SILABUS
MATA PELAJARAN
Nama Sekolah |
: |
Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah
Aliyah Kejuruan |
Bidang Keahlian |
|
Semua Bidang Keahlian |
Kompetensi Keahlian |
: |
Semua Kompetensi Keahlian |
Mata Pelajaran Kelas |
: : |
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan XI |
Durasi (Waktu) |
: |
72 JP |
KI-1 (Sikap Spiritual) |
: |
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
KI-2 (Sikap Sosial) |
: |
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), responsif, dan proaktif melalui keteladanan,
pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia. |
KI-3 (Pengetahuan) |
: |
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kajian PPKn pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. |
KI-4 (Keterampilan) |
: |
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian
PPKn Menampilkan kinerja
di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung. Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Materi Pokok |
Semester/Alokasi
Waktu |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
6 |
1.1
Menghargai hak asasi manusia berdasarkan perspektif pancasila
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa 2.2
Bersikap
peduli terhadap hak asasi manusia berdasarkan perspektif pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara 3.1
Menganalisis
pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara 4.1
Menyaji hasil
analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara |
1.1.1
Menerima
hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa. 1.1.2
Menghargai
hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa. 2.2.1 Toleran terhadap hak asasi manusia berdasarkan perspektif
Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 2.2.2
Cinta damai dalam
rangka mewujudkan hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
3.1.1
Mengkaji konsep Hak dan Kewajiban Asasi
Manusia 3.1.2
Mengkaji substansi Hak dan Kewajiban
Asasi Manusia
dalam Pancasila 3.1.3
Mengidentifikasi hak dan kewajiban tenaga kerja
sebagai bagian hak asasi manusia 3.1.4
Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia terutama yang
berkaitan dengan ketenagakerjaan 3.1.5
Menganalisis
upaya Penegakan Hak Asasi Manusia 4.1.1
Menyaji hasil kajian tentang konsep Hak
dan Kewajiban Asasi Manusia 4.1.2
Menyaji hasil kajian tentang substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila 4.1.3
Menyaji hasil identifikasi tentang hak dan kewajiban
tenaga kerja sebagai bagian hak asasi manusia 4.1.4
Menyaji hasil analisis tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia
terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan 4.1.5
Menyaji hasil analisis tentang upaya
Penegakan Hak Asasi Manusia |
Kasus-kasus pelanggaran hak asasi
manusia dalam prespektif Pancasila: 1. Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia 2. Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila 3. Hak dan kewajiban tenaga kerja sebagai bagian hak asasi manusia 4. Kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia terutama yang
berkaitan dengan ketenagakerjaan 5. Upaya Penegakan
Hak Asasi Manusia |
1/12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur
untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan
LOTs dan HOTS tentang kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan kerjasama,
toleran dan cinta damai tentang kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila ·
Mengolah dan menganalisis data tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila dengan cermat
dan teliti ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi
manusia dalam prespektif Pancasila dengan
santun dan penuh tangggung jawab |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan)
dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang kasus-kasus
pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila |
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 1) |
1.2
Menghargai
nilai-nilai ke-Tuhanan dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2.2
Berperilaku
santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 3.2
Mengkaji
sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.2 Menyajikan hasil kajian tentang
sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
1.2.1
Menjalankan
nilai-nilai Ketuhanan dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 1.2.2
Menghargai
nilai-nilai Ketuhanan dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 2.2.1
Menghargai
perilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 2.2.2
Mengamalkan
perilaku santun dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3.2.1
Menganalisis
dinamika penerapan demokrasi di
Indonesia 3.2.2
Menganalisis upaya membangun kehidupan yang demokratis di Indonesia 3.2.3
Menganalisis perwujudan budaya politik di Indonesia 3.2.4
Mengevaluasi peran Pers sebagai salah satu pilar
demokrasi di Indonesia 4.2.1
Menyaji hasil analisis tentang dinamika penerapan demokrasi di Indonesia 4.2.2
Menyaji hasil analisis tentang upaya membangun kehidupan yang demokratis di Indonesia 4.2.3
Menyaji hasil analisis tentang perwujudan budaya politik di
Indonesia 4.2.4
Mempresentasikan hasil evaluasi tentang peran Pers
sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia |
Sistem dan
dinamika demokrasi
Pancasila: 1.
Dinamika penerapan demokrasi di Indonesia 2.
Membangun kehidupan
yang demokratis di Indonesia 3.
Perwujudan budaya politik di Indonesia 4.
peran Pers sebagai salah satu pilar demokrasi di
Indonesia |
1/10 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa
syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah
dengan menggunakan dan HOTs tentang sistem dan
dinamika demokrasi Pancasila ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber dengan disiplin,
toleran dan cinta damai tentang sistem dan dinamika demokrasi
Pancasila ·
Mengolah dan menganalisis data tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila dengan teliti dan tanggung
jawab ·
Mengomunikasikan hasil analisis tentang
sistem dan dinamika demokrasi Pancasila dengan santun dan percaya
diri |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang relevan)
dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang sistem dan
dinamika demokrasi
Pancasila |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 2) ·
Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 2) ·
Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan RI (Bab 3) |
1.3
Mensyukuri
nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk
pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.3
Menunjukkan
sikap disiplin terhadap aturan sebagai cerminan sistem hukum dan peradilan di
Indonesia 3.3
Menganalis sistem
hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 4.3
Menyaji hasil
analisis tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
4.3.1
Menyakini
nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk
pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa. 4.3.2
Mensyukuri
nilai-nilai dalam sistem sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang
Maha Esa 2.3.1
Disiplin terhadap
sistem hukum dan peradilan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 2.3.2
Tanggung jawab terhadap sistem
hukum dan peradilan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 3.3.1
Mendeskripsikan
sistem hukum di Indonesia 3.3.2
Mendeskripsikan
sistem peradilan di Indonesia 3.3.3
Menampilkan
sikap yang sesuai dengan hukum di Indonesia 3.3.4
Mengkaji sistem hukum internasional dan peradilan
internasional 3.3.5
Menganalisis keterkaitan sistem hukum dan peradilan
nasional dengan sistem hukum dan peradilan internasional 4.3.1
Mempersentasikan deskripsi tentang sistem hukum
di Indonesia 4.3.2
Mempersentasikan deskripsi tentang sistem
peradilan di Indonesia 4.3.3
Menyaji hasil kajian tentang sistem hukum internasional dan peradilan
internasional 4.3.4
Mempresentasikan hasil analisis tentang keterkaitan
sistem hukum dan peradilan nasional dengan sistem hukum dan peradilan
internasional 4.3.5
Mendemontrasikan sikap patuh terhadap hukum yang
berlaku 4.3.6
Melakukan
penelitian sederhana tentang tingkat kepatuhan hukum masyarakat 4.3.7
Mempresentasikan hasil penelitian tentang tingkat
kepatuhan hukum masyarakat |
Sistem hukum
dan peradilan di Indonesia: 1. Sistem hukum di Indonesia 2. Sistem peradilan di Indonesia 3. Sikap yang sesuai dengan hukum di Indonesia 4. Sistem hukum internasional dan peradilan internasional 5. Keterkaitan sistem hukum dan peradilan nasional dengan sistem hukum dan
peradilan internasional |
1/14 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa
syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah
dengan menggunakan LOTs dan HOTs tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan disiplin
dan tanggung jawab tentang sistem hukum dan peradilan di
Indonesia ·
Mengolah dan menganalisis data tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia dengan cermat dan tanggung jawab ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang sistem hukum dan peradilan di
Indonesia dengan
santun dan penuh tanggung jawab |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial ( disiplin , tanggung jawab, dan sikap lainnya yang relevan)
dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil penelitian tentang tingkat kepatuhan hukum masyarakat. |
·
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 3) ·
Yusnawan Lubis dan Kokom Komalasari. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
(Bab 5) |
1.4
Mensyukuri peran
Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa 2.4
Bersikap
toleran dan cinta damai sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian
dunia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 3.4
Menganalisis dinamika
peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 4.4 Menyaji hasil
analisisi tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
4.4.1 Menghayati peran Indonesia dalam mewujudkan
perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 4.4.2 Mensyukuri peran Indonesia dalam mewujudkan
perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.4.1 Toleran sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 2.4.2 Cinta damai sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 3.4.1
Mendeskripsikan
hakikat hubungan dan perjanjian Internasional 3.4.2
Mengkaji pelaksanaan politik luar negeri Indonesia 3.4.3
Menganalisis peran perwakilan Indonesia di luar
negeri 3.4.4
Menganalisis peran Indonesia di berbagai organisasi
internasional 3.4.5
Mengevaluasi kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi
Indonesia 4.4.1
Mempresentasikan deskripsi tentang hakikat
hubungan dan perjanjian Internasional 4.4.2
Menyaji hasil kajian tentang pelaksanaan politik luar negeri Indonesia 4.4.3
Menyaji hasil analisis tentang peran perwakilan
Indonesia di luar negeri 4.4.4
Menyaji hasil analisis tentang peran Indonesia di
berbagai organisasi internasional 4.4.5
Mempresentasikan hasil evaluasi tentang kerjasama dan perjanjian
internasional yang bermanfaat bagi Indonesia |
Peran
Indonesia dalam perdamaian dunia internasional: 1. Hakikat hubungan dan perjanjian internasional 2. Politik luar negeri Indonesia 3. peran perwakilan Indonesia di luar negeri 4. Peran Indonesia di berbagai organisasi internasional 5. Kerjasama dan perjanjian
internasional yang bermanfaat bagi Indonesia |
2/12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa syukur
untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah dengan menggunakan
LOTs dan HOTs tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan disiplin,
toleran dan cinta damai tentang peran Indonesia dalam perdamaian
dunia internasional ·
Mengolah dan menganalisis data tentang sistem hukum dan peradilan Internasional dengan cermat dan kerjasama yang baik ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang peran Indonesia dalam perdamaian
dunia internasional dengan santun dan percaya diri |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial ( disiplin, toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia internasional |
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 4) |
1.5
Bersyukur pada Tuhan
Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap
negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika 2.5 Bersikap responsif dan proaktif
atas ancaman terhadap negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas
Bhinneka Tunggal Ika 3.5
Mengkaji
kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika 4.5
Merancang
dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika |
1.5.1 Menghayati nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan
ancaman terhadap negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka
Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 1.5.2
Bersyukur pada Tuhan
Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap
negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika 4.5.1 Responsif terhadap
ancaman negara dan strategi
mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika 4.5.2
Proaktif terhadap ancaman negara
dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika 3.5.1
Mengidentifikasi
ancaman terhadap integrasi nasional 3.5.2
Menganalisis
strategi dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional 3.5.3
Mengkaji partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap
bidang ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional 4.5.1
Menyaji hasi identifikasi tentang ancaman terhadap integrasi nasional 4.5.2
Menyaji hasil analisis tentang strategi dalam
mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional 4.5.3
Melakukan penelitian tentang partisipasi masyarakat
dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang
ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional. 4.5.4 Mempresentasikan penelitian tentang partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang
ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional |
Kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi,
politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan: 1.
Ancaman
terhadap integrasi nasional 2.
Strategi
dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional 3.
partisipasi masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap
bidang ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional |
2/12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa
syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah/hipotesa dengan
menggunakan LOTs dan HOTs tentang potensi ancaman
terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan,
dan keamanan ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan responsif,
proaktif dan tanggung jawab tentang potensi ancaman
terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan,
dan keamanan ·
Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan,
dan keamanan dengan teliti, dan saling menghargai ·
Menyajikan secara lisan dan tulisan hasil penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan,
dan keamanan dengan santun dan penuh tanggung jawab |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial ( disiplin, toleran, cinta damai, dan sikap lainnya yang
relevan) dalam KBM Pengetahuan: · Tes tertulis (LOTs
dan HOTs) tentang ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan,
dan keamanan internasional ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Penilaian proyek
penelitian sederhana · Portofolio laporan
tertulis hasil penelitian tentang partisipasi masyarakat dalam mengatasi
berbagai ancaman terhadap bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasiona |
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 5) |
1.6
Bersyukur pada Tuhan
Yang Maha Esa atas nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia 2.6
Proaktif dalam
menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia 3.6
Mengidentifikasikan
faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia 4.6
Menyaji
hasil identifikasi tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan
kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia |
1.6.1 Menghayati nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 1.6.2
Bersyukur pada Tuhan
Yang Maha Esa atas nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia 4.6.1
Responsif dalam
menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia 4.6.2
Proaktif dalam
menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia 3.6.1
Mendeskripsikan
makna persatuan dan kesatuan bangsa 3.6.2
Mengkaji kehidupan bernegara dalam Konsep Negara
Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun
1945 3.6.3
Menganalisis
faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia 3.6.4
Menidentifikasi sikap dan perilaku
menjaga keutuhan NKRI 4.6.1
Menyaji deskripsi tentang makna persatuan dan kesatuan bangsa 4.6.2
Mempresentasikan hasil kajian tentang kehidupan bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 4.6.3
Menyaji hasil analisis faktor
pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia 4.6.4
Menampilkan sikap dan perilaku menjaga keutuhan NKRI |
Faktor
pendorong dan penghambat persatuan dan
kesatuan bangsa: 1. Makna persatuan dan kesatuan bangsa 2. Kehidupan bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan
Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun
1945 3. Faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan
Bangsa Indonesia 4. Sikap dan
perilaku menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia |
2/12 JP |
·
Mengamati gambar
/tayangan vidio/film dan atau membaca
berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) dengan penuh rasa
syukur untuk mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan/masa-lah
dengan menggunakan LOTs dan HOTs
tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa ·
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber dengan responsive,
proaktif dan tanggung jawab tentang faktor
pendorong dan penghambat persatuan dan
kesatuan bangsa ·
Mengolah dan menganalisis data tentang faktor pendorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa dengan cermat dan teliti ·
Mengomunikasikan hasil analisis
tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dengan santun dan
tanggung jawab |
Sikap: Observasi terhadap sikap
spiritual dan sosial (responsif, proaktif, tanggung jawab, dan sikap lainnya
yang relevan) dalam KBM Pengetahuan: ·
Tes tertulis (LOTs dan HOTs) tentang faktor pendorong dan penghambat
persatuan dan kesatuan bangsa ·
Pelaporan hasil penugasan Keterampilan: · Unjuk kinerja
(Pengamatan Presentasi) · Portofolio laporan
tertulis hasil analisis dan atau proyek kewarganegaraan tentang faktor
pendorong dan penghambat persatuan dan
kesatuan bangsa |
Yusnawan Lubis dan Sodeli. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
untuk Kelas X SMA/SMK/MA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI (Bab 6) |
Tasikmalaya, Juli 2018
Pengembang,
Yusnawan Lubis
0 comments:
Post a Comment