PEMBAGIAN
TUGAS GURU BK DAN WALI KELAS
SMPN 1
...............................
TAHUN
PELAJARAN 20..............................
No. |
Nama
Guru BK NIP. |
Ijazah |
Nama
Wali Kelas |
Kelas
Bimbingan |
Jumlah
Siswa Asuh |
Jam |
1. |
H.
Andang, S.Pd., M.Pd NIP.
19581102 197803 1 004 |
S2 |
Siti
Patimah, S.Pd Drs.
Syaefudin, M.Pd.I |
9A 9B |
37 34 |
10 jam |
Jumlah |
71 |
|||||
2. |
Dra.
Hotimah NIP.
19650601 199203 2 014 |
S1 |
Suparman,
S.Pd Suharah,
S.Pd., M.Pd.I Atin
Supriatin, S.Pd Swasti
Karyani, S.Pd Ii
Sumiati, S.Pd Rudi
Kuswandi, S.Pd Kholis,
S.Pd.I Tatik
Risnawati Dra.
Ai Wida Hendarti |
7G 7H 7I 8G 8H 8I 9G 9H 9I |
33 33 33 41 41 41 36 36 35 |
52 jam |
Jumlah |
329 |
|||||
3. |
Yuningsih,
S.Pd NIP.
19730607 200501 2 008 |
S1 |
Ening
Suratiningsih, S.Pd Dra.
Surdati Wiwin
Setiawati, S.Pd Yoyoh Siti Mardiah, S.Pd Adis Wawan Riswandi, S.Pd., M.Pd.I Dedi Supriadi, S.IP Hj. Dedeh S. Kusninda, S.Pd Hj. Poppy Sopiah, S.Pd., MM |
7D 7E 7F 8D 8E 8F 9D 9E 9F |
34 34 34 41 40 41 35 36 37 |
54 jam |
Jumlah |
332 |
|||||
4. |
Taofik
Septiawan, S.Pd NIP. |
S1 |
Tarmini Herma
Mariah, S.Pd.I Nurliah Butet
Ganefiana Siagian, S.Pd Hamdan
Johari, S.Pd Hendrik
Rubianto, S.Pd Erlin
Sumarlina, S.Pd.Ing. |
7A 7B 7C 8A 8B 8C 9C |
33 33 33 38 40 39 35 |
42 jam |
Jumlah |
251 |
Mengetahui
Banjarsari,
............................. 20 .....
Kepala SMPN
..............................
Koordinator BK
PEMBAGIAN
TUGAS GURU BK DAN WALI KELAS
No. |
Nama
Guru BK NIP. |
Ijazah |
Nama
Wali Kelas |
Kelas
Bimbingan |
Jumlah
Siswa Asuh |
Jam |
||
L |
P |
Jml |
||||||
1. |
H.
Andang, S.Pd., M.Pd NIP.
19581102 197803 1 004 |
S2 |
Siti
Patimah, S.Pd Drs.
Syaefudin, M.Pd.I |
9A 9B |
15 14 |
22 20 |
37 34 |
10 jam |
Jumlah |
29 |
42 |
71 |
|||||
2. |
Dra.
Hotimah NIP.
19650601 199203 2 014 |
S1 |
Suparman,
S.Pd Suharah,
S.Pd., M.Pd.I Atin
Supriatin, S.Pd Swasti
Karyani, S.Pd Ii
Sumiati, S.Pd Rudi
Kuswandi, S.Pd Kholis,
S.Pd.I Tatik
Risnawati Dra.
Ai Wida Hendarti |
7G 7H 7I 8G 8H 8I 9G 9H 9I |
18 18 18 20 21 22 17 19 16 |
15 15 15 21 20 18 19 18 19 |
33 33 33 41 41 41 36 36 35 |
52 jam |
Jumlah |
169 |
160 |
329 |
|||||
3. |
Yuningsih,
S.Pd NIP.
19730607 200501 2 008 |
S1 |
Ening
Suratiningsih, S.Pd Dra.
Surdati Wiwin
Setiawati, S.Pd Yoyoh Siti Mardiah, S.Pd Adis Wawan Riswandi, S.Pd., M.Pd.I Dedi Supriadi, S.IP Hj. Dedeh S. Kusninda, S.Pd Hj. Poppy Sopiah, S.Pd., MM |
7D 7E 7F 8D 8E 8F 9D 9E 9F |
19 19 18 19 20 20 15 19 18 |
15 15 16 22 20 21 20 18 19 |
34 34 34 41 40 41 35 37 37 |
54 jam |
Jumlah |
167 |
166 |
333 |
|||||
4. |
Taofik
Septiawan, S.Pd NIP. |
S1 |
Tarmini Herma
Mariah, S.Pd.I Nurliah Butet
Ganefiana Siagian, S.Pd Hamdan
Johari, S.Pd Hendrik
Rubianto, S.Pd Erlin
Sumarlina, S.Pd.Ing. |
7A 7B 7C 8A 8B 8C 9C |
19 19 18 22 20 18 16 |
14 14 15 16 20 21 19 |
33 33 33 38 40 39 35 |
42 jam |
Jumlah |
132 |
119 |
251 |
RPL
BIMBINGAN DAN KONSELING
LAYANAN
ORIENTASI
1. Materi/Topik Bahasan : Mengenal
kemampuan bakat, minat dan cita-cita.
