Just another free Blogger theme

Friday, October 1, 2021

 

 

 

 

 

KURTILAS REVISI

PERANGKAT PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

 

                                Mata Pelajaran               : Akidah Akhlak

                            Satuan Pendidikan        : Madrasah Tsanawiyah

                            Kelas, Th.Pelajaran       : VII,  2020/2021

 

 

 

 

 

 

          

 

============================

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

===============================

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semester Gasal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Gasal

Materi Pokok                      :  Akidah Islam

Alokasi Waktu                    :  12 JP ( 3 Kali Pertemuan )

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.1

Memahami dasar, tujuan, bukti/dalil akidah Islam dan manfaat mempelajarinya

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat menjelaskan, menunjukkan, menyebutkan, dan menyajikan pengertian, dalil/bukti, dasar, tujuan, dan fakta  kebenaran tentang akidah Islam dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.1

Mengomunikasikan dasar, tujuan, bukti akidah Islam dalam bentuk peta konsep atau media lainnya

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan akidah Islam

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang akidah Islam

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang akidah Islam

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

 

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

                          

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Gasal

Materi Pokok                      :  Sifat-Sifat Allah SWT

Alokasi Waktu                    :  16 JP ( 4 Kali Pertemuan )

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.2

Menganalisis sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz Allah Swt. beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat menjelaskan, menyebutkan, mengidentifikasi, menunjukkan, dan mengomunikasikan pengertian, dalil/bukti, dan  contoh sifat wajib, mustahil, dan ja’iz Allah SWT dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.2

Mengomunikasikan sifatsifat wajib, mustahil dan jaiz Allah Swt. beserta artinya

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang sifat-sifat Allah SWT

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang sifat-sifat Allah SWT

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

 

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN III

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Gasal

Materi Pokok                      :  Tobat, Taat, Istiqamah, dan Ikhlas

Alokasi Waktu                    :  12 JP ( 3 Kali Pertemuan )

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.3

Menganalisis konsep, dalil dan darnpak positif taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat menjelaskan, menunjukkan, menyebutkan, dan mencari kisah-kisah yang berkaitan dengan pengertian, dalil/bukti, dan dampak positif  yang muncul dari sifat taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.3

Mengomunikasikan contoh kisah yang berkaitan dengan taubat, taat, istiqomah, dan ikhlas dalam kehidupan

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang taubat, taat, istiqamah, dan ikhlas

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

 

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                        

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IV

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Gasal

Materi Pokok                      :  Adab Shalat dan Dzikir

Alokasi Waktu                    :  8 JP ( 2 Kali Pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.4

Menerapkan adab dan fadlilah sholat dan dzikir (Istighfar, Shalawat dan Laa ilaaha illallaah)

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat menjelaskan, mengidentifikasi, menunjukkan, dan mempraktekkan pengertian, dalil/bukti, dan hikmah adab shalat dan dzikir dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.4

Mempraktikan adab shalat dan dzikir

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan  adab shalat dan dzikir

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang adab shalat dan dzikir

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang adab shalat dan dzikir

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

 

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN V

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Gasal

Materi Pokok                      :  Keteladanan Nabi Sulaeman as

Alokasi Waktu                    :  4 JP ( 1 Kali Pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.5

Menganalisis kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat menjelaskan, menyebutkan, membaca, menulis, dan mempresentasikan kisah keteladanan Nabi Sulaeman as dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.5

Menyajikan hasil analisis sifat-sifat keteladanan Nabi Sulaiman a.s

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman as

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman as

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang Kisah Keteladanan Nabi Sulaeiman as

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

 

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semester Genap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Genap

Materi Pokok                      :  Asmaul Husna

Alokasi Waktu                    :  12 JP ( 3 Kali Pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.1

Memahami dua belas al Asma' ul Husna (aPAziiz„ al-Bashiith, al-Ghaniyy, arRa'uuf, , al-Barr, alFattaah, al-`Adl„ al-Hayyu, al-Qayyuum, al-Lathiiif)

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat menyebutkan, menjelaskan, mempraktekkan, dan menyajikan fakta dan fenomena kehidupan dari Asmaul Husna  dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.1

Menyajikan contoh fenomena kehidupan dari nilai yang terkandung dalam (al-Aziiz„ alBashiith, al-Ghaniyy, arRa'uuf, , al-Ban-, alFattaah, al-`Adl„ al-Hayyu, al-Qayyuum, al-Lathiiif)

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan Asmaul Husna

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang Asmaul Husna

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang Asmaul Husna

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

                         

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Genap

Materi Pokok                      :  Iman Kepada Malaikat dan Makhluk Ghaib Selain Malaikat

Alokasi Waktu                    :  12 JP ( 3 Kali Pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.2

Menganalisis tugas dan sifat malaikat Allah Swt. serta makhluk gaib lainnya (jin, iblis, dan setan)

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat menjelaskan, menunjukkan, menyebutkan, menulis, melafalkan, dan mengklasifikasikan pengertian, sifat, dan tugas dari malaikat dan makhluk ghaib selain malaikat  dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.2

Menyajikan hasil analisis keterkaitan sifat malaikat dan syaitan dengan perilaku manusia

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan kepada malaikat dan makhluk ghaib selain malaikat

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang kepada malaikat dan makhluk ghaib selain malaikat

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang kepada malaikat dan makhluk ghaib selain malaikat

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

                                                                                                   

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                          

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN III

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Genap

Materi Pokok                      :  Akhlak Tercela Kepada Allah SWT ( Riya dan Nifaq )

Alokasi Waktu                    :  8 JP ( 2 Kali Pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.3

Memahami pengertian, dalil, ciri-ciri dan dampak negatif sifat riya dan nifaq

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi, menyajikan, memahami, dan mensimulasikan pengertian, ciri-ciri, dan dampak negatif perilaku riya dan nifak  dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.3

Menyajikan contoh cara menghindari perilaku riya dan nifaq

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan perilaku riya dan nifaq

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang perilaku riya dan nifaq

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang perilaku riya dan nifaq

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

                                                                                                   

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IV

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Genap

Materi Pokok                      :  Adab Membaca Al-Qur’an dan Berdo’a

Alokasi Waktu                    :  8 JP ( 2 Kali Pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.4

Menerapkan adab membaca al-Qur'an dan adab berdoa

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat menjelaskan, menunjukkan, mempraktekkan, dan mengamalkan  pengertian, dan tata cara dari adab membaca Al-Qur’an dan berdo’a  dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.4

Mempraktikan adab membaca al-Qur'an dan berdoa

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan adab membaca Al-Qur’an dan berdo’a

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang adab membaca Al-Qur’an dan berdo’a

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang adab membaca Al-Qur’an dan berdo’a

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

                                                                                                   

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN V

Satuan Pendidikan              :  MTs. N ----------------------------

Mata Pelajaran                    :  Akidah Akhlak

Kelas / Semester                  :  VII / Genap

Materi Pokok                      :  Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim as

Alokasi Waktu                    :  8 JP ( 2 Kali Pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran

KD 3.5

Menganalisis kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s

Melalui model pembelajaran quantum  teaching peserta didik diharapkan dapat menyebutkan, mendeskripsikan, meneladani, menceritakan, dan mengambil manfaat dari kisah keteladanan Nabi Ibrahim as  dengan jujur, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

 

KD 4.5

Menyajikan hasil analisis sifat keteladanan nabi Ibrahim, a.s

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Inti

Penutup

Peserta didik bersama guru melakukan do’a bersama

Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s

Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru

Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran sebelumnya

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data atau teori pada buku sumber tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s

Peserta didik memberikan apresiasi, melakukan penialaian, dan evaluasi dengan bimbingan guru

Peserta didik menyampaikan materi yang akan dipejari

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s

Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar

 

C.     Penilaian Pembelajaran

Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: penilaian sikap, penilaian spiritual, penilaian pengetahuan, dan penilaian  keterampilan.

                                                                                                   

 

                                                                                                          Kab,-----------------,            Juli 2020

                                               Mengetahui:

                                          Kepala Madrasah,                                           Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                          

 

 

 

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment