.16.1    Menyaji deskripsi tentang hakikat perlindungan tenaga kerja

4.16.2    Menyaji deskripsi tentang hakikat kontrak kerja

4.16.3    Menyaji deskripsi tentang pengupahan dalam dunia kerja

4.16.4    Menyaji deskripsi tentang keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja

4.16.5    Menyaji hasil analysis tentang pentingnya Undang-Undang Tenaga Kerja

4.16.6    Menyaji hasil analysis tentang peran Serikat Pekerja

 

Perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia:

1.    Hakikat perlindungan tenaga kerja

2.    Hakikat kontrak kerja

3.    Pengupahan dalam dunia kerja

4.    Keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja

5.    Pentingnya Undang-Undang Tenaga Kerja

6.    Peran Serikat Pekerja

10 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia

 

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif, proaktif dan tanggung jawab tentang perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia

·           Mengolah dan menganalisis data tentang perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia

·           Mengomunikasikan hasil analisis tentang perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia

Kerja Keras

(Analisis Idola / Analisis Artikel terkait Kerja keras)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial ( responsif, proaktif, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

 

 

Pengetahuan: 

·       Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia

·       Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·       Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi) Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang perlindungan Tenaga Kerja di Indonesia

·       Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

·       Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 2 SLTA, KPK

5

1.18  Mensyukuri peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

2.18 Toleran dan cinta damai sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

 

 

 

3.18 Mengevaluasi dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

 

 

 

 

 

 

4.18 Menyaji hasil  evaluasi tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1.18.1   Menghayati peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

1.18.1   Mensyukuri peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

2.18.1    Toleran sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

2.18.2    Cinta damai sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

 

 

3.18.1    Mendeskripsikan hakikat hubungan dan perjanjian Internasional

3.18.2    Mengkaji pelaksanaan politik luar negeri Indonesia

3.18.3    Menganalisis peran perwakilan Indonesia di luar negeri

3.18.4    Menganalisis peran Indonesia di berbagai organisasi internasional

3.18.5    Mengevaluasi kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

 

4.18.1    Mempresentasikan deskripsi tentang hakikat hubungan dan perjanjian Internasional

4.18.2    Menyaji hasil kajian tentang pelaksanaan politik luar negeri Indonesia

4.18.3    Menyaji hasil analisis tentang peran perwakilan Indonesia di luar negeri

4.18.4    Menyaji hasil analisis tentang peran Indonesia di berbagai organisasi internasional

4.18.5    Mempresentasikan hasil evaluasi tentang kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

 

Peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional:

1.   Hakikat hubungan dan perjanjian internasional

2.   Politik luar negeri Indonesia

3.   peran perwakilan Indonesia di luar negeri

4.   Peran Indonesia di berbagai organisasi internasional

5.   Kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

8 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional

·           Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan disiplin, toleran dan cinta damai tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional

·           Mengolah dan menganalisis data tentang sistem hukum dan peradilan Internasional dengan cermat dan kerjasama yang baik

·           Mengomunikasikan hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional dengan santun dan percaya diri

 

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial ( disiplin, toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional

·    Pelaporan hasil penugasan

 

 

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·    Portofolio laporan tertulis hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional

·   Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·   Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

6

1.19  Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

2.19  Responsif terhadap ancaman terhadap negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika

 

 

3.19  Menganalisis kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

 

4.19  Melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika

 

1.19.1 Menghayati nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

1.19.2 Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika

 

2.19.1    Responsif terhadap ancaman  negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika

2.19.2    Proaktif dalam menyikapi ancaman  negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

3.19.1    Mengidentifikasi ancaman terhadap integrasi nasional

3.19.2    Menelaah strategi dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang      ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional

3.19.3    Menganalisis partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang      ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional

 

 

4.19.1    Menyaji hasil identifikasi ancaman terhadap integrasi nasional

4.19.2     Menyaji hasil telaah strategi dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang      ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional

4.19.3     Melakukan penelitian sederhana tentang partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang      ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional

 

Kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan:

1.     Ancaman terhadap integrasi nasional

2.     Strategi dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang      ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional

3.     partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang      ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional

 

12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah/hipotesa dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

·           Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif, proaktif dan tanggung jawab tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

·           Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dengan teliti, dan saling menghargai

·           Menyajikan secara lisan dan tulisan hasil penelitian  sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dengan santun dan penuh tanggung jawab

 

Sederhana dan Mandiri

(Curhat Pengalaman Kehidupan / Analisis Artikel terkait hidup sederhana dan Mandiri)

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial ( disiplin, toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan internasional

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·    Penilaian proyek penelitian sederhana

·    Portofolio laporan tertulis hasil penelitian tentang partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang      ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasiona

·   Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·    Modul Pendidikan Anti Korupsi Kelas 2 SLTA, KPK

·   Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

7

1.20  Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

2.20  Proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

 

3.20  Menganalisis  faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.20  Menyaji hasil analisis tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

1.20.1    Menghayati nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

1.20.2    Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

2.20.1    Responsif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.20.2     Proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

3.20.1    Mendeskripsikan makna persatuan dan kesatuan bangsa

3.20.2    Mengkaji  kehidupan bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.20.3    Menganalisis faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia

3.20.4    Menunjukkan sikap dan perilaku menjaga keutuhan NKRI

 

 

4.20.1    Menyaji deskripsi tentang makna persatuan dan kesatuan bangsa

4.20.2    Mempresentasikan hasil kajian tentang kehidupan bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.20.3    Menyaji hasil analisis faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia

4.20.4    Menyaji contoh-contoh sikap dan perilaku menjaga keutuhan NKRI

 

 

Faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa:

1.   Makna persatuan dan kesatuan bangsa

2.   Kehidupan bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.   Faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia

4.   Sikap dan perilaku menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

10 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

·           Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsive, proaktif dan tanggung jawab tentang faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

·           Mengolah dan menganalisis data tentang faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dengan cermat dan teliti

·           Mengomunikasikan hasil analisis tentang faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dengan santun dan tanggung jawab

 

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (responsif, proaktif, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·    Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

·    Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·    Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·    Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

·   Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

·   Yusnawan Lubis. 2020. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMK/MAK. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa

 

Tasikmalaya, Juli 2020

MGMP PPKn SMK Prov. Jabar,

              


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment