Just another free Blogger theme

Wednesday, May 11, 2022

 

SILABUS MATA PELAJARAN

 

Nama Sekolah

:

Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan

Bidang Keahlian

 

Semua Bidang Keahlian

Kompetensi Keahlian

:

Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran

Kelas

:

:

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

X

Durasi (Waktu)

:

72 JP

KI-1 (Sikap Spiritual)

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI-2 (Sikap Sosial)

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3 (Pengetahuan)

:

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..

KI-4 (Keterampilan)

:

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Semester/Alokasi Waktu

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber

1

2

3

4

5

6

7

1.1         Mensyukuri  nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

 

 

2.1         Menunjukkan sikap peduli terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 

 

 

 

 

3.1         Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

 

 

 

 

 

 

 

4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

1.3.1     Menghayati  nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

1.3.2     Mensyukuri  nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan YME

 

2.1.1     Menunjukkan sikap kerjasama dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2.1.2     Menunjukkan sikap toleran dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

3.1.1     Mendeskripsikan sistem pembagian kekuasaan negara

3.1.2     Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi kementerian Negara Republik Indonesia dan lembaga pemerintah non kementerian

3.1.3     Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan

 

4.1.1     Mempresentasikan deskripsi sistem pembagian kekuasaan negara

4.1.2     Mempresentasikan deskripsi kedudukan dan fungsi kementerian Negara Republik Indonesia dan lembaga pemerintah non kementerian

4.1.3     Menyaji hasil analisis tentang nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan

 

Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara:

1.    Sistem Pembagian Kekuasaan Negara

2.    Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian

3.    Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan

1/8 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan HOTs dan HOTS tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan kerjasama, disiplin dan toleran tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

·         Mengolah dan menganalisis data tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (kerjasama, toleran, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

 

·   Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·   Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 1)

1.2         Menerima ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2         Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2         Menelaah ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.2         Menyaji hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan

4.2.1     Menghayati ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

4.2.2     Mengamalkan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

 

 

2.2.1     Disiplin terhadap ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

2.2.2     Tanggung jawab  terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

 

3.2.1     Menganalisis hakikat Bangsa dan  Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.2.2     Mendeksripsikan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.2.3     Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia

3.2.4     Mendeskripsikan kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia

3.2.5     Mendeskripsikan sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia

 

 

4.2.1     Menyaji hasil analisis tentang hakikat Bangsa dan  Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.2.2     Mempresentasikan deskripsi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.2.3     Mempresentasikan deskripsi kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia

4.2.4     Mempresentasikan deskripsi kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia

Mempresentasikan deskripsi sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia

Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945  yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan:

1.    Hakikat bangsa dan negara

2.    Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.    Kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia

4.    Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia

5.    Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia

 

1/10 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan HOTs dan LOTs tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan disiplin, kerjasama dan  tanggung jawab tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan pemerintahan Negara

·         Mengolah dan menganalisis data tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang ketentuan hakikat bangsa/negara serta Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (disiplin, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

·   Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·   Portofolio laporan tertulis hasil analisis  dan atau proyek kewarganegaraan tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

 

·         Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 2)

·         Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 1)

1.3         Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.3         Peduli terhadap fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3      Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

 

 

 

 

 

4.3      Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

1.3.1     Menghayati nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

1.3.2     Mengamalkan nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

2.3.1     Toleran terhadap fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

2.3.2     Cinta damai dalam melaksanakan fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

 

 

3.3.1     Mendeskripsikan hakikat sistem politik

3.3.2     Menganalisis struktur politik di Indonesia

3.3.3     Menganalisis Lembaga-lembaga Negara Republik Indonesia menurut UUD NRI 1945

3.3.4     Menganalisis tata kelola pemerintahan yang baik

3.3.5     Menganalisis partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia

 

 

4.3.1     Mempresentasikan deskripsi tentang hakikat sistem politik

4.3.2     Menyaji hasil analisis tentang struktur politik di Indonesia

4.3.3     Menyaji hasil analisis tentang Lembaga-lembaga Negara Republik Indonesia menurut UUD NRI 1945

4.3.4     Menyaji hasil analisis tentang tata kelola pemerintahan yang baik

4.3.5     Menyaji hasil analisis tentang partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia

 

Lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

1.  Hakikat sistem politik

2.  Struktur politik Indonesia

3.  Fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut UUD Negara RI Tahun 1945

4.  Tata kelola pemerintahan yang baik

5.  Partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia

 

1/10 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTS tentang sistem politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia.

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan kerjasama, toleran dan cinta damai tentang sistem politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia.

·         Mengolah dan menganalisis data tentang sistem politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia.

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang sistem politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia.

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia.

·   Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·   Portofolio laporan tertulis hasil analisis tentang sistem politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia

·         Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 3)

·         Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 6)

·         Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 3)

1.4         Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

 

 

2.4         Peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4    Merumuskan hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

 

 

 

 

4.4    Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.4.1     Menghayati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

4.4.2     Mensyukuri hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

2.4.1     Mengembangkan sikap kerjasama dalam hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat

2.4.2     Mengembangkan cinta damai dalam hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat

 

 

 

3.4.1     Mendeskripsikan hakikat sistem pemerintahan

3.4.2     Mengidentifikasi karakteristik sistem pemerintahan Indonesia

3.4.3     Menganalisis kedudukan pemerintah pusat dan daerah dalam konteks otonomi daerah

3.4.4     Menganalisis hubungan struktural dan fungsional Pemerintah Pusat dan  Daerah

 

 

4.4.1    Mempresentasikan deskripsi tentang hakikat sistem pemerintahan

4.4.2    Menyajikan hasil identifikasi tentang karakteristik sistem pemerintahan Indonesia

4.4.3    Menyaji hasil analisis tentang kedudukan pemerintah pusat dan daerah dalam konteks otonomi daerah

Menyaji hasil analisis tentang hubungan struktural dan fungsional Pemerintah Pusat dan  Daerah

 

 

 

Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah:

1.    Hakikat sistem pemerintahan

2.    Karakteristik sistem pemerintahan Indonesia

3.    Kedudukan pemerintah pusat dan daerah dalam konteks otonomi daerah

4.    Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah

1/8 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTS tentang sistem pemerintahan,  hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

 

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan kerjasama, toleran dan cinta damai tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

·         Mengolah dan menganalisis data tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (kerjasama, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

·   Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·   Portofolio berupa rancangan dan hasil penelitian sederhana yang dilakukan oleh siswa tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

 

·         Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 4)

·         Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 2)

1.5         Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa

 

 

 

 

 

 

2.5         Menunjukkan  sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

3.5         Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5   Menyaji hasil analisis tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

1.5.1     Menghayati nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME

1.5.2     Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa

 

 

4.5.1    Menunjukkan  sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5.2    Menunjukkan  sikap toleran dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

3.5.1     Mendeskripsikan kebhinnekaan Bangsa Indonesia

3.5.2     Mendeskripsikan konsep Integrasi Nasional

3.5.3     Mendeskripsikan faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional

3.5.4     Menganalisis tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.5.5     Menganalisis peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

 

 

4.5.1     Mendemonstrasikan kebhinnekaan Bangsa Indonesia

4.5.2     Mempresentasikan deskripsi tentang konsep Integrasi Nasional

4.5.3     Mempresentasikan deskripsi tentang faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional

4.5.4     Menyaji hasil analisis tentang tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.5.5     Menyaji hasil analisis tentang peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

 

Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional:

1.    Kebhinekaan Indonesia

2.    Konsep Integrasi Nasional

3.    Faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional

4.    Tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

5.    Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

 

2/12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTS tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan kerjasama, toleran dan cinta damai tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

·         Mengolah dan menganalisis data tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (kerjasama, toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

·   Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·   Portofolio laporan tertulis hasil analisis tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 5)

1.6         Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

 

 

2.6       Responsif terhadap ancaman negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

 

 

3.6      Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.6      Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan  dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika

1.6.1     Menghayati nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

1.6.2        Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

2.6.1     Responsif terhadap ancaman negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

2.6.2     Proaktif terhadap ancaman negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

 

3.6.1     Mengindentifikasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

3.6.2     Menganalisis strategi untuk mengatasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

3.6.3     Menganalisis peran masyarakat  untuk mengatasi berbagai ancaman dalam rangka membangun  integritas  nasional

 

 

4.6.1     Mempresentasikan hasil identifikasi tentang ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

4.6.2     Menyaji hasil analisis tentang strategi untuk mengatasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

4.6.3     Menyaji hasil analisis tentang peran masyarakat  untuk mengatasi berbagai ancaman dalam rangka membangun  integritas  nasional

Ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan:

1.   Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

2.   Strategi untuk mengatasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

3.   Peran masyarakat  untuk mengatasi berbagai ancaman dalam rangka membangun  integritas  nasional

 

2/12 JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTS tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan responsif dan proaktif tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·         Mengolah dan menganalisis data tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (responsif, prokatif, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·   Pelaporan hasil penugasan

 

Keterampilan:

·     Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·     Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

 

Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 6)

1.7    Menghargai wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.7    Bertanggung jawab mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.7      Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.7      Mempresentasikan hasil interpretasi terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.7.1     Menghayati wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.7.2        Mensyukuri konsep wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan YME

 

 

 

 

 

2.7.1     Bertanggung jawab mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.7.2        Kerjasama mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

3.7.1     Mendeskripsikan konsep Wawasan Nusantara

3.7.2        Mendeskripsikan fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara

3.7.3        Mengklasifikasikan Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

3.7.4        Menelaah peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara

 

 

4.7.1     Mempresentasikan deskripsi tentang konsep Wawasan Nusantara

4.7.2     Mempresentasikan deskripsi tentang fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara

4.7.3     Mempresentasikan klasifikasi tentang Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

4.7.4     Menyaji hasil telaah tentang peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara

 

Arti pentingnya Wawasan Nusantara:

1.     Konsep Wawasan Nusantara

2.     Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara

3.     Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

4.     Peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara

 

2/12JP

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dan atau  membaca berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs dan HOTs  tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan tanggung jawab dan kerjasama tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

·         Mengolah dan menganalisis data tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

·         Mengomunikasikan hasil analisis tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

 

Sikap: 

Observasi terhadap sikap spiritual dan sosial (tanggung jawab, kerjasama, dan sikap lainnya yang relevan) dalam KBM

 

 

 

 

Pengetahuan: 

·   Tes tertulis (LOTs dan HOTs) arti pentingnya Wawasan Nusantara

·   Pelaporan hasil penugasan

 

 

Keterampilan:

·   Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi)

·     Portofolio laporan tertulis hasil analisis tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

 

Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab 7)

 

Tasikmalaya, 16 Juli 2018

Pengembang,

 

TTD

 

Yusnawan Lubis

(SMKN 1 Tasikmalaya)


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment