BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan pelatihan sekaligus pembelajaran yang dilaksanakan di luar sekolah. Namun program Prakerin ini masih relevan dengan kompetensi keahlian yang dimiliki siswa dan siswi SMK. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta menambah bekal demi masa depan siswa siswi di dunia kerja.
Saat memasuki dunia kerja, akan banyak persaingan ketat antar calon karyawan. Selain itu pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, semakin banyak pula peralatan canggih yang digunakan dalam berbagai bidang. Prakerin dimaksudkan memberikan pengalaman bagi siswa siswi untuk mengaplikasikan teori yang didapat di sekolah dalam praktek nyata di dunia kerja.
Dengan adanya kegiatan prakerin ini siswa siswi dapat mengasah serta mengimplementasikan materi pelajaran secara langsung ke dunia industri sesuai keahliannya masing-masing. Dalam upaya mewujudkan Visi dan Misi nya, SMK Al-Manar Pamarican melaksanakan program Prakerin demi menjadikan siswa siswi siap secara mental dan keterampilan memasuki dunia kerja.
1.2 Tujuan Prakerin
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) diselenggarakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tujuan :
1. Meningkatkan mutu dan merelevansi pendidikan-pendidikan kejuruan melalui peran Dunia Usaha atau Dunia Industri.
2. Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
3. Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dengan sikap yang menjadi bakat dasar pengembangan dirinya secara berkelanjutan.
4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5. Meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan melalui pendaya gunaan sumber daya pendidikan yang ada di dunia kerja.
1.3 Manfaat Prakerin
Adapun manfaat dari Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah :
1. Memperoleh wawasan luas mengenai seluk beluk dunia kerja.
2. Meningkatkan rasa percaya diri, dispilin, dan tanggung jawab.
3. Mengetahui arti penting disiplin, tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
4. Dapat memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah.
5. Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh disekolah dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.
BAB II
LANDASAN TEORETIS
2.1 Pengertian Perawatan Sistem Komputer
Perawatan computer adalah menjaga komponen-komponen computer baik itu berupa hardware maupun berupa software dari hal-hal yang dapat membahayakan komputer. Dengan perawatan yang maksimal, baik itu perawatan secara hardware ataupun perawatan secara software computer akan terlindungi dari hal-hal yang dapat membahayakan atau merusak computer itu sendiri.
Perawatan computer perlu di lakukan secara berkala, minimal di lakukan setiap satu minggu satu kali, tapi akan lebih baik bila di lakukan setiap selesai menggunakan. Karena setiap selesai mengoperasikan software aplikasi pasti ada file-file sampah yang tersimpan di harddisk dan akan mengakibatkan computer menjadi lambat yang akan akan mengganggu pekerjaan user.
2.2 Manfaat Dan Tujuan Perawatan Sistem Komputer
2.2.1 Manfaat perawatan computer, yaitu:
a. Komputer selalu segar dan sehat.
b. Tidak cepat rusak,.
c. User puas dalam mengoprasikannya.
d. Pekerjaan user tidak akan terganggu.
2.2.2 Tujuan perawatan computer, yaitu:
a. Supaya computer tidak cepat rusak.
b. Supaya computer selalu cepat bersih.
c. Supaya pekerjaan pengguna tidak terganggu dari hal-hal yang tidak di inginkan.
d. Menghemat biaya, karena dengan perawatan yang berkala computer akan jarang untuk di servis.
