Just another free Blogger theme

Thursday, May 12, 2022

 

PEMBAGIAN TUGAS GURU BK DAN WALI KELAS

SMPN 1 ...............................

TAHUN PELAJARAN 20..............................

 

No.

Nama Guru BK

NIP.

Ijazah

Nama Wali Kelas

Kelas Bimbingan

Jumlah Siswa Asuh

Jam

1.

H. Andang, S.Pd., M.Pd

NIP. 19581102 197803 1 004

S2

Siti Patimah, S.Pd

Drs. Syaefudin, M.Pd.I

9A

9B

37

34

10 jam

Jumlah

71

2.

Dra. Hotimah

NIP. 19650601 199203 2 014

S1

Suparman, S.Pd

Suharah, S.Pd., M.Pd.I

Atin Supriatin, S.Pd

Swasti Karyani, S.Pd

Ii Sumiati, S.Pd

Rudi Kuswandi, S.Pd

Kholis, S.Pd.I

Tatik Risnawati

Dra. Ai Wida Hendarti

7G

7H

7I

8G

8H

8I

9G

9H

9I

33

33

33

41

41

41

36

36

35

52 jam

Jumlah

329

3.

Yuningsih, S.Pd

NIP. 19730607 200501 2 008

S1

Ening Suratiningsih, S.Pd

Dra. Surdati

Wiwin Setiawati, S.Pd

Yoyoh Siti Mardiah, S.Pd

Adis

Wawan Riswandi, S.Pd., M.Pd.I

Dedi Supriadi, S.IP

Hj. Dedeh S. Kusninda, S.Pd

Hj. Poppy Sopiah, S.Pd., MM

7D

7E

7F

8D

8E

8F

9D

9E

9F

34

34

34

41

40

41

35

36

37

54 jam

Jumlah

332

4.

Taofik Septiawan, S.Pd

NIP.

S1

Tarmini

Herma Mariah, S.Pd.I

Nurliah

Butet Ganefiana Siagian, S.Pd

Hamdan Johari, S.Pd

Hendrik Rubianto, S.Pd

Erlin Sumarlina, S.Pd.Ing.

 

7A

7B

7C

8A

8B

8C

9C

33

33

33

38

40

39

35

42 jam

Jumlah

251

 

 

            Mengetahui                                                                 Banjarsari, ............................. 20 .....

Kepala SMPN ..............................                                                        Koordinator BK  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMBAGIAN TUGAS GURU BK DAN WALI KELAS

 

No.

Nama Guru BK

NIP.

Ijazah

Nama Wali Kelas

Kelas Bimbingan

Jumlah Siswa Asuh

Jam

L

P

Jml

1.

H. Andang, S.Pd., M.Pd

NIP. 19581102 197803 1 004

S2

Siti Patimah, S.Pd

Drs. Syaefudin, M.Pd.I

9A

9B

15

14

22

20

37

34

10 jam

Jumlah

29

42

71

2.

Dra. Hotimah

NIP. 19650601 199203 2 014

S1

Suparman, S.Pd

Suharah, S.Pd., M.Pd.I

Atin Supriatin, S.Pd

Swasti Karyani, S.Pd

Ii Sumiati, S.Pd

Rudi Kuswandi, S.Pd

Kholis, S.Pd.I

Tatik Risnawati

Dra. Ai Wida Hendarti

7G

7H

7I

8G

8H

8I

9G

9H

9I

18

18

18

20

21

22

17

19

16

15

15

15

21

20

18

19

18

19

33

33

33

41

41

41

36

36

35

52 jam

Jumlah

169

160

329

3.

Yuningsih, S.Pd

NIP. 19730607 200501 2 008

S1

Ening Suratiningsih, S.Pd

Dra. Surdati

Wiwin Setiawati, S.Pd

Yoyoh Siti Mardiah, S.Pd

Adis

Wawan Riswandi, S.Pd., M.Pd.I

Dedi Supriadi, S.IP

Hj. Dedeh S. Kusninda, S.Pd

Hj. Poppy Sopiah, S.Pd., MM

7D

7E

7F

8D

8E

8F

9D

9E

9F

19

19

18

19

20

20

15

19

18

15

15

16

22

20

21

20

18

19

34

34

34

41

40

41

35

37

37

54 jam

Jumlah

167

166

333

4.

Taofik Septiawan, S.Pd

NIP.

S1

Tarmini

Herma Mariah, S.Pd.I

Nurliah

Butet Ganefiana Siagian, S.Pd

Hamdan Johari, S.Pd

Hendrik Rubianto, S.Pd

Erlin Sumarlina, S.Pd.Ing.

 

7A

7B

7C

8A

8B

8C

9C

19

19

18

22

20

18

16

14

14

15

16

20

21

19

33

33

33

38

40

39

35

42 jam

Jumlah

132

119

251

 

 

 

 

 

 

 

RPL BIMBINGAN DAN KONSELING

LAYANAN ORIENTASI

 

 

1.   Materi/Topik Bahasan             :  Mengenal kemampuan bakat, minat dan cita-cita.

2.   Bidang Bimbingan                  :  Bimbingan Pribadi

3.   Fungsi Layanan                       :  Pemahaman

4.   Sasaran Layanan/Semester      :  Siswa kelas 8 / Semester 1 (satu)

5.   Tempat Penyelenggaraan        :  Ruang Kelas

6.   Waktu Penyelenggaraan         :  1 x 40 menit

7.   Pihak-pihak yang Dilibatkan   :  - Guru BK

                                                         - Tester

8.   Metode                                    :  Instrumen Pendukung

9.   Tujuan Layanan                      :  Siswa dapat memahami hakikat kemampuan bakat, minta dan cita-cita

10. Tugas Perkembangan 5           :  Mengenal kemampuan bakat, minat, serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni     

11. Uraian Kegiatan/Skenario        

      a. Kegiatan Pendahuluan        :  1.   Membaca salam dan berdo’a  (to believe in God)

          (10 menit)                               2.   Masuk kelas mengabsen siswa

                                                         3.   Memberi penjelasan tentang tes IQ, bakat, minat

                                                         4.   Mengkondisikan siswa pada saat tes dilaksanakan

      b. Kegiatan Inti (20 menit)     : 

         *1. Berfikir                           :  1.   Memahami potensi diri sendiri

         *2. Merasa                            :  2.   Menerima keadaan diri sendiri secara positif dan realistik

         *3. Bersikap                         :  3.   Menampilkan perilaku yang merefleksikan pengembangan kualitas pribadinya

          *4. Berbuat                         :  4.   Melaksanakan tes/kegiatan yang direncanakan sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan.

          *5. Bertanggungjawab        :  5.   Siswa mampu mengaktualisasikan kemampuan, bakat, minat dan cita-cita dalam kehidupan mendatang

      c. Kegiatan Penutup                :  1.   Menginformasikan jadwal tes

          (10 menit)                               2.   Menerima hasil tes

                                                         3.   Menganalisa hasil tes IQ, bakat, minat

12. Sumber/Bahan dan Alat          :  1.   Instrumen tes

13. Rencana Penilaian                   : 

      - Laiseg                                   :  - Dilaksanakan sesuai waktu yang ditetapkan

      - Laipen                                   :  -  Diberikan penjelasan sesuai dengan hasil tes yang ditelah dilaksanakan

      - Laijapen                                :  -  Dimonitor dalam beberapa kurun waktu tertentu secara periodik.

14. Catatan Khusus                       :  Hasil tes psikologi didokumentasikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.  VISI DAN MISI

      1.   Visi dan Misi Sekolah

            a.   Visi Sekolah

                  Visi SMPN 1 Banjarsari adalah BEST (Bermartabat, Education, Strategi, Taqwa)

            b.   Misi Sekolah

                  1)   Terwujudnya potensi peserta didik yang memiliki budaya dan karakter bangsa

                  2)   Terwujudnya Kurikulum 2013 (Kurtilas) di sekolah

                  3)   Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien

                  4)   Terwujudnya SDM pendidikan yang aktif, kreatif dan inovatif terhadap pembaharuan pendidikan serta memiliki kemampuan dan amanah dalam menjalankan tugas.

                  5)   Terwujudnya sarana dan prasarana yang memadai

                  6)   Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan

                  7)   Terwujudnya sistem penilaian yang berkesinambungan

                  8)   Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh

                  9)   Terwujudnya Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang memuaskan kepada masyarakat pada umumnya dan objek pendidikan (Siswa dan orang tua) pada khususnya.

                  10) Terwujudnya lulusan yang berprestasi dan mampu bersaing secara efektif dalam konteks lokal, nasional bahkan dalam konteks global.

                  11) Terwujudnya masyarakat sekolah yang Islami dan religius.

 

      2.   Visi dan Misi Bimbingan dan Konseling

            a.   Visi Bimbingan dan Konseling

                  Perkembangan yang optimal, Kemandirian, dan Kebahagiaan.

                  Visi pelayanan konseling adalah membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui proses pemberian bantuan atau layanan serta motivasi perkembangan dan pengentasan masalah sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal dan mandiri.

            b.   Misi Bimbingan dan Konseling

                  1)   Membentuk generasi muda yang berkualitas unggul sesuai dengan potensi, bakat, minat yang dimilikinya sesuai dengan apa yang dicita-citakannya.

                  2)   Membentuk pribadi yang religius Islami, mandiri, berkarakter, berakhlakul karimah, dan mempunyai daya juang yang tinggi dan kompetitif guna meningkatkan prestasi belajar di masa yang akan datang.

                  3)   Dibekali skill di bidang IT guna menunjang keterampilan dirinya menuju persiapan karir yang dimilikinya di masa mendatang.

 


PROGRAM HARIAN BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah     : SMPN 1 ...................                                                                                                                                          Tahun Pelajaran    : 2014-2015

Kelas         : 7 (Tujuh)                                                                                                                                                             Bulan, Minggu ke : Juli 2014, 3

 

No.

Tanggal/ Waktu

Jam Pembelajaran

Sasaran Kegiatan

Kegiatan Layanan/Pendukung

Materi Kegiatan

Alat Bantu

Tempat

Pelaksana

Keterangan

1.

14-07-2014

07.30 – 08.00

7

Layanan Orientasi

“Orientasi Sekolah Baru”

Buku Paket

Ruang Kelas 7G

Penyaji

 

2.

 

08.00 – 08.30

 

 

 

 

 

 

 

3.

14-07-2014

08.30 – 09.00

7

Layanan Informasi

“Gaya Belajar” :

- Belajar Mandiri

Buku Sumber

Ruang Kelas 7 G

Tim Penyaji

 

 

 

Is

Ti

 

ra

 

Hat

 

 

4.

 

09.30 – 10.00

 

 

- Belajar Berkelompok

- Belajar di Perpustakaan

 

 

 

 

5.

 

10.00 – 10.30

 

 

- Kiat Sukses Mengerjakan PR

 

 

 

 

6.

 

10.30 – 11.00

 

 

- Say No To Nyontek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

             

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM HARIAN BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah     : SMPN 1        …….                                                                                                                                             Tahun Pelajaran    : 2014-2015

Kelas         : 7 A – 7 I                                                                                                                                                              Bulan, Minggu ke : Agustus 2014, 1, 2

 

No.

Tanggal/ Waktu

Jam Pembelajaran

Sasaran Kegiatan

Kegiatan Layanan/Pendukung

Materi Kegiatan

Alat Bantu

Tempat

Pelaksana

Keterangan

1.

06-08-2014

07.15 – 07.55

7

SKP : Aplikasi

Pembuatan Rujukan Kegiatan

Sebaran Angket

Ruang kelas 7A-I

Guru BK

Diketahui

2.

16-08-2014

07.55 – 07.35

 

Instrumentasi Data

Ekstrakurikuler

Pilihan Kegiatan

 

 

 

3.

 

08.35 – 09.15

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

09.15 – 09.55

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

10.20 – 11.00

 

 

 

 

 

 

 

6.

 

11.00 – 11.40

 

 

 

 

 

 

 

7.

 

11.40 – 12.20

 

 

 

 

 

 

 

8.

 

12.20 – 13.00

 

 

 

 

 

 

 

 

            Mengetahui                                                                                                                                                      

 

 

 

 

 

Sekolah/Madrasah       : ....................................                                                                                                                                  Tahun Pelajaran    : ....................................

Kelas                           : ....................................                                                                                                                                  Bulan, Minggu ke : ....................................

No.

Kegiatan

Bidang BK

Bulan

Keterangan

P

S

B

K

Januari

Pebruari

Maret

April

Mei

Juni

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                 Mengetahui                                                                                                                                                                        Banjarsari, ........................................ 20....

Kepala SMP ......................................                                                                                                                                                                            Guru BK

 

 

 

______________________________                                                                                                                                                    ______________________________

NIP.                                                                                                                                                                                                        NIP.


LAYANAN KEGIATAN PENDUKUNG

ALIH TANGAN KASUS*

 

 

1.   Judul / Topik Bahasan                               : ............................................................................................

2.   Bidang Bimbingan                                    : ............................................................................................

3.   Fungsi Layanan                                         : ............................................................................................

4.   Tujuan Layanan                                        : ............................................................................................

                                                                          ............................................................................................

5.   Hasil yang Ingin Dicapai                          : ............................................................................................

                                                                          ............................................................................................

6.   Subyek yang Mengalami Masalah            : ............................................................................................

7.   Gambaran Ringkasan Masalah                  : ............................................................................................

                                                                          ............................................................................................

                                                                          ............................................................................................

8.   Dari dan kepada siapa dialihtangankan?  : ............................................................................................

                                                                          ............................................................................................

9.   Alasan Pengalihtanganan                          : ............................................................................................

                                                                          ............................................................................................

10. Kapan Dialihtangankan                            :

      Tanggal                                                     : ............................................................................................

      Semester                                                    : ............................................................................................

11. Bahan-bahan atau Keterangan yang Disertakan dalam Alih Tangan Kasus

      1.   ................................................................        4. .............................................................................

      2.   ................................................................        5. .............................................................................

      3.   ................................................................        6. .............................................................................

12. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut      : ............................................................................................

                                                                          ............................................................................................

13. Catatan Khusus                                         :

      1. ............................................................................................................................................................

      2. ............................................................................................................................................................

      3. ............................................................................................................................................................

 

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment