SILABUS
MATA PELAJARAN
Nama Sekolah |
: |
Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah
Aliyah Kejuruan |
Bidang Keahlian |
|
Semua Bidang Keahlian |
Kompetensi Keahlian |
: |
Semua Kompetensi Keahlian |
Mata Pelajaran Kelas |
: : |
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan XII |
Durasi (Waktu) |
: |
60 JP |
KI-1 (Sikap Spiritual) |
: |
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
KI-2 (Sikap Sosial) |
: |
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), responsif, dan proaktif melalui keteladanan,
pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia. |
KI-3 (Pengetahuan) |
: |
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian PPKn pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. |
KI-4 (Keterampilan) |
: |
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian
PPKn Menampilkan kinerja
di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung. Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Materi Pokok |
Semester/Alokasi
Waktu |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1.1
Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam
rangka dalam rangka
menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara 2.1
Bersikap
responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 3.1
Menganalisis
nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 4.1
Menyaji hasil
analisis tentang nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran
hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara |
4.1.1
Menghargai perbedaan
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka menghindari pelanggaran hak
dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara 4.1.2
Menghayati perbedaan
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka menghindari pelanggaran hak
dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara 2.1.1
Responsif dalam
menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara 2.1.2
Proaktif menghindari
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara 3.1.1
Mendeskripsikan makna Hak dan Kewajiban Warga Negara 3.1.2
Mendeskripsikan substansi Hak dan
Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila 3.1.3
Menganalisis
kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 3.1.4
Menganalisis
penanganan pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 4.1.1 Mempresentasikan deskripsi
makna Hak dan
Kewajiban Warga Negara 4.1.2 Mempresentasikan deskripsi
substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila 4.1.3 Menyaji hasil analisis kasus
Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 4.1.4 Melakukan penelitian kepustakaan
tentang penanganan pelanggaran Hak dan
Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 4.1.5 Mempresentasikan hasil penelitian
kepustakaan tentang penanganan
pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara |
Kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga Negara: 1. Makna
Hak dan Kewajiban Warga Negara 2. Substansi
Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila 3. Kasus Pelanggaran Hak dan
Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 4. Penanganan Pelanggaran Hak dan
Pengingkaran Kewajiban Warga Negara |
1/12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa
syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah
dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
warga Negara ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan responsif,
proaktif dan tanggung jawab tentang nilai-nilai Pancasila
terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga Negara ·
Mengolah dan menganalisis data dengan cermat dan teliti tentang nilai-nilai Pancasila terkait kasus-kasus pelanggaran
hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang nilai-nilai Pancasila terkait
kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara dengan santun dan
tanggung jawab |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial ( responsif, proaktif, tanggung jawab, dan sikap lainnya
yang relevan) dalam KBM Pengetahuan: · Tes tertulis (LOTs
dan HOTs) tentang nilai-nilai Pancasila
terkait kasus-kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban warga Negara ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis berupa laporan penelitian kepustakaan tentang nilai-nilai Pancasila terkait
kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara |
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 1) |
|
1.2
Menjalankan
perilaku orang beriman dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk
menjamin keadilan dan kedamaian 2.2
Berperilaku jujur
dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat 3.22 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan
hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian 4.2 Mendemonstrasikan praktik perlindungan dan penegakan
hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian |
1.2.1 Menghayati perilaku orang beriman kepada Tuhan Yang
Maha Esa dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin
keadilan dan kedamaian 1.2.2
Mengamalkan perilaku
orang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam praktik pelindungan dan
penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian 4.2.1 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan
penegakan hukum di tengah masyarakat 4.2.2
Disiplin dalam
praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat 3.2.1 Mendeskripsikan
hakikat Perlindungan dan Penegakkan Hukum 3.2.2 Menganalisis peran Lembaga
Penegak Hukum dalam
Menjamin Keadilan dan Kedamaian 3.2.3 Mendeskripsikan
hakikat perlindungan tenaga kerja 3.2.4 Menganalisis efektifitas
Undang-undang ketenagakerjaan dalam melindungi hak-hak tenaga kerja 3.2.5 Mengevaluasi peran masyarakat
dalam mewujudkan perlindungan hukum dan perlindungan tenaga 4.2.1 Mempresentasikan deskripsi tentang
hakikat Perlindungan dan Penegakkan Hukum 4.2.2 Menyaji hasil analisis tentang peran Lembaga
Penegak Hukum dalam
Menjamin Keadilan dan Kedamaian 4.2.3 Mempresentasikan
deskripsi hakikat perlindungan tenaga kerja 4.2.4 Menyaji hasil analisis
tentang efektifitas Undang-undang ketenagakerjaan dalam melindungi hak-hak
tenaga kerja 4.2.5 Mempresentasikan hasil
evaluasi tentang peran masyarakat dalam mewujudkan perlindungan hukum dan perlindungan
tenaga |
Perlindungan
dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian: 1. Hakikat
Perlindungan dan Penegakkan Hukum 2. Peran Lembaga
Penegak Hukum dalam
Menjamin Keadilan dan Kedamaian 3. Hakikat perlindungan
tenaga kerja 4. Efektifitas
Undang-undang ketenagakerjaan dalam melindungi hak-hak tenaga kerja 5. Peran masyarakat dalam
mewujudkan perlindungan hukum dan perlindungan tenaga |
1/14 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa
syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah
dengan menggunakan LOTs dan HOTs
tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan
dan kedamaian ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber dengan jujur,
disiplin dan tanggung jawab tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam
masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian ·
Mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data dengan cermat dan teliti tentang perlindungan dan penegakan
hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian ·
Mengomunikasikan (simulasi) praktek perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan
dan kedamaian dengan
santun dan tanggung jawab |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (Jujur, disiplin, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: · Tes tertulis (LOTs
dan HOTs) tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan
dan kedamaian ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Simulasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil rancangan dan atau proyek kewarganegaraan tentang perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat
untuk menjamin keadilan dan kedamaian |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 2) ·
Instrumen perlindungan tenaga kerja |
|
1.3
Menyikapi
pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang
nilai-nilai ke-Tuhanan Yang Maha Esa 2.3
Bertanggungjawab
dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.3
Menganalisis
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika 4.3
Menyaji hasil
analisis tentang pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap
bangsa dan negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
4.3.1 Menghargai kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi
sebagai anugerah Tuhanan Yang Maha Esa 4.3.2
Menghayati kemajuan
Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhanan Yang Maha Esa 3.3.1
Responsif dalam
menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika 3.3.2
Bertanggungjawab
dalam menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.3.1 Menelaah
pengaruh positif dan negatif kemajuan
IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.3.2 Mengkaji pengaruh kemajuan IPTEK
terhadap etos kerja masyarakat Indonesia 3.3.3 Menganalis keterkaitan kemajuan IPTEK
terhadap budaya kerja di dunia usaha/dunia industri 3.3.4 Menganalisis
sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi terhadap
budaya kerja masyarakat Indonesia 4.3.1 Menyaji hasil telaah
pengaruh positif dan negatif kemajuan
IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.3.2 Mempresentasikan hasil kajian tentang
pengaruh kemajuan IPTEK terhadap etos kerja masyarakat Indonesia 4.3.3 Menyaji hasil analisis keterkaitan
kemajuan IPTEK terhadap budaya kerja di dunia usaha/dunia industri Menyaji hasil analisis sikap
selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi terhadap
budaya kerja masyarakat Indonesia |
Pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara: 1. Pengaruh
positif dan negatif kemajuan IPTEK
terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia 2. Sikap
selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan IPTEK |
2/16 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh
rasa syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masalah dengan menggunakan LOTs
dan HOTs tentang pengaruh positif dan
negatif kemajuan IPTEK terhadap negara ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan jujur,
disiplin dan tanggung jawab tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara ·
Mengolah dan menganalisis data dengan jujur dan teliti tentang pengaruh
positif dan negatif kemajuan
IPTEK terhadap negara ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara secara santun dan
penuh percaya diri |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (Responsif, tanggung jawab, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan presentasi) ·
Portofolio laporan tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan
tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara |
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 3) |
|
1.4
Mensyukuri persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian 2.4
Bersikap
proaktif dalam mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya
dalam menjaga dan mempertahanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.4
Mengevaluasi dinamika
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia 4.4
Merancang
dan mengkampanyekan persatuan dan
kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia |
4.4.1
Menghayati persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian 4.4.2
Mensyukuri persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian 3.4.1 Responsif dalam mengembangkan persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahanakan Negara Kesatuan
Republik Indonesia 3.4.2
Proaktif dalam
mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan
mempertahanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.4.1
Menganalisis hakikat Negara Kesatuan Republik
Indonesia 3.4.2
Mengevaluasi persatuan dan
Kesatuan Bangsa Indonesia dari masa ke masa 3.4.3
Mendukung upaya menjaga dan
mempertahankan semangat kebangsaan dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan
negara Indonesia 4.4.1 Menyaji hasil analisis tentang hakikat Negara Kesatuan Republik
Indonesia 4.4.2 Mempresentasikan hasil evaluasi
tentang persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari masa ke masa 4.4.3 Menyaji analisis tentang
upaya menjaga dan mempertahankan semangat kebangsaan dalam kehidupan
masyarakat, bangsa dan negara Indonesia 4.4.4 Mengkampanyekan persatuan dan kesatuan bangsa
sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Dinamika
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya
menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia: 1.
Hakikat
Negara Kesatuan Republik Indonesia 2.
Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Indonesia dari masa ke masa 3.
Semangat kebangsaan dalam
kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia |
2/16 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa
syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah
dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang dinamika persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik
Indonesia ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan responsif
dan proaktif tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa
sebagai upaya menjaga dan
mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia ·
Mengolah dan menganalisis data dengan cermat dan teliti tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai
upaya menjaga dan mempertahan-kan
Negara Kesatuan Republik Indonesia ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang dinamika persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya menjaga dan
mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan santun dan tanggung jawab |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (Responsif, proaktif, dan sikap lainnya yang relevan)
dalam KBM Pengetahuan: · Tes tertulis (LOTs
dan HOTs) tentang dinamika persatuan
dan kesatuan bangsa sebagai upaya
menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja berupa
pengamatan terhadap kinerja siswa dalam kegiatan sosiodrama kampanye
persatuan dan kesatuan bangsa · Portofolio berupa
pembuatan poster atau tulissan untuk mengkampanyekan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahan-kan Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 4) |
|
Tasikmalaya, Juli 2018
Pengembang,
Yusnawan Lubis
0 comments:
Post a Comment