Just another free Blogger theme

Thursday, May 12, 2022

 

                                           

BAB  I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Pengembangan diri adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran wajib yang merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah/madrasah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan Bimbingan dan Konseling (BK) serta kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan-kegiatan yang tercakup dalam pengembangan diri, diantaranya pemecahan masalah pribadi dan kehidupan sosial, penanganan masalah belajar, pengembangan karir, dan kegiatan-kegiatan yang tercakup dalam ekstrakurikuler. Pengembangan diri pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terutama ditujukan untuk bimbingan karir dan pengembangan kreativitas peserta didik.

Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kepribadian peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan.

Secara khusus, pengembangan diri dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan bakat, minat, kreativitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan memecahkan masalah, kemandirian dan kemampuan-kemampuan lain yang mendukung pembentukan watak dan kepribadian peserta didik.

Salah satu bidang garapan pengembangan diri adalah Bimbingan Karir dan Konseling (BK), yaitu suatu pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal, dalam mengembangkan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kemampuan belajar, terkait dengan pengembangan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku.

Bimbingan Karir dan Konseling bagi peserta didik meliputi kemampuan menentukan pilihan jenis karir, menerapkan nilai-nilai hubungan industrial dalam lingkup dunia kerja atau ketenagakerjaan, dan layanan belajar baik pribadi maupun kelompok.

 

B.    Landasan Filosofis

1.  Manusia sebagai makhluk sosial yang educable perlu mendapatkan pendidikan untuk menjadikan manusia dewasa dan mandiri. Manusia juga makhluk unik yang berbeda antara satu dan lainnya dalam berbagai hal.

2.  Pengembangan diri dalam struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan merupakan fokus yang berkesinambungan dari sasaran program bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler.

3.  Bimbingan dan konseling adalah profesi yang menekuni masalah sikap, kepribadian, serta keunikan manusia berupaya menelusuri dan membantu mewujudkannya menuju kedewasaan dan kemandirian sesuai bakat, minat serta keunikan tersebut.

4.  Kegiatan ekstrakurikuler adalah program yang dipilih peserta didik berdasarkan bakat, minat, serta keunikannya meraih prestasi yang bermakna bagi diri dan masa depannya.

 

C.    Landasan Hukum

1.    UU RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2.    PP RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

3.    Permen Diknas RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

4.    Permen Diknas RI Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas No. 22 Tahun 2006 dan No. 23 Tahun 2006, serta Permendiknas Nomor 6 Tahun 2007 tentang Perbaikan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006.

5.    Permen Diknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.

6.    Dasar Standardisasi Profesi Konseling oleh Ditjen Dikti Tahun 2004 tentang arah Profesi Konseling di Sekolah dan Luar Sekolah.

7.    Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengembangan Diri pada SMK yang dikeluarkan Direktorat Jenderal PSMK Tahun 2008.

8.    Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2015/2016.

 

D.    Visi dan Misi

Perlu dikemukakan disini visi dan misi SMK AL-MANAR Pamarican sebagai berikut :

a.  Visi

“Membentuk Insan berakhlaq mulia, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi

  (Insan Ulul Albab)”

 

b.  Misi

1.    Meningkatkan pengetahuan dan pengamalan ajaran Islam Ahlussunah Waljamaah;

2.    Mengembangkan pemahaman dan pengamalan ajaran salafi;

3.    Meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan dan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan;

4.    Meningkatkan dan mengembangkan  pemahaman pengajaran dan pengamalan ajaran Islam yang moderat (tawassuth), toleran (tasamuh), ditengah-tengah kehidupan masyarakat;

5.    Meningkatkan hubungan kerja sama dengan stake holder pendidikan terutama dengan lingkungan masyarakat pendidikan.

 

Layanan Bimbingan Karir dan Konseling di sekolah   merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir. Pelayanan konseling  memfasilitasi pengembangan peserta didik, secara individual, kelompok dan atau klasikal, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, perkembangan, kondisi, serta peluang-peluang yang dimiliki.

 

Maka layanan Bimbingan Karir dan Konseling memiliki visi dan misi sebagai berikut :

-      Visi :

Visi pelayanan Bimbingan Karir dan Konseling adalah terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar peserta didik berkembang secara optimal, mandiri dan bahagia.

 

-      Misi :

a.    Misi pendidikan, yaitu memfasilitasi pengembangan peserta didik melalui pembentukan perilaku afektif-normatif dalam kehidupan keseharian dan masa depan.

b.    Misi pengembangan, yaitu memfasilitasi pengembangan potensi dan kompetensi peserta didik di dalam lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

c.    Misi pengentasan masalah, yaitu memfasilitasi pengentasan masalah peserta didik mengacu pada kehidupan efektif sehari-hari.

 

E.    Tujuan Bimbingan Karir dan Konseling

Tujuan Bimbingan Karir dan Konseling adalah :

1.  Memiliki pemahaman diri (kemampuan, minat dan kepribadian) yang terkait dengan pekerjaan.

2.    Memiliki pengetahuan mengenai dunia kerja dan informasi karir yang menunjang kematangan kompetensi kerja.

3.    Memiliki sikap positif terhadap dunia kerja. Dalam arti mau bekerja dalam bidang pekerjaan apapun, tanpa merasa rendah diri, asal bermakna bagi dirinya, dan sesuai dengan norma agama.

4.    Memahami relevansi kompetensi belajar (kemampuan menguasai pelajaran) dengan persyaratan keahlian atau keterampilan bidang pekerjaan yang menjadi cita-cita karirnya masa depan.

5.    Memiliki kemampuan untuk membentuk identitas karir, dengan cara mengenali ciri-ciri pekerjaan, kemampuan (persyaratan) yang dituntut, lingkungan sosiopsikologis pekerjaan, prospek kerja, dan kesejahteraan kerja.

6.    Memiliki kemampuan merencanakan masa depan, yaitu merancang kehidupan secara rasional untuk memperoleh peran-peran yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan kondisi kehidupan sosial ekonomi.

7.    Mengenal keterampilan, minat dan bakat. Keberhasilan atau kenyamanan dalam suatu karir amat dipengaruhi oleh minat dan bakat yang dimiliki. Oleh karena itu, maka setiap orang perlu memahami kemampuan dan minatnya, dalam bidang pekerjaan apa dia mampu, dan apakah dia berminat terhadap pekerjaan tersebut.

8.    Memiliki kemampuan atau kematangan untuk mengambil keputusan karir.

9.    Memiliki kemampuan untuk menciptakan suasana hubungan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat.

 

F.     Fungsi Bimbingan Karir dan Konseling

Fungsi Bimbingan Karir dan Konseling adalah :

1.    Fungsi Pemahaman :

Yaitu membantu konseli agar memiliki pemahaman terhadap dirinya (potensinya) dan lingkungannya (pendidikan, pekerjaan, dan norma agama).

