SILABUS
MATA PELAJARAN
Nama Sekolah |
: |
Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah
Aliyah Kejuruan |
Bidang Keahlian |
|
Semua Bidang Keahlian |
Kompetensi Keahlian |
: |
Semua Kompetensi Keahlian |
Mata Pelajaran Kelas |
: : |
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan X |
Durasi (Waktu) |
: |
72 JP |
KI-1 (Sikap Spiritual) |
: |
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
KI-2 (Sikap Sosial) |
: |
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia. |
KI-3 (Pengetahuan) |
: |
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.. |
KI-4 (Keterampilan) |
: |
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Materi Pokok |
Semester/Alokasi
Waktu |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
1.1
Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.1
Menunjukkan sikap peduli terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara 3.1
Menganalisis
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara 4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara |
1.3.1
Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada Tuhan Yang Maha Esa 1.3.2
Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada Tuhan YME 2.1.1
Menunjukkan sikap kerjasama dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 2.1.2
Menunjukkan sikap toleran dalam penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 3.1.1
Mendeskripsikan sistem pembagian kekuasaan negara 3.1.2
Mendeskripsikan kedudukan dan fungsi kementerian Negara Republik Indonesia dan lembaga
pemerintah non kementerian 3.1.3
Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan 4.1.1
Mempresentasikan deskripsi sistem pembagian kekuasaan negara 4.1.2
Mempresentasikan deskripsi kedudukan dan fungsi kementerian Negara Republik Indonesia dan lembaga
pemerintah non kementerian 4.1.3
Menyaji hasil analisis tentang nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan
pemerintahan |
Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara: 1. Sistem Pembagian
Kekuasaan Negara 2. Kedudukan dan Fungsi
Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian 3. Nilai-nilai Pancasila
dalam Penyelenggaraan pemerintahan |
1/8 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan
menggunakan HOTs dan HOTS tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan kerjasama, disiplin dan toleran tentang nilai-nilai Pancasila
dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara ·
Mengolah dan menganalisis data tentang nilai-nilai
Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (kerjasama, toleran, dan sikap lainnya yang relevan)
dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang nilai-nilai Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara |
Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bab
1) |
1.2
Menerima
ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan
Yang Maha Esa 2.2
Bersikap
peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan 3.2
Menelaah
ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan. 4.2
Menyaji
hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan |
4.2.1
Menghayati ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta
pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa 4.2.2
Mengamalkan ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan
dan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa 2.2.1
Disiplin terhadap ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta
pertahanan dan keamanan 2.2.2
Tanggung jawab terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk,
agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan 3.2.1
Menganalisis hakikat Bangsa dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia 3.2.2
Mendeksripsikan wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia 3.2.3
Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia 3.2.4
Mendeskripsikan kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan
YME di Indonesia 3.2.5
Mendeskripsikan sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia 4.2.1
Menyaji hasil analisis tentang hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.2.2
Mempresentasikan deskripsi wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia 4.2.3
Mempresentasikan deskripsi kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia 4.2.4
Mempresentasikan deskripsi kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia Mempresentasikan deskripsi sistem Pertahanan dan
Keamanan Negara Republik Indonesia |
Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama
dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan: 1. Hakikat bangsa dan
negara 2. Wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia 3. Kedudukan warga negara
dan Penduduk Indonesia 4. Kemerdekaan beragama dan
berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia 5. Sistem Pertahanan dan
Keamanan Negara Republik Indonesia |
1/10 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan
menggunakan HOTs dan LOTs tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta
pertahanan dan keamanan ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan disiplin, kerjasama dan tanggung jawab tentang hakikat bangsa/negara
serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang
mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta
pertahanan dan keamanan pemerintahan Negara ·
Mengolah dan menganalisis data tentang hakikat
bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan
kepercayaan serta pertahanan dan keamanan ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang ketentuan hakikat bangsa/negara serta Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara,
penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (disiplin, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk,
agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: ·
Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi) ·
Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang hakikat bangsa/negara serta ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk,
agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan |
·
Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
(Bab 2) ·
Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 1) |
1.3
Menghargai
nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa 2.3
Peduli terhadap
fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3.3
Menganalisis
fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.3
Mendemonstrasikan
hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
1.3.1
Menghayati nilai-nilai
terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 1.3.2
Mengamalkan
nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.3.1
Toleran terhadap
fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.3.2
Cinta damai dalam
melaksanakan fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3.3.1 Mendeskripsikan
hakikat sistem politik 3.3.2 Menganalisis struktur politik di Indonesia 3.3.3 Menganalisis
Lembaga-lembaga Negara Republik Indonesia menurut UUD NRI 1945 3.3.4 Menganalisis tata
kelola pemerintahan yang baik 3.3.5 Menganalisis
partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia 4.3.1 Mempresentasikan
deskripsi tentang hakikat sistem politik 4.3.2 Menyaji hasil
analisis tentang struktur politik di
Indonesia 4.3.3 Menyaji hasil
analisis tentang Lembaga-lembaga Negara Republik Indonesia menurut UUD NRI
1945 4.3.4 Menyaji hasil
analisis tentang tata kelola pemerintahan yang baik 4.3.5 Menyaji hasil
analisis tentang partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia |
Lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945: 1. Hakikat sistem politik 2. Struktur politik Indonesia 3. Fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut
UUD Negara RI Tahun 1945 4. Tata kelola pemerintahan yang baik 5. Partisipasi warga
negara dalam sistem politik Indonesia |
1/10 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan
menggunakan LOTs dan HOTS tentang sistem politik, struktur politik Indonesia,
fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga
negara dalam sistem politik Indonesia. ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan kerjasama, toleran dan cinta damai tentang sistem politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan
lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara
dalam sistem politik Indonesia. ·
Mengolah dan menganalisis data tentang sistem
politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga
negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tata
kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara dalam sistem politik
Indonesia. ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang sistem politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan
lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara
dalam sistem politik Indonesia. |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan)
dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan
lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945, tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara
dalam sistem politik Indonesia. ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil analisis tentang sistem
politik, struktur politik Indonesia, fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga
negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tata
kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi warga negara dalam sistem politik
Indonesia |
·
Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
(Bab 3) ·
Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 6) ·
Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 3) |
1.4
Menghormati
hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.4
Peduli terhadap
hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat 3.4
Merumuskan
hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 4.4 Merancang dan melakukan penelitian
sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat
menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
4.4.1
Menghayati hubungan
pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 4.4.2
Mensyukuri hubungan
pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.4.1
Mengembangkan sikap
kerjasama dalam hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah
setempat 2.4.2
Mengembangkan cinta
damai dalam hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah
setempat 3.4.1 Mendeskripsikan
hakikat sistem pemerintahan 3.4.2 Mengidentifikasi
karakteristik sistem pemerintahan Indonesia 3.4.3 Menganalisis
kedudukan pemerintah pusat dan daerah dalam konteks otonomi daerah 3.4.4 Menganalisis
hubungan struktural dan fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah 4.4.1
Mempresentasikan deskripsi tentang hakikat sistem pemerintahan 4.4.2
Menyajikan hasil identifikasi tentang
karakteristik sistem pemerintahan Indonesia 4.4.3
Menyaji hasil analisis tentang kedudukan pemerintah pusat dan daerah dalam
konteks otonomi daerah Menyaji hasil analisis tentang hubungan struktural dan fungsional Pemerintah
Pusat dan Daerah |
Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat
dan daerah: 1. Hakikat
sistem pemerintahan 2. Karakteristik
sistem pemerintahan Indonesia 3. Kedudukan
pemerintah pusat dan daerah dalam konteks otonomi daerah 4. Hubungan Struktural dan
Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah |
1/8 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan
menggunakan LOTs dan HOTS tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat
dan daerah ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan kerjasama, toleran dan cinta damai tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah ·
Mengolah dan menganalisis data tentang sistem
pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (kerjasama, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan)
dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) ·
Portofolio berupa rancangan dan hasil penelitian sederhana yang dilakukan
oleh siswa tentang sistem pemerintahan, hubungan struktural dan
fungsional pemerintahan pusat dan daerah |
·
Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
(Bab 4) ·
Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan RI (Bab 2) |
1.5
Mensyukuri
nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa 2.5
Menunjukkan sikap kerjasama dalam
rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika 3.5
Mengidentifikasi
faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.5
Menyaji hasil
analisis tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika |
1.5.1
Menghayati
nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME 1.5.2
Mensyukuri
nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa 4.5.1 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.5.2 Menunjukkan sikap toleran dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.5.1
Mendeskripsikan
kebhinnekaan Bangsa Indonesia 3.5.2
Mendeskripsikan
konsep Integrasi Nasional 3.5.3
Mendeskripsikan
faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional 3.5.4
Menganalisis
tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.5.5
Menganalisis
peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa 4.5.1
Mendemonstrasikan
kebhinnekaan Bangsa Indonesia 4.5.2
Mempresentasikan
deskripsi tentang konsep Integrasi Nasional 4.5.3
Mempresentasikan
deskripsi tentang faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional 4.5.4
Menyaji
hasil analisis tentang tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia 4.5.5
Menyaji
hasil analisis tentang peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan
Kesatuan Bangsa |
Faktor-faktor
pembentuk integrasi nasional: 1. Kebhinekaan Indonesia 2. Konsep Integrasi
Nasional 3. Faktor-faktor
Pembentuk Integrasi Nasional 4. Tantangan dalam
Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia 5. Peran serta warga
negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa |
2/12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan
menggunakan LOTs dan HOTS tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan kerjasama, toleran dan cinta damai tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional ·
Mengolah dan menganalisis data tentang faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang faktor-faktor
pembentuk integrasi nasional |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (kerjasama, toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil analisis tentang faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional |
Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
(Bab 5) |
1.6
Bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 2.6
Responsif terhadap
ancaman negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.6
Menganalisis ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika 4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika |
1.6.1
Menghayati
nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa 1.6.2
Bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 2.6.1
Responsif terhadap
ancaman negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 2.6.2
Proaktif terhadap
ancaman negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.6.1 Mengindentifikasi
ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan
keamanan 3.6.2 Menganalisis strategi
untuk mengatasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan 3.6.3 Menganalisis peran
masyarakat untuk mengatasi berbagai
ancaman dalam rangka membangun
integritas nasional 4.6.1 Mempresentasikan hasil
identifikasi tentang ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan 4.6.2 Menyaji hasil analisis tentang strategi untuk
mengatasi ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan 4.6.3 Menyaji hasil analisis tentang peran masyarakat untuk mengatasi berbagai ancaman dalam
rangka membangun integritas nasional |
Ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan: 1. Ancaman di bidang
Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan 2. Strategi untuk mengatasi ancaman di bidang
Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan 3. Peran masyarakat untuk mengatasi berbagai ancaman dalam
rangka membangun integritas nasional |
2/12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan
menggunakan LOTs dan HOTS tentang ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan. ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan responsif dan proaktif tentang ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan. ·
Mengolah dan menganalisis data tentang ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di
bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (responsif, prokatif, dan sikap lainnya yang relevan)
dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: ·
Unjuk kinerja (Pengamatan Presentasi) ·
Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek
kewarganegaraan tentang ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. |
Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
(Bab 6) |
1.7 Menghargai wawasan nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa 2.7
Bertanggung jawab
mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.7
Menginterpretasi
pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.7
Mempresentasikan
hasil interpretasi terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
2.7.1 Menghayati
wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.7.2
Mensyukuri konsep wawasan nusantara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan YME 2.7.1
Bertanggung jawab
mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia 2.7.2
Kerjasama
mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.7.1 Mendeskripsikan konsep
Wawasan Nusantara 3.7.2
Mendeskripsikan
fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara 3.7.3
Mengklasifikasikan
Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara 3.7.4
Menelaah
peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara 4.7.1 Mempresentasikan
deskripsi tentang konsep Wawasan Nusantara 4.7.2 Mempresentasikan
deskripsi tentang fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara 4.7.3 Mempresentasikan
klasifikasi tentang Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara 4.7.4 Menyaji hasil telaah
tentang peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan
nusantara |
Arti
pentingnya Wawasan Nusantara: 1. Konsep Wawasan
Nusantara 2. Fungsi dan Tujuan
Wawasan Nusantara 3. Aspek Trigatra dan
Pancagatra dalam Wawasan Nusantara 4. Peran serta warga
negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara |
2/12JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah
dengan menggunakan LOTs dan HOTs
tentang arti
pentingnya Wawasan Nusantara ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan tanggung jawab dan kerjasama tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara ·
Mengolah dan menganalisis data tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang arti
pentingnya Wawasan Nusantara |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (tanggung jawab, kerjasama, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) arti pentingnya Wawasan Nusantara ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil analisis tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara |
Nuryadi dan Tholib. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
(Bab 7) |
Tasikmalaya,
16 Juli 2018
Pengembang,
TTD
Yusnawan
Lubis
(SMKN
1 Tasikmalaya)
0 comments:
Post a Comment