2.3 Jenis-jenis Perawatan Sistem Komputer
Pemeliharaan komputer yang efektif dapat menjadi perbedaan antara sistem yang andal dan yang bermasalah. Pemeliharaan komputer dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, tetapi semuanya dipusatkan untuk memperpanjang umur peralatan TI Anda melalui penggunaan yang hati-hati dan mengambil tindakan pencegahan yang masuk akal. Dengan memelihara komputer Anda secara efektif, Anda dapat membantu bisnis Anda mendapatkan pengembalian investasi TI yang sebaik mungkin, diantaranya:
1. Perawatan Hardware
Pemeliharaan perangkat keras adalah praktik apa pun yang dilakukan untuk menjaga agar komponen fisik komputer Anda tetap berfungsi. Membersihkan adalah salah satu bentuk perawatan perangkat keras yang paling umum. Skala kecil dan pembuatan presisi dari beberapa komponen komputer berarti bahwa paparan debu atau serpihan dapat menyebabkan masalah besar. Dengan demikian, pembersihan rutin komponen eksternal komputer Anda dapat memperpanjang umurnya secara signifikan. Mengganti komponen yang rusak atau berkinerja buruk juga dapat dianggap sebagai jenis pemeliharaan perangkat keras.`
2. Perawatan Software
Pemeliharaan perangkat lunak membantu memastikan bahwa program dan file komputer Anda dapat diakses dan berfungsi dengan benar. Pemindaian anti-virus adalah bentuk pemeliharaan perangkat lunak, karena fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa komputer Anda tidak menjalankan perangkat lunak apa pun yang seharusnya tidak. Cadangan juga termasuk dalam kategori ini, karena memungkinkan Anda untuk meminimalkan efek dari masalah perangkat lunak di masa mendatang dengan menyimpan catatan program atau file yang dapat dipulihkan di kemudian hari jika terjadi masalah.
3. Perawatan Environmental
Membuat perubahan pada lingkungan tempat komputer Anda beroperasi dapat membantu meningkatkan umurnya. Ini bisa sesederhana menerapkan kebijakan dan aturan bagi mereka yang menggunakan komputer organisasi Anda. Misalnya, Anda dapat mengurangi risiko insiden tumpahan dengan melarang orang minum di meja mereka. Mengatur suhu ruangan kantor atau server Anda dan mencegah penumpukan debu pada permukaan juga merupakan bentuk pemeliharaan lingkungan.
4. Perawatan Upgrading
Memutakhirkan komponen komputer Anda adalah jenis pemeliharaan yang sempurna. Pemeliharaan yang sempurna adalah pemeliharaan yang tidak secara fundamental mengubah cara fungsi komputer Anda, melainkan memungkinkannya menjalankan peran yang ada dengan lebih efektif. Dengan memutakhirkan komponen kunci tertentu, seperti memori onboard atau hard drive komputer Anda, Anda dapat memungkinkannya untuk melakukan tugas-tugas yang tidak akan mampu dilakukan ketika pertama kali dibangun. Hal ini pada gilirannya dapat membantu memperpanjang umur sistem dan berpotensi menghilangkan kebutuhan Anda untuk membeli komputer baru.
5. Perawatan Data
Perangkat keras dan perangkat lunak komputer bergabung untuk menyediakan platform untuk menyimpan dan mengambil informasi dengan cepat. Setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun menyimpan informasi baru, basis data menjadi membengkak dan tidak efisien. Pemeliharaan sesekali pada informasi termasuk pengarsipan dan pembersihan informasi yang usang dan mengatur kembali database yang menampung informasi tersebut. Reorganisasi basis data meningkatkan waktu pengambilan informasi, memfasilitasi produktivitas pengguna kelas atas. Sistem operasi Windows dilengkapi dengan beberapa program pemeliharaan yang meningkatkan efisiensi komputer Anda. Disk Cleanup, Disk Defragmenter, Check Disk adalah tiga utilitas perawatan yang berguna yang akan meningkatkan kinerja komputer Anda.
6. Perawatan Prediktif
Ini adalah jenis perawatan yang dilakukan dengan menggunakan alat diagnostik, untuk mengantisipasi kemungkinan kegagalan dan mencoba menghindarinya sebelum terjadi. Salah satu cara terpenting dalam pemeliharaan jenis ini dilakukan adalah melalui pemantauan sistem komputer. Dengan cara ini, satu atau beberapa operator mengontrol berfungsinya peralatan dan sistem dengan menggunakan alat-alat seperti perangkat lunak pemantauan, untuk mengontrol semua jenis variabel, seperti suhu CPU, level baterai atau banyak lainnya.
7. Perawatan Preventif
Ini adalah jenis perawatan yang sangat sering, yang dilakukan untuk mencegah kemungkinan kegagalan dan meningkatkan fungsi suatu sistem, tetapi juga untuk memperpanjang masa manfaat dari berbagai komponen sistem. Perawatan preventif bermanfaat dalam banyak aspek. Sebagai contoh, ia mengurangi jumlah downtime sistem atau dapat mengurangi jumlah perbaikan, dan juga dapat mendeteksi titik lemah dalam sistem yang mungkin mempengaruhi operasinya. Ketika kita berbicara tentang pemeliharaan preventif perangkat lunak, kita memasukkan operasi seperti pembuatan salinan cadangan, pembebasan ruang hard disk, pembebasan memori RAM atau pemindaian dan pembersihan komputer melalui antivirus.
Ketika kita berbicara tentang pemeliharaan perangkat keras preventif, kita biasanya berbicara tentang dua jenis yang berbeda, yang merupakan tugas-tugas seperti pembersihan berkala peralatan dan komponennya, atau "pemeliharaan preventif aktif", yang bertujuan untuk memastikan daya tahannya dengan melindungi sistem dari kemungkinan agresi lingkungan. , misalnya, dengan memisahkan komputer dari area dengan dampak langsung sinar matahari, ini dikenal sebagai "pemeliharaan preventif pasif".
8. Perawatan Korektif
Ini adalah solusi yang harus diterapkan ketika pemeliharaan prediktif dan preventif tidak berfungsi dengan benar atau ketika ini belum dapat menghindari kegagalan. Ada saat-saat komputer atau sistem gagal (misalnya karena kegagalan perangkat keras) tetapi kami ingin agar komputer dapat beroperasi kembali dan dalam kondisi optimal. Maka ini akan termasuk operasi perbaikan atau penggantian, tergantung pada kebutuhan setiap kasus. Salah satu pertimbangan yang harus diambil mengenai jenis perawatan ini adalah bahwa tidak hanya penting untuk menyelesaikan kegagalan, tetapi kita juga harus menentukan apa penyebabnya, untuk menemukan kemungkinan akibat yang mungkin mempengaruhi bagian lain. sistem dan untuk mencegahnya terjadi lagi di masa depan
9. Perawatan Evolusioner
Jenis pemeliharaan ini tidak dimaksudkan untuk memperbaiki atau mencegah kemungkinan kegagalan, tetapi untuk mengembangkan sumber daya komputasi yang tersedia. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, pembaca yang budiman, teknologi selalu berkembang, dan itu berarti bahwa alat yang tersedia dan kebutuhan pengguna juga berubah secara konstan. Dengan pemeliharaan evolusioner, kami ingin memastikan bahwa sistem komputer tidak menjadi usang, tetapi tetap diperbarui untuk menawarkan pengguna pilihan teknologi terbaik, tergantung pada kemungkinan masing-masing perusahaan dan organisasi.
Jenis pemeliharaan ini akan mencakup segalanya mulai dari tugas pembaruan perangkat lunak hingga penggantian peralatan atau sistem yang lengkap, tergantung pada kebutuhan. Dan sejauh ini, kami telah melihat jenis utama pemeliharaan TI di luar sana. Seperti yang dapat Anda bayangkan, karena kerumitan jenis operasi ini, pekerjaan ini biasanya ada di tangan para profesional, seperti administrator sistem atau perusahaan khusus, yang menawarkan layanan pemeliharaan kepada perusahaan, profesional, atau individu.(Indri)
2.4 Langkah Kerja Perawatan Sistem Komputer
Perawatan komputer adalah suatu bentuk kegiatan yang ditujukan untuk menangani masalah-masalah yang terdapat pada komputer. Secara garis besar kegiatan perawatan komputer dibagi atas dua bagian yaitu Perawatan software dan Perawatan hardware.
Maintenance software yang umum dikerjakan adalah update software seperti antivirus, program dan aplikasi, Sistem Operasi, dan file-file lainnya. Sedangkan maintenance hardware meliputi perawatan teknis terhadap semua bagian perangkat keras dari komputer, mulai dari pembersihan bagian bagian CPU, monitor, perangkat input, perangkat cetak dan perangkat jaringannya.
Perawatan secara teratur akan mengurangi beberapa permasalahan seperti crash system, kehilangan data bahkan sampai kerusakan komponen sehingga sistem komputer kita bisa berumur lebih panjang. Kegiatan perawatan komputer ditujukan untuk menjaga kesinambungan operasional dan kinerja dari unit komputer yang digunakan.
Kegiatan perawatan komputer dilaksanakan secara berkala, atau waktunya ditentukan sesuai kebijakan masing masing pihak yang menanganinya. Alasan dilaksanakan perawatan komputer adalah karena komputer rentan terhadap masalah (virus, kotornya hardware, dll) sehingga perlu memastikan komponen-komponen hardware berjalan dengan baik.
2.4.1 Peralatan Perawatan Komputer
Untungnya, dengan sedikit upaya dan tool yang tepat, pemeliharaan dan perbaikan PC menjadi mudah untuk kebanyakan orang. Inilah tool/peralatan standar yang biasa digunakan dalam perawatan computer, sebagai berikut:
Gamar 2.4.1 gambar perawatan computer
1. Obeng: Kita membutuhkan dua obeng kecil: satu dengan kepala pipih standar, dan yang satu lagi dengan kepala kembang. Biasanya kurang dari enam inci panjangnya dan pastikan semuanya tidak bermagnet.
2. Kuas
3. Senter: Bahkan di ruangan yang terang-benderang, bisa saja sulit melihat kabel-kabel kecil dan konektor di bagian dalam casing komputer.
4. Wadah komponen: Wadah kecil yang berpenutup penting untuk menyimpan sekrup dan jumper. Cangkir plastik atau botol obat lama juga bisa dipakai.
5. Tang berujung runcing: Tang kecil berujung runcing berguna untuk menjangkau bagian-bagian dan menekuk kawat dan potongan logam.
6. Vacum cleaner kecil/sedang bila ada untuk membersihkan bedu dalam casing computer.bila tidak ada cukup mengunakan kuas yang agak besar dan pembersihan dilakukan di luar ruangan yang berventilasi baik.
7. Anti static trap/wistrap
8. Thermal grease/pasta prosesor.
9. Semprotan udara bila ada.
2.4.2 Melakukan Perawatan PC
Ada dua tipe perawatan yang bisa kita lakukan, yaitu perawatan pasif dan paerawatan aktif. Kita namakan pasif, karena perawatan ini lebih mengarah kepada faktor lingkungan dan benda-benda non komputer yang membantu kinerja PC Anda. Sedangkan perawatan aktif adalah perawatan yang kita lakukan dalam tubuh PC itu sendiri meliputi software dan hardware.
1. Metode Perawatan Pasif
Perawatan pasif meliputi proteksi sistem terhadap lingkungan yang normal, baik secara fisik dan elektrikal. Hal fisik meliputi temperatur yang baik, thermal stress dari power, kontaminasi debu atau asap dan gangguan lain seperti getaran atau guncangan. Hal elektrikal meliputi ESD (electro-static discharge)/listrik statis, kebisingan power dan gangguan frekwensi radio. Tahap-tahap melakukan perawatan pasif :
a. Memilih lokasi untuk komputer yang bebas dari polusi udara seperti asap, debu, kotoran dan polusi yang lain.
b. Memperkecil kemungkinan terjadinya variasi suhu di dalam ruangan. Misalnya, dengan memberi AC atau tidak menempatkan komputer dekat jendela agar komputer tidak terkena sinar matahari secara langsung ataupun percikan air hujan.
c. Menyediakan outlet ground dari power yang sudah stabil dan bebas dari gangguan elektris dan interferensi. Hal ini berfungsi menghindari listrik statis.dan resiko tersengat listrik dari casing computer.
d. Bila memungkinkan, jauhkan komputer Anda dari pemancar atau sumber-sumber frekwensi radio.
2. Metode perawatan aktif
Intensitas melakukan perawatan aktif untuk lingkungan kantor normal, pembersihan komputer dapat dilakukan beberapa bulan sekali dalam setahun. Namun jika kita membuka komputer setelah satu tahun ternyata di dalamnya telah penuh debu, ada baiknya kita memperpendek interval pembersihan.
A. Tahap-tahap melakukan perawatan aktif :
1) Untuk hardware, non Operating System
a. Membersihkan debu di luar dan dalam CPU serta monitor dengan vacuum cleaner/kuas
b. Membersihkan konektor dan kontak pada konektor slot, konektor power supply, konektor keyboard, konektor mouse dan konektor speaker.
c. Sebaiknya untuk perawatan hardware dilakukan di tempat terbuka/berfentilasi baik.
2) Mouse
Untuk perawatan device ini diperlukan perlakuan khusus tergantung dari type yang digunakan (Optical Mouse/Ball Mouse). Untuk Optical Mouse, perawatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Pastikan tempat Mouse (Mouse Pad) menggunakan warna yang sama atau tidak berwarna-warni misalnya hanya menggunakan warna Biru saja. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah mouse mouse tidak dapat dikendalikan.
b. Mouse sebaiknya diletakan pada tempat yang rata dan tidak terdapat benjolan dsb, ini dimaksudkan agar pointer mouse tidak mergerak secara acak.
c. Sedangkan untuk mouse jenis Ball Mouse, perawatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut : Bersihkan bola pada bagian dalam Mouse dengan menggunakan sikat untuk menghilangkan debu ayng terdapat pada bola yang dapat menyebabkan pointer sulit digerakkan. Letakan Mouse pada tempat yang baik agar bola mudah bergerak pada bagian dalam Mouse.
3) Keyboard.
Perawatan Keyboard sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut :
a. Lakukan pembersihan terhadap debu yang mungkin terselip dan menjadi tebal pada bagian bawah tombol Keyboard yang dapat menyebabkan tombol keyboard macet dan sulit untuk ditekan. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih dan kain atau kuas untuk menghilangkan debu yang ada didalamnya.
b. Jika Keyboard sedang tidak digunakan ada baiknya menutup Keyboard dengan kain untuk mencegah masuknya debu atau serangga yang dapat menimbulkan kerusakan pada Keyboard.
4) WebCam
Untuk perawatan device ini dapat dilakukan tips berikut :
a. Lakukan pembersihan terhadap lensa jika pada saat digunakan gambar yang tertampil terlihat agak buram atau rusak. Bersihkan dengan menggunakan kain dan cairan pembersih.
b. Pastikan pada saat penggunaan kamera, kamera tidak berhadapan langsung dengan cahaya yang cukup kuat seperti cahaya matahari hal ini agar lensa kamera tidak cepat rusak dan hasil yang diperoleh akan lebih baik.
5) Scanner
Perawatan Scaner yang umumnya dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Bersihkan bagian permukaan kaca Scaner dengan lap dan cairan pembersih agar dokumen yang dicetak menghasilkan hasil yang baik.
b. Letakan Scaner pada tempat yang sejuk dan kering serta terhindar dari debu, kotoran dan serangga.
B. Perawatan Output Device
1) Monitor
Perawatan monitor dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Bersihkan layar dengan lap dan cairan pembersih khusus agar layar monitor tetap terjaga kebersihannya (LCD).
2. Tutup monitor apabila sedang tidak digunakan dan jauhkan monitor dari perangkat yang mengandung induksi magnetik sepeti HP dan speaker (CRT).
2. Printer
Perawatan Printer dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Tutup Printer dengan kain jika tidak digunakan.
2. Bersihkan dan cegah agar debu atau remah-remah makanan tidak masuk ke dalam Printer. Dan reset printer jika sudah lama digunakan.
3. Speaker
Untuk mghasilkan keluaran suara yang baik, maka speaker perlu perawatan, dan perawatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Jauhkan Speaker dari perangkat yang memiliki gelombang radio seperti HP yang dapat menimbulkan interferensi dan akan menghasilkan suara yang buruk.
2. Jauhkan Speaker dari pernagkat seperti monitor karena selain merusak monitor jaga akan mempengaruhi speaker.
C. Untuk perawatan Operating System :
Yang sifatnya rutin dan wajib dilakukan adalah:
1. Melakukan Back up data dan file-file penting pada waktu yang terjadwal. membuat cadangan data wajib dilakukan pada Komputer maupun notebook.karena nilai data penting lebih mahal dari hardware computer itu sendiri.
2. Melakukan defragmentasi file.pada windows 7 telah berjalan secara otomatis kita tinggal menyesuaikan saja waktunya.
3. Melakukan clean up dengan menghapus semua file temporer, seperti: *.tmp, *.chk, ~*.*, file-file dari recycle bin, web browser history dan temporary internet files.
4. Melakukan scandisk
5. Melakukan checking dan updating anti virus rekomendasi antivirus avira free.karena bersifat gratis dan ringan dalam proses scanning serta update. Update anti-virus harus rutin di-update, agar dapat selalu menangkal virus-virus baru yang terus bermunculan setiap hari. Kunjungi secara rutin situs pembuat antivirus yang digunakan.
D. Perawatan tahunan Komputer dan Jaringan mencakup
1. System Back-up (membuat salinan/copy untuk data-data penting perusahaan yang ada pada komputer, dan back-up copy diserahkan ke pelanggan untuk disimpan ditempat yang aman).
2. System Optimization (defragmentasi data, membuang sampah-sampah yang ada pada komputer, memperbaiki kesalahan setting)
3. System Rebuild (membangun dan menata ulang kembali sistem yang rusak oleh faktor yang tidak disengaja, supaya sistem dapat bekerja kembali seperti semula)
4. System Upgrade (menambah fungsi, memperbaharui sistem yang ada sesuai dengan permintaan pelanggan, testing stabilitas untuk hardware dan software sebelum pemasangan)
5. Training (pelatihan, pengarahan dan konsultasi untuk pemakai supaya dapat mengoperasikan komputer dengan baik dan benar)
6. Pembersihan Virus (melacak dan membersihkan virus dari komputer dan jaringan)
7. System Security (pemasangan dan perubahan password, untuk pengamanan sistem dan data penting perusahaan dari orang luar yang tidak berkepentingan).
8. Penyelesaian Darurat (meyediakan personil untuk segera bertindak dalam waktu singkat, supaya sistem dapat bekerja kembali seperti semula)
9. Personil stand-by di lapangan (Bila sistem yang berjalan belum stabil, menempatkan personil sebagai support teknis dan pemantauan kerja sitem yang ada sampai semua masalah terselesaikan
10. Konsultasi (menyediakan konsultasi, analisa dan saran secara professional untuk segala hal yang berhubungan dengan komputer)
11. Perawatan Hardware Komputer (merawat hardware komputer, membersihkan komputer, mengurangi kerusakan pada hardware)
12. Mengganti barang-barang komsumtif (mengganti tinta printer, mouse, floppy disk yang rusak, dll)
BAB III
GAMBARAN UMUN DUNIA USAHA ATAU DUNIA INDUSTRI (DU/DI)
3.1 Sejarah Berdirinya Sanen Computer Banjarsari
Berdiri pada Tahun 2000, Sanen Computer merupakan toko komputer
yang melayani service komputer atau laptop di segala kondisi, penjualan
sparepart laptop, juga melayani pegadaian laptop. Sanen Computer menyediakan hampir semua sparepart laptop mulai dari Chasing, Motherboard, LCD, LED laptop, HDD, RAM, Processor, Fan, Speacker, Keyboard, Charger, maupun pada komponen-komponen pada Motherboard sparepart ini diperoleh dari pembelian laptop second.
3.2 Visi dan Misi Sanen Computer
3.2.1 Visi
Menjadikan yang terdepan dalam bidang pengadaan komputer dan suku cadangannya dengan memberikan nilai kepuasaan terbaik bagi pelanggan, melalui harga yang wajar produk dan pelayanan yang berkualitas.
3.2.2 Misi
1. Mendukung terciptanya peluang bisnis sarana teknologi informasi komunikasi khususnya komputer dan suku cadangnya.
2. Mempermudah pelanggan untuk mendapatkan peralatan komputer dan suku cadangnya.
3. Memberikan informasi.
4. Membantu pelanggan dalam mengatasi kerusakan peralatan teknologi informasi dengan menyediakan jasa perbaikan.
2.3 Struktur Organisasi Sanen Computer
BAB IV
URAIAN KEGIATAN
4.1 Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2022 sampai 31 Mei 2023. Penyusun melaksanakan prakerin di Sanen Computer Banjarsari. Dalam melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) banyak kegiatan yang penyusun lakukan ditempat tersebut. Rata rata kegiatan yang di lakukan oleh penyusun adalah diantaranya seperti instal ulang Windows baik Windows 7, 8, 8.1 ataupun Windows 10 selain menginstal Windows kegiatan yang di lakukan penyusun di tempat tersebut adalah menginstal Software basic, Update Driver, Unboxing paket, penyusun barang, memasang label harga pada produk yang di jual, dan service computer-PC, laptop ataupun printer.
Penyusun berangkat dalam kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di sanen computer Banjarsari, sekitar pukul 07.30 dan pulang sekitar pukul 15.30
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
5.1 Simpulan
1. Menginstal aplikasi dilaptop atau komputer dilakukan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, dan berinteraksi dengan aplikasi yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman).
2. Aplikasi adalah suatu perangkat yang memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
3. Menginstal aplikasi browser seperti Google Chrome atau Mozilla FireFox.
5.2 Saran
Berdasarkan hasil saat melakukan kegiatan PKL, kami sedikit memberikan saran agar para peserta mempersiapkan diri lebih lanjut. Hal ini dapat dilakukan dengan menguasai pelajaran yang diterapkan dalam industri. Dengan begitu, praktek kerja lapangan dalam sebuah perusahaan nanti akan lebih mudah dan semoga peserta tahun selanjutnya bisa lebih baik lagi dan lebih bertanggung jawab terhadap apa yang kami perintahkan selama melaksanakan kegiatan PKL
Untuk SMK Al-manar diharapkan agar pelaksanaan praktek kerja Industri(PRAKERIN) dilaksanakan pada waktu yang lebih lama agar siswa-siswi lebih dapat memahami perannya di tempat instansi sesuai kejurusannya masing-masing.
DAFTAR PUSTAKA
Scribd.com. Pengertian Menginstal Aplikasi https://www.scribd.com/document/446705405/PENGERTIAN-INSTAL-DAN-SISTEM-OPERASI-serta-fungsinya. Diakses 29 Mei 2022.
m.liputan6.com. fungsi aplikasi https://m.liputan6.com/hot/read/4592895/aplikasi-adalah-program-perangkat-lunak-ketahui-fungsi-dan-jenisnya. Diakses 16 Mei 2022.
Mikirbae.com
https://www.mikirbae.com/2016/09/perawatan-komputer.html
Lancangkuning.com
https://lancangkuning.com/post/10508/berbagai-jenis-perawatan-sistem-komputer.html
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1
IDENTITAS SISWA
Nama Siswa : Hendrik Apriandi
Tempat Tanggal Lahir : Ciamis,14 April 2005
Jenis Kelamin : Laki Laki
No Induk Siswa (NIS) : 212212620
Asal Sekolah : SMK AL-MANAR
Alamat : Dusun.Sidaharja Rt.12 Rw.03 Desa
Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten
Ciamis
Lampiran 2
IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMK AL-MANAR PAMARICAN
Terakreditasi : B
Alamat : Jalan Raya Banjar – Banjarsari KM 15, Desa
Kertahayu, Kecamatan Pamarican,
Kabupaten Ciamis, Telepon (0265) 655005
Kode Pos 46383
E-mail : smkalmanar@gmail.com
Program Keahlian : 1. Teknik Komputer dan Jaringan
2. Agribisnis Perikanan
3. Akuntansi
Lampiran 3
IDENTITAS DU/DI
Nama Instansi : SANEN KOMPUTER BANJARSARI
Alamat : JL Cikohkol KM.1 Pangandaran, Banjarsari,
Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46382
Telepon : (0265) 652245
Lampiran 4
Foto Kegiatan Prakerin di SANEN Computer
Gambar 4.1. Foto Tempat Prakerin di Sanen Computer
0 comments:
Post a Comment