2.    Fungsi Pencegahan/Preventif :

Yaitu berkaitan dengan upaya konselor untuk senantiasa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan berupaya untuk mencegahnya, supaya tidak dialami oleh konseli.

3.    Fungsi Penyaluran :

Yaitu membantu konseli memilih kegiatan ekstrakurikuler, jurusan atau program studi, dan memantapkan penguasaan karir atau jabatan yang sesuai dengan minat, bakat, keahlian dan ciri-ciri kepribadian lainnya.

4.    Fungsi Perbaikan :

Yaitu untuk membantu konseli sehingga dapat memperbaiki kekeliruan dalam berpikir, berperasaan dan bertindak (berkehendak). Konselor melakukan intervensi (memberikan perlakuan) terhadap konseli supaya memiliki pola berpikir yang sehat, rasional dan memiliki perasaan yang tepat sehingga dapat mengantarkan mereka kepada tindakan atau kehendak yang produktif dan normatif.

5.    Fungsi Penyembuhan :

Yaitu fungsi yang bersifat kuratif. Fungsi ini berkaitan erat dengan upaya pemberian bantuan kepada konseli yang telah mengalami masalah, baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar, maupun karir.

6.    Fungsi Adaptasi :

Yaitu membantu para pelaksana pendidikan, Kepala Sekolah dan staf, konselor dan guru untuk menyesuaikan program pendidikan terhadap latar belakang pendidikan, minat, kemampuan, dan kebutuhan konseli.

7.    Fungsi Penyesuaian :

Yaitu membantu konseli agar dapat menyesuaikan diri dengan diri dan lingkungannya secara dinamis dan konstruktif.

8.    Fungsi Pengembangan :

Yaitu fungsi BK yang sifatnya lebih proaktif dari fungsi-fungsi lainnya, konselor senantiasa berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang memfasilitasi perkembangan konseli.

 

G.    Program Bimbingan Karir dan Konseling

Program Bimbingan Karir dan Konseling mencakup informasi tentang dunia kerja, hubungan industrial dan layanan perkembangan belajar, dengan substansi sebagai berikut:

1.    Informasi dunia kerja meliputi antara lain lapangan kerja, jenis dan persyaratan jabatan, prospek dunia kerja, budaya kerja.

2.    Hubungan industrial meliputi hubungan kerja, sarana hubungan industrial dan masalah khusus ketenagakerjaan.

3.    Layanan perkembangan belajar meliputi antara lain kesulitan belajar, minat dan bakat, masalah sosial, masalah pribadi.

 

 

BAB  II

PROGRAM KEGIATAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSELING

 

A.    Bidang Pengembangan

Bidang pengembangan  Bimbingan Karir dan Konseling (BK) yang dilaksanakan di SMK AL-MANAR Pamarican adalah :

1.    Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai bakat dan minat.

2.    Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial dan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat

3.    Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan belajar secara mandiri.

4.    Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.

 

B.    Jenis Layanan

Adapun jenis layanan yang dilaksanakan adalah :

1.    Layanan Orientasi (Layanan Dasar), yaitu layanan yang membantu peserta didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah/madrasah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran peserta didik di lingkungan yang baru.

2.    Layanan Informasi (Layanan Dasar), yaitu layanan yang membantu peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan.

3.    Layanan Penempatan dan Penyaluran (Layanan Dasar), yaitu layanan yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler.

4.    Layanan Penguasaan Konten (Bimbingan Klasikal/Layanan Dasar), yaitu layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu, terutama kompetensi dan atau kebiasaan yang berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga, industri dan masyarakat.

5.    Layanan Bimbingan Kelompok (Layanan Dasar), yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan hubungan sosial, kegiatan belajar, karir/jabatan, dan pengambilan keputusan, serta melakukan kegiatan tertentu melalui dinamika kelompok.

6.    Layanan Konseling Perorangan (Layanan Responsif), yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam mengentaskan masalah pribadinya.

7.    Layanan Konseling Kelompok (Layanan Responsif), yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pembahasan dan pengentasan masalah pribadi melalui dinamika kelompok.

8.    Layanan Konsultasi (Layanan Responsif), yaitu layanan yang membantu peserta didik dan atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau masalah peserta didik.

9.    Layanan Mediasi (Layanan Responsif), yaitu layanan yang membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antarmereka.

 

 

C.    Kegiatan Pendukung

Dalam melaksanakan kegiatan pengembangan dan layanan bidang Bimbingan Karir dan Konseling, dilakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung terhadap ketercapaian bidang garapan tersebut, yaitu sebagai berikut :

1.    Aplikasi Instrumentasi (Layanan Dasar), yaitu kegiatan mengumpulkan data tentang diri peserta didik dan lingkungannya, melalui aplikasi berbagai instrumen, baik tes maupun non-tes.

2.    Himpunan Data (Layanan Dasar), yaitu kegiatan menghimpun data yang relevan dengan pengembangan peserta didik, yang diselenggarakan secara berkelanjutan, sistematis, komprehensif, terpadu, dan bersifat rahasia.

3.    Konferensi Kasus (Layanan Responsif), yaitu kegiatan membahas permasalahan peserta didik dalam pertemuan khusus yang dihadiri oleh pihak-pihak yang dapat memberikan data, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya masalah peserta didik, yang bersifat terbatas dan tertutup.

4.    Kunjungan Rumah (Layanan Responsif), yaitu kegiatan memperoleh data, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya masalah peserta didik melalui pertemuan dengan orang tua dan atau keluarganya.

5.    Tampilan Kepustakaan (Dukungan Sistem), yaitu kegiatan menyediakan berbagai bahan pustaka yang dapat digunakan peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan sosial, kegiatan belajar, dan karir/jabatan.

6.    Alih Tangan Kasus (Layanan Responsif), yaitu kegiatan untuk memindahkan penanganan masalah peserta didik ke pihak lain sesuai keahlian dan kewenangannya.

 

D.    Penilaian Bimbingan Karir dan Konseling

1.    Penilaian hasil kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling dilakukan melalui :

1.    Penilaian Segera (LAISEG) :

yaitu penilaian pada akhir setiap jenis layanan dan kegiatan pendukung karir untuk mengetahui perolehan peserta didik yang dilayani.

2.    Penilaian Jangka Pendek (LAIJAPEN) :

yaitu penilaian dalam waktu tertentu (satu minggu sampai dengan satu bulan) setelah satu jenis layanan dan atau kegiatan pendukung karir diselenggarakan untuk mengetahui dampak layanan/kegiatan terhadap peserta didik.