2. Bidang Bimbingan : Bimbingan
Pribadi
3. Fungsi Layanan : Pemahaman
4. Sasaran Layanan/Semester : Siswa
kelas 8 / Semester 1 (satu)
5. Tempat Penyelenggaraan : Ruang
Kelas
6. Waktu Penyelenggaraan : 1 x 40 menit
7. Pihak-pihak yang Dilibatkan : - Guru
BK
- Tester
8. Metode : Instrumen Pendukung
9. Tujuan Layanan : Siswa
dapat memahami hakikat kemampuan bakat, minta dan cita-cita
10. Tugas Perkembangan 5 : Mengenal kemampuan
bakat, minat, serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni
11. Uraian Kegiatan/Skenario
a. Kegiatan Pendahuluan : 1. Membaca salam dan berdo’a (to believe in God)
(10 menit) 2. Masuk kelas mengabsen siswa
3. Memberi penjelasan tentang tes IQ, bakat, minat
4. Mengkondisikan siswa pada saat tes
dilaksanakan
b. Kegiatan Inti (20 menit) :
*1. Berfikir : 1. Memahami
potensi diri sendiri
*2. Merasa : 2. Menerima
keadaan diri sendiri secara positif dan realistik
*3. Bersikap : 3. Menampilkan
perilaku yang merefleksikan pengembangan kualitas pribadinya
*4. Berbuat : 4. Melaksanakan
tes/kegiatan yang direncanakan sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan.
*5. Bertanggungjawab : 5. Siswa
mampu mengaktualisasikan kemampuan, bakat, minat dan cita-cita dalam kehidupan
mendatang
c. Kegiatan Penutup : 1. Menginformasikan jadwal tes
(10 menit) 2. Menerima hasil tes
3. Menganalisa hasil tes IQ, bakat, minat
12. Sumber/Bahan dan Alat : 1. Instrumen tes
13. Rencana Penilaian :
- Laiseg : - Dilaksanakan
sesuai waktu yang ditetapkan
- Laipen : - Diberikan
penjelasan sesuai dengan hasil tes yang ditelah dilaksanakan
- Laijapen : - Dimonitor
dalam beberapa kurun waktu tertentu secara periodik.
14. Catatan Khusus : Hasil tes psikologi didokumentasikan.
C. VISI DAN MISI
1. Visi dan Misi Sekolah
a. Visi Sekolah
Visi SMPN 1
Banjarsari adalah BEST (Bermartabat, Education, Strategi, Taqwa)
b. Misi Sekolah
1) Terwujudnya potensi peserta didik yang
memiliki budaya dan karakter bangsa
2) Terwujudnya Kurikulum 2013 (Kurtilas) di
sekolah
3) Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif
dan efisien
4) Terwujudnya SDM pendidikan yang aktif,
kreatif dan inovatif terhadap pembaharuan pendidikan serta memiliki kemampuan
dan amanah dalam menjalankan tugas.
5) Terwujudnya sarana dan prasarana yang memadai
6) Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan
7) Terwujudnya sistem penilaian yang
berkesinambungan
8) Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh
9) Terwujudnya Standar Pelayanan Minimal (SPM)
yang memuaskan kepada masyarakat pada umumnya dan objek pendidikan (Siswa dan
orang tua) pada khususnya.
10) Terwujudnya lulusan yang berprestasi dan mampu
bersaing secara efektif dalam konteks lokal, nasional bahkan dalam konteks
global.
11) Terwujudnya masyarakat sekolah yang Islami dan
religius.
2. Visi dan Misi
Bimbingan dan Konseling
a. Visi Bimbingan
dan Konseling
Perkembangan
yang optimal, Kemandirian, dan Kebahagiaan.
Visi pelayanan
konseling adalah membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan
Yang Maha Esa melalui proses pemberian bantuan atau layanan serta motivasi
perkembangan dan pengentasan masalah sehingga peserta didik dapat berkembang
secara optimal dan mandiri.
b. Misi Bimbingan
dan Konseling
1) Membentuk generasi muda yang berkualitas
unggul sesuai dengan potensi, bakat, minat yang dimilikinya sesuai dengan apa
yang dicita-citakannya.
2) Membentuk pribadi yang religius Islami,
mandiri, berkarakter, berakhlakul karimah, dan mempunyai daya juang yang tinggi
dan kompetitif guna meningkatkan prestasi belajar di masa yang akan datang.
3) Dibekali skill di bidang IT guna menunjang
keterampilan dirinya menuju persiapan karir yang dimilikinya di masa mendatang.
PROGRAM HARIAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah : SMPN 1 ................... Tahun Pelajaran : 2014-2015
Kelas : 7 (Tujuh) Bulan, Minggu ke : Juli
2014, 3
No. |
Tanggal/
Waktu |
Jam
Pembelajaran |
Sasaran
Kegiatan |
Kegiatan
Layanan/Pendukung |
Materi
Kegiatan |
Alat
Bantu |
Tempat |
Pelaksana |
Keterangan |
1. |
14-07-2014 |
07.30 – 08.00 |
7 |
Layanan Orientasi |
“Orientasi Sekolah
Baru” |
Buku Paket |
Ruang Kelas 7G |
Penyaji |
|
2. |
|
08.00 – 08.30 |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
14-07-2014 |
08.30 – 09.00 |
7 |
Layanan Informasi |
“Gaya Belajar” : - Belajar Mandiri |
Buku Sumber |
Ruang Kelas 7 G |
Tim Penyaji |
|
|
|
Is |
Ti |
|
ra |
|
Hat |
|
|
4. |
|
09.30 – 10.00 |
|
|
- Belajar Berkelompok
- Belajar di
Perpustakaan |
|
|
|
|
5. |
|
10.00 – 10.30 |
|
|
- Kiat Sukses Mengerjakan
PR |
|
|
|
|
6. |
|
10.30 – 11.00 |
|
|
- Say No To Nyontek |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM HARIAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah : SMPN 1 ……. Tahun Pelajaran : 2014-2015
Kelas : 7 A – 7 I Bulan,
Minggu ke : Agustus 2014, 1, 2
No. |
Tanggal/
Waktu |
Jam
Pembelajaran |
Sasaran
Kegiatan |
Kegiatan
Layanan/Pendukung |
Materi
Kegiatan |
Alat
Bantu |
Tempat |
Pelaksana |
Keterangan |
1. |
06-08-2014 |
07.15 – 07.55 |
7 |
SKP : Aplikasi |
Pembuatan Rujukan
Kegiatan |
Sebaran Angket |
Ruang kelas 7A-I |
Guru BK |
Diketahui |
2. |
16-08-2014 |
07.55 – 07.35 |
|
Instrumentasi Data |
Ekstrakurikuler |
Pilihan Kegiatan |
|
|
|
3. |
|
08.35 – 09.15 |
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
09.15 – 09.55 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
10.20 – 11.00 |
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
11.00 – 11.40 |
|
|
|
|
|
|
|
7. |
|
11.40 – 12.20 |
|
|
|
|
|
|
|
8. |
|
12.20 – 13.00 |
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Sekolah/Madrasah : .................................... Tahun
Pelajaran :
....................................
Kelas :
.................................... Bulan,
Minggu ke : ....................................
No. |
Kegiatan |
Bidang
BK |
Bulan |
Keterangan |
||||||||||||||||||||||||||
P |
S |
B |
K |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
|||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Banjarsari,
........................................ 20....
Kepala SMP
...................................... Guru BK
______________________________ ______________________________
NIP. NIP.
LAYANAN KEGIATAN PENDUKUNG
ALIH TANGAN KASUS*
1. Judul / Topik Bahasan :
............................................................................................
2. Bidang Bimbingan :
............................................................................................
3. Fungsi Layanan :
............................................................................................
4. Tujuan Layanan :
............................................................................................
............................................................................................
5. Hasil yang Ingin Dicapai :
............................................................................................
............................................................................................
6. Subyek yang Mengalami Masalah :
............................................................................................
7. Gambaran Ringkasan Masalah :
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
8. Dari dan kepada siapa dialihtangankan? :
............................................................................................
............................................................................................
9. Alasan Pengalihtanganan :
............................................................................................
............................................................................................
10. Kapan Dialihtangankan :
Tanggal
:
............................................................................................
Semester
:
............................................................................................
11. Bahan-bahan atau Keterangan yang Disertakan dalam Alih Tangan Kasus
1. ................................................................ 4.
.............................................................................
2. ................................................................ 5.
.............................................................................
3. ................................................................ 6.
.............................................................................
12. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut :
............................................................................................
............................................................................................
13. Catatan Khusus :
1.
............................................................................................................................................................
2.
............................................................................................................................................................
3.
............................................................................................................................................................
0 comments:
Post a Comment