 

3.    Penilaian Jangka Panjang (LAIJAPANG) :

yaitu penilaian dalam waktu tertentu (satu bulan sampai dengan satu semester) setelah satu atau beberapa layanan dan kegiatan pendukung karir diselenggarakan untuk mengetahui lebih jauh dampak layanan dan atau kegiatan pendukung karir terhadap peserta didik.

2.    Penilaian proses kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling dilakukan melalui analisis terhadap keterlibatan unsur-unsur sebagaimana tercantum di dalam SATLAN dan SATKUNG, untuk mengetahui efektivitas dan efesiensi pelaksanaan kegiatan.

3.    Hasil penilaian kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling dicantumkan dalam LAPELPROG.

4.    Hasil kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling secara keseluruhan dalam satu semester untuk setiap peserta didik dilaporkan secara kualitatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  III

PENGORGANISASIAN

 

A.    Kewajiban dan Tugas Personal Sekolah Yang Berkaitan dengan Kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling

Personal pelaksana layanan Bimbingan Karir dan Konseling adalah segenap unsur yang terkait di dalam organigram pelaksanaan bimbingan dengan koordinator dan guru pembimbing sebagai pelaksana utamanya. Uraian tugas masing-masing personal tersebut, adalah :

 

1.    Kepala Sekolah

Sebagai penanggung jawab kegiatan pendidikan di sekolah, tugas Kepala Sekolah adalah :

a.    Mengkoordinasikan seluruh kegiatan pendidikan yang meliputi kegiatan pengajaran, pelatihan dan bimbingan di sekoleh.

b.   Menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling.

c.    Memberikan kemudahan bagi terlaksananya program Bimbingan Karir dan Konseling.

d.   Melakukan supervise terhadap pelaksanaan Bimbingan Karir dan Konseling di sekolah.

e.    Atas kesepakatan dengan Guru Pembimbing menetapkan koordinator Guru Pembimbing yang bertanggung jawab atas koordinasi pelaksanaan Bimbingan Karir dan Konseling di sekolah.

f.     Membuat surat tugas Guru Pembimbing dalam proses Bimbingan Karir dan Konseling di sekolah.

g.   Menyiapkan surat pernyataan melakukan kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling sebagai bahan usulan angka kredit bagi Guru Pembimbing. Surat pernyataan ini dilampiri bukti fisik pelaksanaan tugas (rencana dan persiapan pelaksanaan, evaluasi, analisis dan tindak lanjut).

h.   Mengadakan kerjasama dengan instansi lain yang berkaitan dalam pelaksanaan kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling.

i.     Melaksanakan Bimbingan Karir dan Konseling terhadap minimal 40 siswa, bagi Kepala Sekolah yang berlatar belakang pendidikan Bimbingan Karir dan Konseling.

 

2.    Wakil Kepala Sekolah

Dalam kaitannya dengan tugas Bimbingan Karir dan Konseling, Wakil Kepala Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam hal :

                       1)    Mengoordinasikan pelaksanaan layanan Bimbingan Karir dan Konseling kepada semua personil sekolah.

                       2)    Pelaksana kebijakan pimpinan sekolah terutama dalam pelaksanaan layanan Bimbingan Karir dan Konseling.

                       3)    Melaksanakan Bimbingan Karir dan Konseling terhadap minimal 75 orang siswa bagi Wakil Kepala Sekolah yang berlatar belakang pendidikan Bimbingan Karir dan Konseling.

 

3.    Koordinator Bimbingan Karir dan Konseling

a.  Mengoordinasikan Guru Pembimbing dalam :

1.    Memasyarakatkan pelayanan Bimbingan Karir dan Konseling

2.    Menyusun Program.

3.    Melaksanakan Program.

4.    Mengadministrasikan kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling.

5.    Menilai Program Bimbingan Karir dan Konseling.

6.    Mengadakan tindak lanjut.

d.    Mengusulkan kepada Kepala Sekolah dan mengusahakan terpenuhinya tenaga, sarana dan prasarana Bimbingan Karir dan Konseling.

e.    Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling kepada Kepala Sekolah.

 

 

4.    Guru Pembimbing/Konselor

                          1)    Memasyarakatkan kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling.

                          2)    Menyusun Program Bimbingan Karir dan Konseling.

                          3)    Melaksanakan persiapan kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling.

                          4)    Melaksanakan layanan Bimbingan Karir dan Konseling terhadap sejumlah siswa yang menjadi tanggung jawabnya minimal 150 siswa.

                          5)    Melaksanakan kegiatan penunjang Bimbingan.

                          6)    Menilai proses dan hasil kegiatan layanan bimbingan.

                          7)    Menganalisis hasil penilaian.

                          8)    Melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis penilaian.

                          9)    Mengadministrasikan kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling.

                       10)    Mempertanggungjawabkan tugas dan kegiatan kepada koordinator Bimbingan Karir dan Konseling.

 

5.    Staf Administrasi

a.    Membantu Guru Pembimbing dan koordinator dalam mengadministrasikan seluruh kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling di sekolah.

b.    Membantu mempersiapkan seluruh kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling.

c.    Membantu menyiapkan sarana yang diperlukan dalam layanan Bimbingan Karir dan Konseling.

 

6.    Guru Mata Pelajaran

a.    Membantu memasyarakatkan  layanan bimbingan kepada siswa.

b.    Bekerjasama  dengan Guru Pembimbing mengidentifikasikan siswa yang memerlukan bimbingan.

c.    Mengalihtangankan siswa yang memerlukan bimbingan kepada Guru Pembimbing.

d.    Mengadakan upaya tindak lanjut layanan bimbingan (program perbaikan dan program pengayaan).

e.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh layanan bimbingan dari Guru Pembimbing.

f.     Ikut serta dalam program layanan bimbingan (misalnya dalam konferensi kasus).

g.    Membantu mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian layanan bimbingan.

 

7.    Wali Kelas

a.    Membantu guru pembimbing melaksanakan layanan yang menjadi tanggung jawabnya.

b.    Membantu memberikan kesempatan dan kemudahan bagi siswa, khususnya di kelas di kelas yang menjadi tanggung jawabnya, untuk mengikuti layanan bimbingan.

c.    Memberikan informasi tentang siswa di kelasnya untuk memperoleh layanan bimbingan dari Guru Pembimbing.

d.    Ikut serta dalam konferensi kasus.

e.    Menginformasikan kepada guru mata pelajaran tentang siswa yang perlu diperhatikan secara khusus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    Organigram

 

 

Flowchart: Alternate Process: KEPALA SEKOLAH

WAKIL KEPALA SEKOLAH
Flowchart: Alternate Process: DISDIK KABUPATEN
PGRI;  ABKIN
TENAGA AHLI
Flowchart: Alternate Process: KOMITE SEKOLAH ORANG TUA SISWA
 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB  IV

PEMBIAYAAN

 

 

A.   Sumber Dana

Dari Komite Sekolah                        =       Rp      6.000.000,-

                                                     __________________________________

                                  Jumlah                           =       Rp     6.000.000,-

 

 

 

B.    Pengeluaran

1.    Administrasi/ATK                        =       Rp     300.000,-

2.    Buku Catatan Pribadi

     107 x Rp 10.000,-                      =       Rp  1.07.000,-

3.    Kegiatan MGBK

3 x Rp 200.000,-                        =       Rp     600.000,-

4.    Pembuatan program dan

blangko layanan                         =       Rp     300.000,-

5.    Biaya tak terduga                       =       Rp     200.000,-

                                                     __________________________________

                                  Jumlah        =       Rp     .000.000,-

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  V

P E N U T U P

 

Syukur alhamdulillah program kegiatan Bimbingan Karir dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) AL-MANAR Pamarican tahun pelajaran 2015/2016 ini telah selesai kami susun.

Dengan segala keterbatasan yang ada, kami menyadari sepenuhnya bahwa materi dan susunan program ini masih jauh dari sempurna. Semoga di masa yang akan datang dapat disusun sebuah program Bimbingan Karir dan Konseling yang lebih baik dan lebih sempurna seperti apa yang kita harapkan dan sesuai dengan tujuan pendidikan.

Akhir kata, semoga Allah Tuhan Yang Mahakuasa selalu meridloi apa yang kita rencanakan, serta semoga pelaksanaan program ini senantiasa mendapat rahmat dan karunia-Nya. Amiin !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran – lampiran :

§  Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik

§  Program Tahunan Bimbingan Karir dan Konseling

§  Program Semesteran Bimbingan Karir dan Konseling

§  Program Bulanan Bimbingan Karir dan Konseling

§  Program Mingguan Bimbingan Karir dan Konseling

§  Program Harian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK

 

NO.

ASPEK PERKEMBANGAN

TATARAN/ INTERNALISASI TUJUAN

PENGENALAN

AKOMODASI

TINDAKAN

1.

Landasan Hidup Religius

Mempelajari hal ihwal ibadah.

Mengembangkan pemikiran tentang kehidupan beragama.

Melaksanakan ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi.

2.

Landasan Perilaku Etis

Mengenal keragaman sumber norma yang berlaku di masyarakat.

Menghargai keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan.

Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek etis.

3.

Kematangan Emosi

Mempelajari cara-cara menghindari konflik dengan orang lain

Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain

Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas terbuka dan tidak menimbulkan konflik

4.

Kematangan Intelektual

Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.

Menyadari akan keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya.

Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/data secara objektif.

5.

Kesadaran Tanggung Jawab Sosial

Mempelajari keragaman interaksi sosial,

Menyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi sosial.

Berinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan (equality).

6.

Kesadaran Gender

Mempelajari perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan.

Menghargai keragaman peran laki-laki atau perempuan sebagai asset kolaborasi dan keharmonisan hidup.

Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran.

7.

Pengembangan Pribadi

Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial.

Menerima keunikan diridengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman.

8.

Perilaku Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonomis

Mempelajari strategi dan peluang untuk berperilaku hemat, ulet, sungguh- sungguh, dan kompetitif dalam keragaman kehidupan.

Menerima nilai-nilai hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetettif sebagai aset untuk mencapai hidup mandiri.

Menampilkan hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri.

9.

Wawasan dan Kesiapan Karir

Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada pengem-bangan altematif karir yang lebih terarah.

Internalisasi nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karir.

Mengembangkan altematif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan ragam karir.

10.

Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya

Mempelajari Cara-cara membina kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman sebaya.

Menghargai nilai-nilai kerjasama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan dengan teman sebaya.

Mempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan memper-hatikan norma yang berlaku.

11.

Kesiapan Diri untuk Menikah dan Berumah Tangga

Mengenal norma-norma penikahan dan berkeluarga.

Menghargai norma-norma pemikahan dan berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis.

Mengekspresikan keinginannya untuk mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan berkeluarga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM TAHUNAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSELING

SMK AL-MANAR PAMARICAN

 

No

Jenis

Kegiatan

Materi Bidang Pengembangan

Waktu

Pribadi

Sosial

Belajar

Karir

1

Orientasi

 

 

 

§ Pengenalan industri

§ Organisasi dan manajemen industry

Kegiatan Kelompok

Fasilitas industri

Perusahaan, Pabrik, Industri

Kelas X dan XI

2

Informasi

 

 

 

 

 

 

§ Pemahaman diri

§ Bakat, Minat

§ Hubungan industrial

Pemahaman terhadap orang lain

Belajar hidup mandiri

§ Jenis pekerjaan

§ Syarat pekerjaan

§ Pengupahan

§ Mogok kerja

§ Jaminan sosial

§ Pemutusan hubungan kerja

Kelas XI dan Kelas XII

3

Layanan penempatan/ penyaluran

 

§ Praktek Kerja Industri

§ Magang

§ Bantuan beasiswa

Diskusi Kelompok

Kegiatan lapangan

§ Pengembangan Karir

§ Beauty class/penampilan personal

§ Table mener

 

Kelas XI dan Kelas XII

4

Penguasaan Konten

§ Mengambil keputusan

§ Mematuhi aturan perusahaan

§ Budaya kerja

§ Menyampaikan pendapat

§ Organisasi (Serikat Buruh & Serikat Kerja)

§ Perjanjian kerja

§ Mempertimbangkan dan memilih pendidikan sesuai dgn arah karir

 

Kelas XII

 

5

Konseling Perorangan

 

Pengungkapan masalah pribadi :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

 

Pengungkap-an masalah sosial :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

Pengungkap-an masalah belajar :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

Pengungkap-an masalah karir :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

Kelas X, XI dan  XII

6

Layanan Bimbingan Kelompok

 

§ Potensi diri

§ Kiat menyalurkan bakat dan minat

§ Peristiwa sosial

§ Mogok kerja

§ Bentrok antar personil

§ Kita-kiat belajar sendiri

§ Kiat belajar kelompok

§ Masalah pengangguran

§ Lowongan pekerjaan

§ PHK

Kelas XI dan  XII

7

Koselling Kelompok

Pengentasan masalah pribadi :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

 

Pengentasan masalah sosial :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

 

Pengentasan masalah belajar :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

Pengentasan masalah karir :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

 

Kelas X, XI dan  XII

8

Layanan konsultasi

 

 

Pemberdayaan pihak lain membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi

- Konsultasi melalui media

Pemberdayaan pihak lain mem bantu peserta didik dalam pe-ngembangan kemampuan sosial

- Konsultasi melalui media

Pengembangan kemampuan masalah belajar

- Konsultasi melalui media

- Konsultasi melalui media

Kelas X, XI dan  XII

9

Layanan Mediasi

 

 

-

Upaya mendamaikan pihak tertentu antara serikat pekerja, serikat buruh dg pengusaha (bipartit)

-

-

Kelas XII

10

Aplikasi instrumentasi

 

 

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

§ Tes

§ Non tes

§ Tes

§ Non tes

§ Tes

§ Non tes

Kelas X, XI dan  XII

11

 

 

Himpunan Data

 

Riwayat Hidup

§ Data hubungan sosial

§ Sosiometri

§ Riwayat pendidikan

§ Transkrip nilai

§ Jurusan yang di ambil

§ Masalah karir

§ Pengembangan karir

Kelas X, XI dan  XII

12

Konferensi Kasus

§ Pengupahan

§ Tindakan korektif *)

§ Tindakan pencegahan *)

Konflik :

-    Tindakan korektif *)

-    Tindakan pencegahan *)

 

§ Mutu tenaga kerja

§ Sulit memenuhi tuntutan dunia kerja

Pengembangan karir

Kelas  XII

*) Kls. X, XI, XII

13

Kunjungan Rumah

 

 

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah sosial

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah belajar

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah karir

Kelas X, XI dan  XII

14

Tampilan Kepustakaan

 

 

Mengarahkan siswa ke perpus takaan (SAS) untuk mengembangkan aspek pribadi

Mengarahkan siswa ke perpus takaan (SAS) untuk mengembangkan aspek sosial

Mengarahkan siswa ke perpustakaan (SAS) untuk mengembangkan aspek belajar

Mengarahkan siswa ke perpustakaan (SAS) untuk mengembangkan aspek Karir

Kelas X, XI dan  XII

15

Alih Tangan Kasus

 

Alih tangan kasus masalah pribadi

 

Alih tangan kasus masalah sosial

Alih tangan kasus masalah belajar

Alih tangan kasus masalah karir dan sarana hubungan industrial

Kelas X, XI dan  XII

 

 

Ciamis,      Juli   2015

Koordinator BK,

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM SEMESTERAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSELING

TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SMK AL-MANAR PAMARICAN

 

 

No

Kegiatan

Materi Bidang Pengembangan

Semester I

Semester II

Pribadi

Sosial

Belajar

Karir

Pribadi

Sosial

Belajar

Karir

1.

Layanan Orientasi

 

 

 

§ Pengenalan industri

§ Organisasi dan manajemen industry

Kegiatan Kelompok

Fasilitas industri

Perusahaan, Pabrik, Industri

-

-

-

-

2.

Layanan Informasi

 

 

 

§ Pemahaman diri

§ Bakat, Minat

 

Pemahaman terhadap orang lain

Belajar hidup mandiri

§ Jenis pekerjaan

§ Syarat pekerjaan

§ Pengupahan

§ Hubungan industrial

Pemahaman terhadap orang lain

Belajar hidup mandiri

§ Mogok kerja

§ Jaminan sosial

§ Pemutusan hubungan kerja

3.

Layanan Penempatan/ Penyaluran

 

 

Bantuan besiswa

-

-

Pengembang-an Karir

§ Praktek Kerja Industri

§ Magang

§ Bantuan besiswa

Diskusi Kelompok

Kegiatan lapangan

Pengembangan Karir

4.

Layanan Penguasaan Konten

 

 

-

-

-

-

§ Mengambil keputusan

§ Mematuhi aturan perusahaan

§ Budaya kerja

§ Menyampaikan pendapat

§ Organisasi (Serikat Buruh & Serikat Kerja)

§ Perjanjian kerja

§ Mempertim-bangkan dan memilih pendidikan sesuai dgn arah karir

 

 

 

5.

 

 

Layanan Konseling Perorangan

 

 

 

 

 

 

 

Pengungkapan masalah pribadi :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

 

 

 

Pengungkap-an masalah sosial :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

 

 

Pengungkap-an masalah belajar :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegah-an

 

 

Pengungkap-an masalah karir :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

 

 

Pengungkapan masalah pribadi :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

 

 

 

Pengungkap-an masalah sosial :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

 

 

Pengungkap-an masalah belajar :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegah-an

 

 

Pengungkap-an masalah karir :

-    Tindakan korektif

-    Tindakan pencegahan

6.

Layanan Bimbingan Kelompok

 

 

 

 

§ Potensi diri

§ Kiat menyalurkan bakat dan minat

 

§ Peristiwa sosial

§ Mogok kerja

§ Bentrok antar personil

§  Kiat-kiat belajar sendiri

§  Kiat belajar kelompok

§ Masalah penganggur-an

§ Lowongan pekerjaan

§ PHK

§ Potensi diri

§ Kiat menyalurkan bakat dan minat

§ Peristiwa sosial

§ Mogok kerja

§ Bentrok antar personil

§ Kita-kiat belajar sendiri

§ Kiat belajar kelompok

§ Masalah pe-ngangguran

§ Lowongan pekerjaan

§ PHK

7.

Layanan Konseling Kelompok

 

Pengentasan masalah pribadi

Pengentasan masalah sosial

Pengentas-an masalah belajar

Pengentasan masalah karir

Pengentasan masalah pribadi

Pengentasan masalah sosial

Pengentas-an masalah belajar

Pengentasan masalah karir

8.

Layanan Konsultasi

 

 

 

 

 

 

§ Pemberdayaan pihak lain membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi

§ Konsultasi melalui media

 

§ Pemberdaya-an pihak lain membantu peserta didik dalam pengemba-ngan sosial

§ Konsultasi melalui media

 

§ Pengemba-ngan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

 

Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdaya-an pihak lain membantu peserta didik dalam pengemba-ngan sosial

§ Konsultasi melalui media

 

§ Pengemba-ngan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

 

Konsultasi melalui media

9.

Layanan Mediasi

 

 

 

 

 

 

-

Upaya mendamaikan pihak tertentu antara serikat pekerja, seri-kat buruh dg pengusaha (bipartit)

-

-

-

Upaya mendamaikan pihak tertentu antara serikat pekerja, serikat buruh dg pengusaha (bipartit)

-

-

10.

Aplikasi Instrumentasi

 

 

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

§ Tes

§ Non tes

§ Tes

§ Non tes

§ Tes

§ Non tes

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

§ Tes

§ Non tes

§ Tes

§ Non tes

§ Tes

§ Non

11.

Himpunan Data

 

 

 

 

 

Riwayat Hidup

§ Data hubungan sosial

§ Sosiometri

§ Riwayat pendidikan

§ Transkrip nilai

§ Jurusan yang diambil

§ Masalah karir

§ Pengemba-ngan karir

Riwayat Hidup

§ Data hubungan sosial

§ Sosiometri

§ Riwayat pendidikan

§ Transkrip nilai

§ Jurusan yang diambil

§ Masalah karir

§ Pengem bangan karir

12.

Konferensi Kasus

 

 

 

 

 

 

 

§ Pengupahan

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Konflik

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Mutu tenaga kerja

§ Sulit memenuhi tuntutan dunia kerja

Pengemba-ngan karir

§ Pengupahan

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Konflik

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Mutu tena-ga kerja

§ Sulit memenuhi tuntutan dunia kerja

Pengem-bangan karir

13.

Kunjungan Rumah

 

 

 

 

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah sosial

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah belajar

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah karir

Pertemuan dg orang tua, kelu-arga yang meng-alami masalah pribadi

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah sosial

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah belajar

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah karir

14.

Tampilan Kepustakaan

 

 

 

 

 

Mengarahkan siswa ke perpustakaan (SAS) untuk mengembangkan aspek pribadi

Mengarahkan siswa ke perpustakaan (SAS) untuk mengem-bangkan aspek sosial

Mengarah-kan siswa ke perpustakaan (SAS) untuk mengem-bangkan aspek belajar

Mengarahkan siswa ke perpustakaan (SAS) untuk mengem-bangkan aspek Karir

Mengarahkan siswa ke perpus takaan (SAS)  untuk mengem-bangkan aspek pribadi

Mengarahkan siswa ke perpus takaan (SAS) untuk mengem-bangkan aspek sosial

Mengarah-kan siswa ke perpusta-kaan (SAS) untuk me-ngembang-kan aspek belajar

Mengarahkan siswa ke perpustakaan (SAS) untuk mengembang-kan aspek Karir

 

15.

 

Alih Tangan Kasus

 

 

 

 

Alih tangan kasus masalah pribadi

 

Alih tangan kasus masalah social

 

Alih tangan kasus masalah belajar

 

Alih tangan kasus :

§ Masalah Karir

§ Sarana Hubin

 

Alih tangan kasus masalah pribadi

 

Alih tangan kasus masalah social

 

Alih tangan kasus masalah belajar

 

Alih tangan kasus :

§ Masalah Karir

§ Sarana Hubin

 

Ciamis,      Juli   2015

Koordinator BK,

 

 

 

 

 

PROGRAM BULANAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSELING

SMK AL-MANAR PAMARICAN

TAHUN PELAJARAN 2015/2016

 

No

Kegiatan

Materi Bidang Pengembangan

Semester I (Juli-Desember 2015)

Bulan I

Bulan II

Bulan III

Bulan IV

Bulan V

Bulan VI

1.

Layanan Orientasi

 

 

 

§ Kegiatan Kelompok

§ Pengenalan industri

§ Kegiatan Kelompok

§ Organisasi dan manajemen industri

§ Kegiatan Kelompok

§ Organisasi dan manajemen industry

§ Kegiatan Kelompok

§ Fasilitas industri

§ Kegiatan Kelompok

§ Perusahaan, Pabrik, Industri

§ Kegiatan Kelompok

§ Perusahaan, Pabrik, Industri

2.

Layanan Informasi

§ Pemahaman diri

§ Bakat, Minat

 

Pemahaman terhadap orang lain

Belajar hidup mandiri

Pemahaman terhadap orang lain

Belajar hidup mandiri

§ Jenis pekerjaan

§ Syarat pekerjaan

§ Pengupahan

3.

Layanan Penempatan/ Penyaluran

 

 

Pengembangan Karir

§ Pengembangan karir

§ Bantuan beasiswa

§ Pengembangan karir

§ Bantuan beasiswa

§ Pengembangan karir

§ Bantuan beasiswa

Pengembangan Karir

Pengem bangan Karir

4.

Layanan Penguasaan Konten

 

-

-

-

-

-

-

5.

Layanan Konseling Perorangan

 

 

 

 

 

 

 

Pengungkapan

§ masalah pribadi

§ masalah sosial

§ masalah belajar

Tindakan Korektif

Tindakan Pencegahan

Pengungkapan

§ masalah pribadi

§ masalah sosial

§ masalah belajar

Tindakan Korektif

Tindakan Pencegahan

Pengungkapan

§ masalah pribadi

§ masalah sosial

§ masalah belajar

Tindakan Korektif

Tindakan Pencegahan

Pengungkapan

§ masalah pribadi

§ masalah sosial

§ masalah belajar

Tindakan Korektif

Tindakan Pencegahan

Pengungkapan

§ masalah pribadi

§ masalah sosial

§ masalah belajar

Tindakan Korektif

Tindakan Pencegahan

Pengungkapan

§ Masalah pribadi

§ masalah social

§  masalah belajar

§ masalah karir

Tindakan Korektif

Tindakan Pencegahan

6.

Layanan Bimbingan Kelompok

 

 

 

§ Potensi diri

§ Kiat menyalur-kan bakat dan minat

§ Potensi diri

§ Kiat menyalurkan bakat dan minat

§  Kiat-kiat belajar sendiri

§  Kiat belajar kelompok

§  Peristiwa soial

§  Mogok kerja

§  Bentrok antar personil

 

§ Masalah pengang guran

§ Lowongan pekerjaan

§ PHK

7.

Layanan Konseling Kelompok

 

 

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

8.

Layanan Konsultasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta didik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengemba-ngan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

 

9.

Layanan Mediasi

 

 

 

 

 

 

-

-

-

Upaya mendamai-kan pihak tertentu antara serikat peker-ja, serikat buruh dg pengusaha (bipartit)

Upaya mendamai-kan pihak tertentu antara serikat peker-ja, serikat buruh dg pengusaha (bipartit)

Upaya mendamai-kan pihak tertentu antara serikat pekerja, serikat buruh dg pengusaha (bipartit)

 

10.

Aplikasi Instrumentasi

 

 

 

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

§ Tess

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

11.

Himpunan Data

 

 

 

 

§ Riwayat Hidup

§ Data hubungan sosial

§ Jurusan yang di ambil

§ Riwayat Hidup

§ Data hubungan sosial

§ Riwayat Hidup

§ Data hubungan sosial

§ Masalah karir

§ Pengembangan karir

§ Riwayat pendidikan

§ Transkrip nilai

§ Riwayat pendidikan

§ Transkrip nilai

12.

Konferensi Kasus

 

 

 

Pengupahan

Tindakan korektif

Tindakan Pendegahan

Konflik

Tindakan korektif

Tindakan Pendegahan

Konflik

Tindakan korektif

Tindakan Pendegahan

Mutu tenaga kerja

Tindakan korektif

Tindakan Pendegahan

Sulit memenuhi tuntutan dunia kerja

Tindakan korektif

Tindakan Pendegahan

Pengembangan karir

Tindakan korektif

Tindakan Pendegahan

13.

Kunjungan Rumah

 

 

 

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karir

-

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karir

-

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karir

-

14.

Tampilan Kepustakaan

 

 

 

 

-

Mengarahkan siswa ke perpus takaan untuk mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir

-

Mengarahkan siswa ke perpus takaan untuk mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir

-

Mengarahkan siswa ke perpus takaan untuk mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir

15.

Alih Tangan Kasus

 

 

 

 

Alih tangan kasus masalah pribadi, sosial, belajar

Alih tangan kasus masalah pribadi, sosial, belajar, karir dan sarana hubungan industrial (hubin)

Alih tangan kasus masalah pribadi, sosial, belajar

Alih tangan kasus masalah pribadi, sosial, belajar, karir dan sarana hubungan industrial (hubin)

Alih tangan kasus masalah pribadi, sosial, belajar

Alih tangan kasus masalah pribadi, sosial, belajar, karir dan sarana hubungan industrial (hubin)

 

Ciamis,      Juli   2015

Koordinator BK,

 

 

       

 

 

 

PROGRAM BULANAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSELING

SMK AL-MANAR PAMARICAN

TAHUN PELAJARAN 2015/2016

 

No

Kegiatan

Materi Bidang Pengembangan

Semester II (Januari-Juni 2016)

Bulan I

Bulan II

Bulan III

Bulan IV

Bulan V

Bulan VI

1.

Layanan Orientasi

 

-

-

-

-

-

-

2.

Layanan Informasi

 

 

 

§ Hubungan industrial

Pemahaman terhadap orang lain

Belajar hidup mandiri

Belajar hidup mandiri

§ Mogok kerja

§ Jaminan sosial

§ Pemutusan hubungan kerja

§ Mogok kerja

§ Jaminan sosial

§ Pemutusan hubungan kerja

3.

Layanan Penempatan/ Penyaluran

 

§ Diskusi kelompok

§ Bantuan beasiswa

§ Kegiatan lapangan

§ Bantuan beasiswa

§ Pengembangan karir

§ Bantuan beasiswa

§ Pengembangan karir

§ Praktek Kerja Industri

§ Magang

§ Praktek Kerja Industri

§ Magang

4.

Layanan Penguasaan Konten

 

 

 

§ Mengambil keputusan

§ Mematuhi aturan perusahaan

§ Budaya kerja

§ Menyampaikan pendapat

§  Perjanjian kerja

§  Organisasi (Serikat Buruh & Serikat Kerja)

§  Perjanjian kerja

§ Mempertimbang-kan dan memilih pendidikan sesuai dgn arah karir

§ Mempertim bangkan dan memilih pendidikan sesuai dgn arah karir

5.

Layanan Konseling Perorangan

 

 

 

 

§ Pengungkapan masalah pribadi, sosial, belajar, karir

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Pengungkapan masalah pribadi, sosial, belajar, karir

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Pengungkapan masalah pribadi, sosial, belajar, karir

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Pengungkapan masalah pribadi, sosial, belajar, karir

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Pengungkapan masalah pribadi, sosial, belajar, karir

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Pengungkapan masalah pribadi, sosial, belajar, karir

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

6.

Layanan Bimbingan Kelompok

 

 

 

 

§ Potensi diri

§ Kiat menyalurkan bakat dan minat

§Peristiwa sosial

§Mogok kerja

§Bentrok antar personil

§ Kiat-kiat belajar sendiri

§ Kiat belajar kelompok

§ Kita-kiat belajar sendiri

§ Kiat belajar kelompok

§ Masalah pe-ngangguran

§ Lowongan pekerjaan

§ PHK

§ Masalah pengang-guran

§ Lowongan pekerjaan

§ PHK

7.

Layanan Konseling Kelompok

 

 

 

 

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

Pengentasan masalah pribadi, sosial dan belajar

Pengentasan masalah pribadi, sosial, belajar dan karir

Pengentasan masalah pribadi, sosial, belajar dan karir

8.

Layanan Konsultasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain mem-bantu peserta di-dik dalam pe-ngembangan pri-badi dan sosial

§ Pengembangan kemampuan masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

§ Pemberdayaan pihak lain membantu peserta di-dik dalam pengembangan pribadi dan sosial

§ Pengem-bangan kemampu an masalah belajar

§ Konsultasi melalui media

9.

Layanan Mediasi

 

 

 

 

 

 

-

Upaya mendamaikan pihak tertentu antara serikat pekerja, serikat buruh dg pengusaha (bipatrit)

-

Upaya mendamai-kan pihak tertentu antara serikat pekerja, serikat buruh dg pengusaha (bipatrit)

-

Upaya mendamaikan pihak tertentu antara serikat pekerja, serikat buruh dg pengusaha (bipatrit)

 

10.

 

Aplikasi Instrumentasi

 

 

 

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkap-kan masalah pribadi

 

§ Tes

§ Non tes

 

§ Tes

§ Non tes

 

§ Tes

§ Non tes

 

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

 

§ Tes

§ Non tes untuk mengungkapkan masalah pribadi

11.

Himpunan Data

 

 

 

 

Riwayat Hidup

§ Data hubungan sosial

§ Sosiometri

§ Jurusan yang di ambil

§ Masalah karir

§ Pengembangan karir

§ Jurusan yang di ambil

§ Masalah karir

§ Pengembangan karir

§ Riwayat pendidikan

§ Transkip nilai

§ Riwayat pendidikan

§ Transkip nilai

12.

Konferensi Kasus

 

 

 

 

§ Pengupahan

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

§ Konflik

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

 

§ Mutu tenaga kerja

§ Sulit memenuhi tuntutan dunia kerja

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

 

§ Pengembangan karir

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

 

§ Sulit memenuhi tuntutan dunia kerja

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

 

§ Pengembangan karir

§ Tindakan korektif

§ Tindakan pencegahan

 

13.

Kunjungan Rumah

 

 

 

 

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karir

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karir

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karir

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karir

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karir

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah karir

14.

Tampilan Kepustakaan

 

 

 

 

 

 

Mengarahkan siswa ke perpus takaan untuk mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir

Mengarahkan siswa ke perpustakaan untuk mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir

Mengarahkan siswa ke perpus takaan untuk mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir

Mengarahkan siswa ke perpus takaan untuk mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir

Mengarahkan siswa ke perpus takaan untuk mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir

Mengarahkan siswa ke perpus takaan untuk mengembangkan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir

 

 

 

 

15.

Alih Tangan Kasus

 

 

 

 

 

Penanganan kasus masalah pribadi, sosial, belajar, karir dan sarana hubungan industrial (hubin)

Penanganan kasus masalah pribadi, sosial, belajar, karir dan sarana hubungan industrial (hubin)

Penanganan kasus masalah pribadi, sosial, belajar, karir dan sarana hubungan industrial (hubin)

Penanganan kasus masalah pribadi, sosial, belajar, karir dan sarana hubungan industrial (hubin)

Penanganan kasus masalah pribadi, sosial, belajar, karir dan sarana hubungan industrial (hubin)

Penanganan kasus masalah pribadi, sosial, belajar, karir dan sarana hubungan industrial (hubin)

 

Ciamis,      Juli   2016

Koordinator BK,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM MINGGUAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSELING

SMK AL-MANAR PAMARICAN CIAMIS

TAHUN PELAJARAN 2015/2016

 

 

No

Kegiatan

Materi Bidang Pengembangan

Pribadi

Sosial

Belajar

Karir

1.

Layanan Orientasi

 

 

 

§ Pengenalan industri

§ Organisasi dan manajemen industri

Kegiatan Kelompok

Fasilitas industri

Perusahaan, Pabrik, Industri

2.

Layanan Informasi

 

 

 

 

 

 

§ Pemahaman diri

§ Bakat, Minat

§ Hubungan industrial

Pemahaman terhadap orang lain

Belajar hidup mandiri

§ Jenis pekerjaan

§ Syarat pekerjaan

§ Pengupahan

§ Mogok kerja

§ Jaminan sosial

§ Pemutusan hubungan kerja

3.

Layanan Penempatan/Penyaluran

 

 

§ Praktek industri

§ Magang

Diskusi Kelompok

Kegiatan lapangan

Pengembangan Karir

4.

Layanan Penguasaan Konten

 

 

 

§ Mengambil keputusan

§ Mematuhi aturan perusahaan

§ Budaya kerja

§ Menyampaikan pendapat

§ Organisasi (Serikat Buruh & Serikat Kerja)

§ Membuat karya tullis

§ Perjanjian kerja

§ Mempertimbangkan dan memilih pendidikan sesuai dgn arah karir

 

5.

Layanan Konseling Perorangan

 

Pengungkapan masalah pribadi

Pengungkapan masalah sosial

Pengungkapan masalah belajar

Pengungkapan masalah karir

6.

Layanan Bimbingan Kelompok

 

 

§ Potensi diri

§ Kiat menyalurkan bakat dan minat

§ Peristiwa social

§ Mogok kerja

§ Bentrok antar personil

§ Kita-kiat belajar sendiri

§ Kiat belajar kelompok

§ Masalah pengangguran

§ Lowongan pekerjaan

§ PHK

7.

Layanan Konseling Kelompok

 

 

Pengentasan masalah pribadi

Pengentasan masalah sosial

Pengentasan masalah belajar

Pengentasan masalah karir

8.

Layanan Konsultasi

 

 

 

Pemberdayaan pihak lain membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi

Pemberdayaan pihak lain mem bantu peserta didik dalam pe-ngembangan kemampuan sosial

Pengembangan kemampuan masalah belajar

-

9.

Layanan Mediasi

 

 

 

-

Upaya mendamaikan pihak tertentu antara serikat pekerja, serikat buruh dg pengusaha (bipatrit)

-

-

10.

Aplikasi Instrumentasi

 

 

 

§ Tes

§ Non tes untuk mengung-kapkan masalah pribadi

§ Tes

§ Non tes

§ Tes

§ Non tes

§ Tes

§ Non tes

11.

Himpunan Data

 

 

 

Riwayat Hidup

Data hubungan sosial

§ Riwayat pendidikan

§ Transkip nilai

§ Jurusan yang di ambil

§ Masalah karir

§ Pengembangan karir

12.

Konferensi Kasus

 

 

 

Pengupahan

Konflik

§ Mutu tenaga kerja

§ Sulit memenuhi tuntutan dunia kerja

Pengembangan karir

13.

Kunjungan Rumah

 

 

Pertemuan dengan orang tua, keluarga yang mengalami masalah pribadi

Masalah sosial

Masalah belajar

Masalah karir

14.

Tampilan Kepustakaan

 

 

 

Mengarahkan siswa ke perpus takaan untuk mengembangkan aspek pribadi

Aspek social

Aspek belajar

Aspek Karir

15.

Alih Tangan Kasus

 

 

Penanganan kasus masalah pribadi

Masalah sosial

Masalah belajar

§ Masalah Karir

§ Sarana Hubungan Industrial

*)    Tergantung pada siswa yang datang/memerlukan layanan

**) Dengan menggunakan AUM UMUM

***) Menggunakan dan menambah koleksi yang ada

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Ciamis,      Juli  2015

                                                                                                                                                            Konselor,

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                .................................

                                                                                                                                                            NIP.

 

 

 

 

PROGRAM HARIAN

BIMBINGAN KARIR DAN KONSELING

SMK AL-MANAR PAMARICAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

 

BULAN                      :  .....................

MINGGU                             :  .....................

ü  Satuan Layanan (SATLAN)

ü  Satuan Kegiatan Pendukung (SATKUNG)

No

Tanggal/

Waktu

Jam

Pemb

Sasaran Kegiatan

Kegiatan

Layanan/

Pendukung

Materi Kegiatan

Alat Bantu

Tempat

Pelaksana

Keterangan

1.

24 Juli 2015

10.00–11.30

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

24 Juli 2015

11.45–14.00

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

25 Juli 2015

10.15–11.45

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

25 Juli 2015

11.45–14.00

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

26 Juli 2015

10.00–11.30

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

26 Juli 2015

10.00- .11.30

 

 

 

 

 

 

 

 

7.

26 Juli 2015

11.45–14.00

 

 

 

 

 

 

 

-

8.

27 Juli 2015

08.00- ...

 

 

 

 

 

 

 

 

9.

28 Juli 2015

10.00 - ...

 

 

 

 

 

 

 

 

10.

29 Juli 2015

10.00 - ...

 

 

 

 

 

 

 

-

11.

29 Juli 2015

10.00 - ...

 

 

 

 

 

 

 

 

*) Sudah ada perjanjian terlebih dahulu dan materi layanan dikemukakan pada awal pelaksanaan layanan

 

 

Ciamis,      Juli   2015

Koordinator BK,

 

 

 

 

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment